4 Cara Backup Foto dan Video Di Android

Cara backup foto dan video di Android – Apakah Anda sedang mencari cara untuk backup foto dan video di Android? Setiap orang tentu selalu mengabadikan moment-moment beharga melalui kamera smartphone. Berbagai aktivitas yang diabadikan dalam foto dan video tentu akan memiliki kenangan tersendiri sehingga perlu dijaga dan disimpan dengan baik-baik.

Sayangnya terkadang ada kejadian yang membuat Anda harus kehilangan data tersebut misalnya tidak sengaja menghapusnya atau melakukan deep clean yang mana menyebabkan foto atau video menjadi terhapus secara tidak sengaja.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi ada baiknya jika Anda membackup foto dan video Anda di Android. Simak beberapa cara backup foto dan video di Android yang penting untuk diketahui berikut ini:

 

4 Cara Backup Foto dan Video Di Android

Cara Backup Foto dan Video Di Android

Cara Backup Foto dan Video Di Android

 

Backup Menggunakan Dropbox

Dropbox merupakan utilitas untuk backup yang paling populer karena Anda bisa melakukan backup secara otomatis dengan mudah. Dropbox ini juga bisa melakukan sinkron secara otomatis ke komputer dalam hitungan detik.

Cara untuk melakukan backup ini adalah dengan menginstal Dropbox di perangkat Android kemudian Anda bisa mengaktifkan fitur berupa camera upload dimana bisa di konfigurasi melalui pengaturan Dropbox itu sendiri.

BACA:   5 Aplikasi Pembuat Pas Foto Android

Selain itu Anda juga bisa melakukan pengaturan berupa penggunaan video ke Dropbox melalui Wi-Fi atau menggunakan paket data.

Dropbox ini bisa di akses melalui PC di browser namun ada baiknya menginstal klien Windows juga. Untuk mengaksesnya melalui browser Anda bisa memasukkan akun Dropbox sama seperti dengan di Android. Silahkan klik link ini untuk melakukan download.

 

Google Drive

Google memberikan tawaran menarik melalui Google Drive dimana aplikasi ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file yang Anda miliki baik itu dokumen, aplikasi, dan lain sebagainya.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan Drive ini sebagai salah satu cara backup foto dan video di Android.

Untuk mencadangkan atau backup foto dan video di Android Anda bisa memilih aplikasi Drive dimana bentuknya mirip dengan segitiga dengan warna hijau, kuning, dan biru.

Buka aplikasi tersebut kemudian tambahkan tanda tambah, setelah itu pilihlah opsi upload, pilihlah foto maupun video yang ingin dicadangkan setelah itu file tersebut akan terbackup secara otomatis.

 

Google+

Google+ ini dikenal sebagai jejaring sosial yang menawarkan kemampuan dalam menyimpan gambar substansial. Anda bisa mencari Google+ ini melalui Play Store kemudian Anda akan diminta untuk membuat akun. Di pengaturan Google+, pilihlah backup otomatis kemudian pilih aktifkan sinkronisasi otomatis.

Setelah itu semua foto akan di backup ke Google+ secara otomatis setelah di ambil, namun tenang saja, meski hal ini Anda lakukan foto Anda tidak akan di posting secara otomatis sehingga privasi tetap terjaga. Bahkan foto yang di backup di Google+ akan d unggah ke Cloud.

BACA:   10 Game Seru Android Offline Untuk Menghilangkan Rasa Bosan

Yang harus Anda perhatikan adalah Google+ ini hanya bisa melakukan penyimpanan sebesar 15GB dan juga menawarkan penyimpanan foto tidak terbatas. Mungkin bagi yang menyukai kesederhanaan  tidak akan suka dengan Google+ ini, namun bagi yang menginginkan penyimpanan gratis maka Google+ ini bisa dijadikan sebagai pilihan.

 

Pcloud

Anda dapat memanfaatkan layanan Pcloud untuk backup berbagai file dan dokumen. Salah satu fitur terbaik dari Pcloud adalah auto backup foto dan video ketika terkoneksi dengan wifi.

Jadi, semua foto dan video Anda akan terbakup secara otomatis ketika terhubung dengan wifi. Sayangnya Pcloud ini berbayar dengan tawaran harga $175 untuk 500GB (Lifetime). Tapi, Anda bisa memanfaatkan versi gratis yaitu 10GB-20GB.

 

Google Photos

Simpan foto-foto dan video Anda secara gratis tanpa batas di Google photos. Layanan dari Google ini juga memberikan penawaran berbayar, namun saran saya Anda gunakan versi gratis saja yaitu penyimpanan tanpa batas. Silakan download di playstore Google Photos dan klik setelan > backup & singkronisasi > ukuran upload > kualitas tinggi (penyimpanan tanpa batas gratis)

 

G-Cloud

Cara backup foto dan video di Android yang terakhir adalah melalui aplikasi G-Cloud.  Aplikasi ini sedikit berbeda karena harus mendaftarkan layanan ini melalui Play Store bukan mendaftar di PC.

Setelah terinstal di Play Store Anda bebas masuk secara online dan mengelola file yang ada di browser Anda. Saat menginstal aplikasi ini akan ditanya apakah akan melakukan backup jika iya aplikasi tersebut akan bisa melakukannya.

BACA:   4 Aplikasi Android untuk Membuat Logo Terbaik

Yang menarik adalah G-Cloud tidak hanya untuk menyimpan foto, namun juga bisa backup pesan, membackup log panggilan, dokumen, dan musik. Bahkan aplikasi ini juga menawarkan pelacakan smartphone yang mana berbeda dengan aplikasi pelacakan gratisan. Kelemahannya tidak bisa backup secara otomatis.

Demikianlah beberapa cara backup foto dan video di Android yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Add Comment