4 Cara Cek VGA Laptop yang Kita Gunakan

Cara cek VGA laptop –  Video Graphics Array atau yang biasa disingkat VGA yang mana menjadi perangkat keras yang bisa digunakan sebagai penampil format data visual ke komputer. Kualitas VGA ini juga bisa dijadikan sebagai penentu tampilan grafis yang terlihat di monitor.

Semakin baik kualitas VGAnya di monitor maka akan semakin bagus tampilan yang akan Anda lihat di monitor. VGA ini juga berpengaruh terhadap resolusi monitor dimana jika resolusi monitornya tergolong besar maka kapasitas VGAnya juga harus besar.

Jika hal itu tidak terjadi akibatnya gambar yang dihasilkan juga akan pecah, tentu hal ini akan sangat mengganggu sekali. Bagi Anda yang ingin mengecek VGA, ada beberapa cara cek VGA laptop yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini: Baca Juga: Pengertian VPS

 

4 Cara Cek VGA Laptop yang Kita Gunakan

 

DXDIAG

Cara Cek VGA Laptop yang Kita Gunakan

Cara Cek VGA Laptop yang Kita Gunakan

 

DXDIAG ini merupakan perangkat lunak bawaan Windows, sehingga jika Anda menggunakan sistem operasi Windows maka bisa mengecek VGA melalui DXDIAG ini. Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi lainnya untuk mengecek VGA ini. Cara cek VGA laptop dengan DXDIAG Anda bisa mengetikkannya ke bagian run atau search. Ada beberapa tab yang akan langsung muncul seperti System dimana bisa digunakan untuk mengecek informasi tentang laptop yang Anda gunakan secara ringkas mulai dari nama komputer, jenis sistem operasi yang digunakan, processor, display dimana pada bagian ini Anda bisa mengecek VGA yang digunakan, network, sound, sampai dengan musik. Baca Juga: Kapasitas Minimal VGA Card Yang Dibutuhkan Untuk Akses Internet

BACA:   Perbedaan Antara SSD, SSHD, dan HDD Secara Singkat

 

GPU-Z

Cara cek VGA laptop dengan GPUZ

Cara cek VGA laptop dengan GPUZ

 

Cara cek VGA laptop kedua melalui GPU-Z. GPU-Z merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek video card sama dengan DXDIAG. Bedanya adalah Anda harus melakukan penginstalan terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir dengan biaya aplikasi ini karena Anda bisa mengunduh dan juga menginstalnya secara gratis. Aplikasi ini sangat ringan dan cara penggunaannya cukup mudah. Untuk bisa menggunakannya silahkan untuk menginstal aplikasi tersebut melalui link ini kemudian setelah proses download selesai segera buka dan jalankan. Anda bisa melihat beberapa keterangan berupa name, release date, transistors, BIOS version, Memory Type, Memory Size, Bus Width, Bandwidth, GPU Clock, Memory Clock, dan juga computing. Silahkan jalankan aplikasi tersebut kemudian Anda akan bisa melihat spesifikasi VGA Card yang sudah terpasang pada laptop atau komputer Anda.

 

Speccy

Cara mengetahui VGA Laptop dengan Speccy

Cara mengetahui VGA Laptop dengan Speccy

 

Cara mengetahui VGA Laptop selanjutny dengan Speccy. Speccy ini merupakan aplikasi developer Piriform yang bisa memberikan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi bawaan Windows. Desainnya juga lebih menarik namun tetap bisa digunakan. Informasi yang bisa dicek dengan menggunakan processor ini adalah RAM, kartu grafis, sistem operasi, bahkan sampai dengan hard drive. Speccy ini memiliki mode Professional, Business, sampai dengan technician sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Perbedaan mode free dengan mode lainnya adalah mengandung adware. Yang jelas adalah aplikasi ini tidak akan memakan banyak tempat di PC Anda dimana sizenya hanya sebesar 5MB saja. Selain mengecek VGA Anda juga bisa mengecek temperatur hardware PC yang Anda miliki.

BACA:   Pengertian CD ROM dan Fungsinya Lengkap

 

Software CPU-Z

Cara cek vga laptop dengan Software CPU-Z

Cara cek vga laptop dengan Software CPU-Z

 

Software merupakan aplikasi populer yang mana bisa digunakan untuk menampilkan informasi yang lebih rinci tentang perangkat keras utama di laptop seperti Motherboard, Chipset, BIOS, Processor, Memory, dan juga VGA.  Cara cek VGA laptop dengan Software CPU-Z, Anda bisa mendownload aplikasi terlebih dahulu melalui link ini, setelah itu lakukan penginstalan. Setelah itu buka aplikasi, Anda akan bisa menemukan informasi tentang VGA laptop di aplikasi tersebut.

Demikianlah tutorial atau cara cek VGA laptop yang bisa Anda lakukan dengan mudah, pengecekan VGA ini penting terutama bagi Anda yang hobi bermain game melalui laptop atau ingin membeli hardware untuk PC yang Anda gunakan, jangan sampai salah memilih karena ada beberapa hardware  yang hanya bisa digunakan jika didukung oleh video card yang memadai.

Add Comment