5 Tips dan Cara agar Wifi tidak Dibobol Orang Lain

Wifi atau wireless fidelity dikenal sebagai media penghantar komunikasi tanpa kabel. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sinyal radio pada frekuensi tertentu sehingga transfer data menggunakan wifi bisa sangat cepat. Sekarang sudah banyak rumah yang memasang wifi untuk akses internet pribadi. Cara agar wifi tidak dibobol orang lain perlu diketahui bagi Anda yang memasang wifi di rumah. Hal tersebut penting karena jika wifi dibobol dan digunakan orang lain, koneksi internet akan lambat dan bandwidth yang cepat terkuras.

5 Tips Mengamankan Wifi agar tidak Dibobol

Cara agar Wifi tidak Dibobol Orang Lain

Cara agar Wifi tidak Dibobol Orang Lain

 

Jika tidak ingin wifi dibobol orang lain, cara umum berikut cukup ampuh untuk mengamankan wifi Anda.

 

1. Menggunakan teknologi password terbaru

Jaringan wifi dapat diamankan dengan enkripsi WEP, tetapi masih tergolong mudah untuk dibobol menggunakan aplikasi pembobol wifi. Enkripsi ini menggunakan password yang mudah diingat sehingga lebih mudah di-hacking. Lebih disarankan menggunakan teknologi terbaru seperti password wifi dengan enkripsi WPA2. Jenis pengaman ini direkomendasikan oleh banyak vendor atau penyedia jaringan wifi karena lebih susah untuk dibobol. Hacker memang masih bisa membobol pengaman enkripsi WPA2 ini, tetapi membutuhkan waktu lama dan tidak menjamin berhasil.

BACA:   8 Aplikasi Android Bobol WiFi Terbaik

 

2. Menggunakan password yang unik dan kuat

Jika Anda memasang wifi di rumah, disarankan untuk menggunakan enkripsi WPA2. Setelah itu, gunakan password wifi yang memiliki kombinasi unik dan kuat. Password yang setidaknya terdiri dari 8 karakter dengan perpaduan huruf kapital, huruf kecil, simbol, dan angka. Kombinasi tersebut akan membuat password lebih kuat dan sulit untuk dibobol. Namun masalah lain yang muncul adalah lupa password karena memang sulit untuk diingat. Ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk membantu menemukan password yang unik dan kuat tetapi mudah diingat. Anda bisa menggunakan mesin pencari google untuk membantu Anda menemukan password bagus dan berbagai cara agar wifi tidak dibobol orang lain.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

 

3. Mematikan WPS

WPS adalah salah satu cara untuk bisa terhubung ke jaringan wifi tanpa menggunakan password. Apabila WPS ini masing diaktifkan, maka wifi dapat dibobol walaupun memiliki password yang sangat kuat. Hal ini dapat terjadi karena WPS memiliki pin yang dapat dibaca oleh beberapa software atau aplikasi. Beberapa orang menggunakan WPS ini untuk memudahkan masuk ke jaringan wifi saat lupa password wifi. Namun WPS dapat diaktifkan atau dimatikan terserah pemilik wifi. Jika wifi di rumah tidak ingin dibobol orang tidak dikenal, Anda bisa mematikan WPS pada pengaturan wifi router.

BACA:   Cara Download Video Di Instagram Dengan Mudah Hanya Beberapa Detik!

 

4. Mengaktifkan Mac-address

Mac-address merupakan filter yang ada pada wifi router. Kegunaan mac-address ini adalah untuk filter perangkat apa saja yang boleh menyambung ke jaringan wifi. Caranya adalah memasukan mac-address ke pengaturan wifi-router. Apabila mac-address, baik ponsel, laptop, atau komputer tidak terdaftar, maka tidak terhubung ke wifi tersebut. Gunakan menu untuk pengaturan filter ini agar tidak ada orang yang bisa membobol wifi Anda. Mengaktifkan mac address filter dapat menjadi perlindungan ganda untuk mengamankan wifi agar tidak dihack orang lain. Cara ini juga cukup efektif untuk wifi yang menggunakan password tidak begitu kuat.

 

5. Memasang router mikrotik

Mikrotik merupakan router yang dapat digunakan untuk mencegah hacking atau penyadapan pada password wifi. Router mikrotik menjadi salah satu alternatif agar wifi tidak dibobol orang lain. Mengaktifkan mikrotik pada login page dapat menjadi pengaman wifi agar tidak digunakan orang yang tidak dikenal. Umumnya router mikrotik menggunakan login page untuk fitur hotspot. Setia ada orang yang ingin terhubung ke wifi, halaman login page akan muncul sebelum bisa menggunakan jaringan wifi. Cara ini sangat aman untuk mencegah penyadapan password wifi dan sebagai proteksi ganda setelah password wifi. Sistem login page dengan router mikrotik ini sangat berbeda dengan sistem router access point. Seseorang yang berhasil masuk ke password wifi belum tentu bisa melewati login page ini.

BACA:   5 Cara Download Foto di Instagram

Router mikrotik ini membutuhkan jasa setting mikrotik mengingat pengaturannya yang memang cukup sulit. mikrotik memiliki fitur yang lengkap sehingga mempersulit wifi dibobol oleh orang lain. Fitur ini dapat digunakan untuk mencegah pembobolan wifi, mengatur kecepatan pada perangkat yang terhubung, memblokir situs, memonitor pengguna wifi, dan lain sebagainya. Biasanya untuk jasa setting mikrotik ini disediakan oleh masing-masing penyedia wifi. Anda bisa menghubungi layanan pelanggan atau customer service untuk meminta jasa setting router mikrotik. Teknisi akan datang ke rumah Anda untuk mengaktifkan router mikrotik ini dan mengaktifkannya.

Itulah beberapa cara agar wifi tidak dibobol orang lain yang paling umum tetapi cukup ampuh untuk mengamankan wifi dari pembobolan. Apabila ada yang berhasil menghubungkan ke wifi Anda, jaringan wifi dapat diblokir menggunakan software block wifi.

Add Comment