5 Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer

Virus komputer adalah wabah yang paling sering dialami oleh komputer. Selain berbahaya virus juga kerap kali merugikan, karena virus ini dapat mencuri data dan membuat duplikasi file atau program di komputer. Virus adalah program jahat yang sengaja dibuat oleh para pihak yang tidak pertanggungjawab. Mereka membuat virus dan menyebarkannya di Internet melalui situs ilegal, link share, software atau game.

Bagi Anda yang sering mendownload perangkat lunak atau film secara online, maka Anda harus waspada dan teliti. Pada hacker menyelipkan virus/malware mirip seperti aplikasi aslinya. Kemudian setelah Anda install program jahat itu dapat bekerja secara otomatis dan mencuri data penting yang ada di laptop Anda.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit informasi mengenai jenis virus yang berbahaya bagi komputer dan dapat menyebabkan komputer bisa rusak. Silakan simak artikel berikut ini!

 

Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer

Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer

Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer

 

 

1.Virus Trojan

Virus yang paling berbahaya dan terkenal dalam sejarah adalah Trojan. Virus Trojan adalah jenis virus komputer yang dapat meretas komputer secara otomatis dan Trojan kerap kali disamarkan sebagai aplikasi atau perangkat linak yang terlihat tidak berbahaya.

Trojan ini mampu mengontrol, membuka folder, hingga mencuri data pengguna. Trojan ini menyerang komputer melalui jaringan internet, email atau dari hasil download sebuah perangkat lunak.

Jadi, apabila Anda mendapatkan email yang mencurigakan. Jangan pernah membalas atau membuka link yang ada di email tersebut karena bisa jadi email tersebut adalah virus yang dikirim melalui email dan link tersebut. Untuk mengatasi virus ini Anda dapat menggunakan Antivirus software Trojan Remover atau juga dapat menggunaan antivirus yang populer sekarang ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Dengan Efektif

 

2.Worm

Worm adalah jenis virus yang cukup berbahaya karena virus ini memiliki kemampuan berkembang dengan sangat cepat. Biasanya Worm dapat membuat kapasitas penyimpanan di komputer atau laptop Anda penuh sehingga hard disk pada komputer akan dipenuhi dengan file-file sampah.

Untuk mengatasi virus worm ini Anda dapat menggunakan Antivirus seperti smadav, AVG, Bitdefender, Kaspersky dan Antivirus lainnya.

 

3.Multipartite Virus

Multipartite Virus adalah virus yang menyerang RAM dan kemudian akan menyebar dan menginfeksi sistem oprasi kemudian merambah ke bagian hardisk. Virus ini dapat menyebabkan komputer cepat hang dan jika dibiarkan komputer Anda akan cepat rusak. Untuk mengatasi virus ini Anda dapat menggunakan Defrag Hard disk sebagai antivirus yang sangat direkomendasikan.

 

4.Memory Resident Virus

Memory Resident Virus adalah virus yang diciptakan untuk menyerang RAM dan jika dibiarkan, maka aktivitas komputer Anda akan menjadi lemot dan jika kelamaan akan menyebabkan komputer bisa rusak.

 

5.Ransomware WannaCry

Pada beberapa waktu lalu Indonesia adalah salah satu negara yang terinfeksi oleh virus WannaCry. Virus ini adalah virus yang paling mematikan dan berbahaya karena jika komputer sudah terinfeksi vrius Ransomware WannaCry ini, maka komputer tidak dapat digunakan.

Virus ini dapat mengunci komputer dan mengenkripsi semua file sehingga user komputer tidak dapat menggunakannya. Menurut laman The Independent, Europol mencatat bahwa stidaknya ada sekitar 200.000 korban WannaCry yang tersebar di 150 negara. Virus ini mengincar PC berbasis windows. Untuk mengatasi virus ini Anda dapat menggunakan Antivirus Malwarebytes, Bitdefender, avg dan sejenisnya.

 

Virus komputer adalah wabah penyakit yang menyerang perangkat komputer, oleh sebab itu sebagai user komputer Anda harus berhati-hati dan selalu memberikan pengamanan kepada komputer Anda berupa Antivirus. Selalu gunakan antivirus agar komputer Anda lebih aman. Itulah tadi Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer yang dapat membuat komputer lemot bahkan kerusakan fatal pada komputer.

Add Comment