6 Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Paling Ringan Dan Cepat

Sistem operasi android telah membuat ponsel berkembang menjadi demikian canggih. Fungsinya kini tidak hanya terbatas untuk berkomunikasi saja. Melalui ponsel kita bisa menikmati beragam hiburan mulai dari menonton film hingga bermain game.

Meskipun perkembangan ponsel dengan sistem operasi android telah demikian pesat, manusia sepertinya memang makhluk yang pantang puas. Ukuran layar android yang terbatas membuat para pengguna ingin mensimulasikan apa yang ada di layar ponsel ke media lain yang lebih besar seperti komputer atau TV. Semenjak adanya aplikasi android emulator, hal tersebut bukan lagi merupakan suatu hal yang mustahil.

Terdapat beragam aplikasi android yang dapat anda unduh di playstore. Mulai dari aplikasi editing, game, tool sehari-hari dsb. Kini berkat aplikasi android emulator Anda dapat mengunduh jenis aplikasi yang anda inginkan melalui PC atau Laptop. Baiklah para artikel kali ini saya akan berbagai beberapa rekomendasi aplikasi android emulator gratis, terbaik, ringan dan paling cepat untuk anda terapkan di PC komputer atau laptop.

 

Rekomendasi Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Paling Ringan Dan Cepat

 

1. BlueStack

BlueStack

BlueStack

 

Aplikasi emulator terbaik dan gratis yang pertama adalah Bluestack. Bluestack merupakan emulator paling populer karena penggunaannya yang terbilang mudah dan sudah diunduh oleh jutaan orang di seluruh dunia. Bluestack termasuk salah satu aplikasi android emulator gratis. Aplikasi emulator ini mensupport hingga android versi nougat.

Jika ingin menggunakan Bluestack, PC yang akan anda gunakan harus memiliki RAM minimal 2gb. Ini merupakan salah satu kekurangan dari Bluestack, yakni penggunaannya memperberat kerja dari gadget yang anda gunakan. Namun jangan khawatir, hal tersebut akan sepadan dengan kinerja aplikasi yang cepat dan stabil.

 

2. Andy Emulator

Andy Emulator

Andy Emulator

 

Aplikasi besutan Andyroid ini merupakan aplikasi android emulator ringan. Ukurannya tak mencapai puluhan megabyte seperti rata-rata aplikasi emulator yang lain. Aplikasi ini juga bisa sepenuhnya digunakan secara gratis setelah diunduh dari playstore. Jika memilih menggunakan aplikasi ini, anda juga tak perlu terlalu khawatir dengan kapasitas RAM baik yang ada pada ponsel android maupun pada PC anda.

Keunggulan yang dimiliki aplikasi Andy adalah bisa digunakan di PC dengan sistem operasi windows maupun mac. Tampilan interface yang dimilikinya juga sangat mirip dengan android, sehingga bersifat user friendly. Beragam aplikasi android bisa disimulasikan dengan emulator ini, baik games, launcher, macam-macam aplikasi hingga instalasi akses root.

 

3. KoPlayer

Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Paling Ringan Dan Cepat

Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Paling Ringan Dan Cepat

 

KoPlayer merupakan emulator yang paling baru dari emulator sebelumnya. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini dengan mudah. Sayangnya, masih ditemukan banyak bug pada aplikasi yang satu ini, sehingga belum terlihat maksimal. Untuk update terbaru saja 1 tahun yang lalu dan itu artinya para pengembang tidak begitu serius untuk mengembangkan emulator ini.

Mayoritas pengguna aplikasi yang satu ini adalah para gamers. Pasalnya dengan menggunakan KoPlayer sebagai emulator, anda dapat mengubah keyboard pada komputer anda layaknya panel games pada andorid. Kendati demikian, aplikasi emulator android yang bisa dinikmati secara gratis yang satu ini juga tetap bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi android yang lain. Sebagai salah satu aplikasi baru, besar kemungkinan dalam waktu dekat KoPlayer akan mengupdate aplikasinya untuk meningkatkan fungsi dan memperbaiki bugs yang ada.

 

4. MEmu Emulator

MEmu Emulator

MEmu Emulator

 

Jika membutuhkan aplikasi android emulator ringan, aplikasi yang satu ini dapat anda pilih. Aplikasi yang dikembangkan oleh Microvirt ini hanya berukuran 4,6 Mb. Meskipun ringan, kinerja Memu sebagai aplikasi emulator terbilang lancar. Aplikasi ini mensupport kebutuhan penggunanya untuk mensimulasikan games android di PC. Emulator yang satu ini sangat bagus untuk anda yang bermain game PUBG Mobile di PC atau Mobile legends.

Emulator Memu dapat difungsikan dengan dukungan prosesor intel maupun AMD. Jika ingin menggunakannya, anda cukup mengunduh dan menginstalnya secara gratis di situs resminya. Jangan khawatir mengenai interface, tampilannya yang simpel dan user friendly membuat aplikasi emulator yang satu ini layak menjadi pilihan anda.

 

5. AMIDuOS Emulator

AMIDuOS Emulator

AMIDuOS Emulator

 

Tidak berlebihan rasanya jika menyebut AMIDuOS sebagai salah satu aplikasi emulator android terbaik saat ini. Meskipun hanya mensupport android versi lollipop dan jellybean, kinerja aplikasi yang satu ini sangat mumpuni baik untuk menjalankan berbagai aplikasi android di PC maupun untuk kebutuhan developer aplikasi.

AMIDuOS Emulator dapat difungsikan pada windows 7, 8 hingga 10. Sayangnya fitur lengkap di dalam aplikasi ini tidak selamanya dapat diakeses secara gratis. Masa trial gratis pada aplikasi ini hanya berlaku selama 30 hari. Selanjutnya jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, ada harga yang harus dibayar. Harga yang dipatok berbeda-beda, tergantung pada versi android pada ponsel anda.

 

6. Android Studio Emulator

Android Studio Emulator

Android Studio Emulator

 

Aplikasi emulator yang satu ini tampaknya dikembangkan khusus bagi para developer aplikasi. Pasalnya dalam aplikasi ini penggunanya dapat mengatur pemrograman dengan sangat leluasa. keunggulan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah google telah memberinya lisensi resmi. Lisensi resmi dari google tentu menjadi jaminan dari kualitas dan performa yang sangat mumpuni dari sebuah aplikasi.

Karena diperuntukkan bagi para developer, pengoperasian aplikasi emulator yang satu ini agak lebih rumit jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. ada coding khusus yang tentunya tidak dipahami oleh pengguna awam. Aplikasi Android Studio juga rasanya amat mubazir jika hanya diunduh untuk mensimulasi games dari android ke PC.

Keenam aplikasi emulator di atas adalah  beberapa aplikasi emulator terbaik yang patut anda coba untuk menjalankan  berbagai aplikasi android di PC. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat anda banding-bandingkan sebelum mengunduhnya.

Guna mendapatkan kinerja yang maksimal, pastikan aplikasi yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi android dan PC yang anda gunakan.

Jika menginginkan performa yang lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk memakai aplikasi emulator versi premium yang tentunya berbayar. Beberapa dari anda, yang berprofesi sebagai developer tentunya, tentu tak ragu untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam demi mendapatkan aplikasi dengan kualitas kinerja yang top.  Selamat mencoba!

Add Comment