6 Cara Membuat Password yang Kuat dan Susah ditebak

Password yang kuat, unik susah ditebak merupakan salah satu cara aman untuk melindungi data Anda dari para hacker. Banyak terjadi kebobolan password karena pengguna menggunakan kombinasi yang mudah ditebak. Setidaknya ada jutaan akun media sosial, website yang diretas setiap harinya.

Sebagai pengguna internet dan menghabiskan banyak waktu online, kita harus membuat password sekuat, seunik mungkin. Ini adalah cara untuk melindungi privasi kita dari orang jahat.

Baiklah pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit cara membuat password yang kuat dan susah ditebak. Bagi Anda yang masing menggunakan password sederhana seperti 12345, iloveyou, indonesia, terimakasih dan lain sebagainya, maka setelah membaca artikel ini Anda harus mengubah dan membuat password baru yang lebih kuat dan susah ditebak orang.

 

6 Cara Membuat Password yang Kuat dan Susah ditebak

Cara Membuat Password yang Kuat dan Susah ditebak hacker

Cara Membuat Password yang Kuat dan Susah ditebak hacker

 

 

1. Gunakan Kombinasi Huruf, Angka dan karakter simbol

Sebenarnya membuat password yang kuat dan mudah diingat itu bisa kita lakukan dengan menggabungkan antara karakter, simbol, huruf dan angka. Hindari untuk membuat password dengan huruf atau angka saja karena ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan banyak akun mudah diretas.

Anda dapat membuat password kuat seperti [email protected] = [Pergi ke pasar]. Contoh password seperti ini sangat sulit ditebak karena memiliki kombinasi angka, huruf besar dan huruf kecil serta simbol di dalamnya. Banyak orang yang mengeluh kenapa akun facebook mereka dihack? Karena salah satunya adalah mereka menggunakan password dari nama mereka, tempat lahir, tanggal lahir dan nomor ponsel.

 

2. Hindari Menggunakan Nomor Berurut

80% mereka yang menggunakan password dengan nomor berurutan adalah mereka yang beresiko akunnya diretas. Oleh karena itu jangan pernah membuat password dengan nomor berurutan seperti 12345, 0987654321, 1234567. Nomor berurutan ini sudah disimpan oleh hacker dan mereka tau betul apa saja angka yang pengguna gunakan pada password mereka.

 

3. Hindari Menggunakan Nomor Ponsel

Saya yakin beberapa di antara Anda pasti ada yang menggunakan password dengan menggunakan nomor ponsel? Salah satu pemicu akun dihack adalah membuat password dengan nomor ponsel. Jadi, ini sangat disayangkan karena nomor ponsel itu sangat mudah ditebak oleh para hacker atau orang jahat.

 

4. Gunakan Password Berbeda Pada Setiap Akun

Strong password adalah kombinasi dari banyak angka dan huruf. Pastikan Anda membuat password yang berbeda pada setiap akun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Walaupun password yang Anda gunakan sudah terlihat kuat dan unik, namun kita tidak tau nasib kedepannya karena hacker itu licik dan lebih cerdas dari pengguna. Mereka tau cela keamanan dan untuk menghindari itu, maka setidaknya Anda memiliki beberapa password yang kuat dan berbeda-beda pada setiap akun.

 

5.Random Password Generator

Random password generator adalah sebuah tool yang membantu Anda untuk membuat password yang kuat dan unik dengan berbagai kombinasi. Anda dapat menggunakan password generator untuk membuat password yang lebih baik dari biasanya.

 

6. Gunakan Password Manager

Jika Anda sulit untuk menghafal karakter password, mungkin Anda dapat menggunakan sebuah tool yaitu password manager. Password manager ini dapat menyimpan semua password Anda, memasukan password ke dalam kolom secara otomatis, membuat password generator, sinkron password ke banyak perangkat seperti di Windows, iOS, Mac dan Android. Jadi setiap kali ingin login ke sebuah perangkat, Anda dengan mudah mengisinya dengan bantuan password manager ini.

 

Kesimpulan

Cara membuat password yang kuat dan unik di atas adalah patut Anda coba. Karena password ini adalah data penting Anda. Jika password Anda sudah di hack, maka semua data, privasi dan uang Anda dapat dengan mudah dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Pastikan Anda membuat password dengan kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol. Jika Anda sulit untuk mengingat password, maka Anda dapat menggunakan ”Password Manager”.

Add Comment