9 Aplikasi Android Pembuat Animasi 3D Dan 2D Bergerak Untuk Pemula

9 Aplikasi Android Pembuat Animasi 3D Dan 2D Bergerak Untuk Pemula – Perkembangan jaman membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Banyak hal yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan sebuah smartphone dari mulai mengorganisir dokumen, menonton film, hingga melakuakn hobi. Bagi Anda yang memiliki hobi dibidang seni pembuatan animasi, Anda bisa menggunakan apliaksi android pembuat animasi yang terdapat di playstore. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk mengisi waktu luang atau pun menekuni hobi anda secara professional.

 

Rekomendasi Aplikasi Android Pembuat Animasi Termudah untuk Pemula

 

Android menyediakan berbagai aplikasi dengan berbagai jenis dan fungsi yang bisa di download dalam playstore. Termasuk aplikasi pembuat animasi bergerak untuk mendukung hobi anda dalam bidang seni animasi. Bagi Anda yang masih dalam tahap pemula, berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat animasi dari ponsel android:

 

Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2

 

Draw cartoons adalah aplikasi android untuk membuat animasi dengan cara menggambarnya terlebih dahulu. Melalui aplikasi ini Anda bisa merasakan bagaimana membuat sebuah film kartun dari tahap menggambarnya. Ada beberapa pilhan mengenai aspek pendukung seperti latar belakang dan lain-lain untuk membuat gambar Anda menjadi lebih hidup. Selanjutnya Anda bisa mengkonvert hasil kerja Anda secara offline.

 

FlipaClip – Kartun animasi

FlipaClip - Kartun animasi

FlipaClip – Kartun animasi

 

Aplikasi berikutnya ini merupakan garapan dari Visual Blasters LLC. Pembuatan animasi melalui aplikasi ini menggunakan tahap frame-by-frame. Tahap frame by frame adalah tahap-tahap pembuatan animasi bergerak dengan mengapload gambar kartun dengan gerakan-gerakan tertentu, lalu setiap frame disatukan hingga tampak seperti gambar bergerak. Hasil animasi dari aplikasi ini seperti animasi manual dari flipbook tetapi lebih halus.

 

PicsArt Animator: GIF and Video

PicsArt Animator

 

Aplikasi ini lebih condong ke aplikasi pengedit foto yang menjadikannya sebagai gambar gif. Anda bisa menyiapkan foto diri dengan latar polos, lalu diberikan efek animasi bergerak. Tingkat kekontrasan efek tersebut bisa Anda atur hingga tampak menyatu dengan foto. Selain foto yang sudah ada, aplikais ini juga memiliki fitur ambi foto yang memungkinkan Anda untuk langsung memfoto suatu obyek dan memberinya efek bergerak secara langsung.

 

Stick Fighter

Aplikasi Android Pembuat Animasi Termudah untuk Pemula

 

Apliaksi android pembuat animasi 2D yang satu ini sangat sederhana. Animasi yang dibuat yakni hanyalah sebuah stickman atau orang-orangan dari garis. Gambar sederhana ini bisa Anda buat bergerak sesuai dengan keinginan. Anda bisa merekam gerakan tersebut dan menyimpannya menjadi sebuah gambar GIF. Meski hanya merupakan gambar stickman sederhana, apliaksi ini banyak diminati oleh mereka yang sedang melajar membuat gambar bergerak.

 

StickDraw – Pembuat Animasi

StickDraw - Pembuat Animasi

StickDraw – Pembuat Animasi

 

Apliaksi ini diperuntukan untuk membuat gambar GIF sederhana. Anda bisa menggambar sendiri karakter Anda dan membuatnya bergerak. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur tambahan seperti latar belakang, efek-efek sederhana, hingga gambar-gambar default yang bisa Anda gunakan untuk berlatih membuat animasi bergerak sebelum Anda mencobanya dengan menggambar sendiri. Kesederhanaan dari aplikasi ini membuatnya cocok untuk digunakan oleh para pemula karena cara penggunaannya yang tidak rumit.

 

Animation Desk

 

Ingin membuat animasi bergerak seperti seorang professional? Aplikasi android pembuat animasi terbaik yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari fitur untuk menggambar tokoh ciptaan Anda sendiri, hingga fitur frame-to-frame utnuk menggabungkan foto-foto atau gambar yang anda miliki menjadi sebuah gambar bergerak. Ketajaman dan kualitas hasil dari aplikasi ini cukup tinggi sehingga terkesan seperti buatan seorang professional. Akan tetapi, bagi seorang pemula apliaksi ini cukuo sulit untik dioperasikan.

 

Anime it!

membuat apliaksi dalam bentuk 3D

membuat apliaksi dalam bentuk 3D

 

Pada aplikasi ini Anda bisa membuat karakter dalam bentuk 3D. apliaksi pembuat apliaksi 3D untuk android ini memiliki fitur untuk membuat karakter Anda sendiri dan fitur lain yang sudah menyediakan karakter default untuk Anda gerakan. Anda bisa berlatih untuk menggerakan suatu gambar 3D dengan menggunakan karakter default tersebut. Karakter default bisa Anda rubah penampilannya sesuai dengan keinginan Anda menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Hasil dari apliaksi ini memiliki size file yang lebih besar dibandingkan dengan apliaksi lainnya karena gambar yang dihasilkan sangat jernih dengan efek 3D.

 

PicPac Stop Motion

PicPac Stop Motion

PicPac Stop Motion

 

Cara menggunakan aplikasi android pembuat karakter animasi yang satu ini adalah seperti mengedit video. Anda bisa mengupload beberapa foto-foto Anda beberapa buah dengan gerakan yang sama, kemudian aplikasi ini akan menyatukannya dan membuatnya seolah bergerak. Tidak hanya bergerak maju, teapi Anda jga bisa membuatnya untuk bergerak mundur ataupun memberikan efek boomerang. Selain itu, Anda juga bisa “mencorat-coret” video Anda untuk memberinya efek tambahan agar lebih lucu.

 

Stick Nodes: Stickamn Animator

Stick Nodes

Stick Nodes

 

Sama seperti apliaksi pembuat stickman bergerak sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fitur yang sejenis. Hanya saja, aplikasi ini dilengkapi dengan efek-efek yang lebih lengkap. Seperti Anda bisa mengatur karakter stickman menjadi lebih kurus atau lebih gemuk, dan memberinya warna hingga tampak seperti memakai baju. Gerakan yang bisa dibuat oleh stickman dari apliaksi ini juga lebih beragam sehingga video yang dihasilkan lebih halus gerakannya.

Itulah beberapa aplikasi android pembuat animasi yang bisa Anda coba. Cara penggunaan aplikasi-apliaksi tersbeut sangat mudah sehingga cocok untuk Anda yang masih pemula dalam hal ini. Setelah menguasai beberapa aplikasi diatas dan membuat animasi dengan hasil gerakan yang halus, Anda bisa beralih ke aplikasi-aplikasi lainnya yang lebih rumut guna mendapatkan hasil yang lebih terlihat professional. Manfaatkan terus perkembangan teknologi untuk berkrasi dan mengasak kreatifitas anda untuk menghasilkan hal-hal yang produktif.

Add Comment