Cara Memperkecil Ukuran Foto Melalui Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Memperkecil ukruan foto tanpa mengurangi kualitas foto tersebut dapat Anda lakukan melalui online. Ada banyak situs online yang menyediakan untuk meperkecil size foto atau gambar. Hanya dengan beberapa langka foto Anda sudah berubah menjadi ukuran kecil.

Biasanya keperluan untuk memperkecil foto ini dilakukan ketika kita ingin mengupload foto tersebut ke media sosial atau untuk keperluan pendaftaran online misalnya daftar CPNS. Memperkecil ukuran foto tidak hanya memudahkan Anda untuk mengupload ke media sosial, namun jika ukuran foto itu kecil tentu saja akan menghemat ruang penyimpanan.

Baiklah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperkecil ukuran foto melalui online tanpa mengurangi kualitas foto atau gambar tersebut.

 

Cara Memperkecil Ukuran Foto Melalui Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Sebelumnya saya ingin mencontohkan gambar yang akan saya kompress. Disini saya akan mengecilkan ukuran foto yang beresolusi 4k. Biasanya ukuran foto ini digunakan untuk background atau wallpaper. Silakan lihat ukuran sebelum di kompres berikut ini.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Melalui Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Memperkecil Ukuran Foto Melalui Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Pada ukuran gambar diatas, Anda dapat melihatnya bukan? Ya, ukurannya adalah 7,45 MB dan itu menurut saya cukup besar. Jika diupload di media sosial tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk mempercepat proses upload, maka kita dianjurkan untuk memperkecil ukuran foto atau gambar tersebut. Berikut ada beberapa rekomendasi situs online yang memungkinkan Anda untuk mengkompres ukuran foto menjadi lebih kecil.

 

Menggunakan Situs Compresspng.com

Situs compresspng.com ini memberikan pelayanan untuk memperkecil size gambar atau foto, jadi Anda tinggal upload dan menunggu hasil kompresi dan dengan otomatis ukuran foto Anda akan berubah menjadi lebih kecil. Untuk lebih lengkap, silakan lihat tutorial berikut ini.

1.Pertama silakan kunjungi situs compresspng.com

2. Lihat gambar upload dan click serta pilih gambar di folder mana Anda menyimpannya

Situs compresspng.com

Situs compresspng.com

 

3.Pilih bagian Open Untuk memilih gambar yang akan Anda kecilkan

Mengecilkan gambar online

Mengecilkan gambar online

 

4. Tunggu proses kompresing dan ini mungkin akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari seberapa besar ukuran file yang Anda upload.

 

proses memperkecil gambar atau fotoproses memperkecil gambar atau foto

proses memperkecil gambar atau foto

 

5. Jika proses memperkecil sudah selesai, maka akan muncul tombol DOWNLOAD. Silakan click, maka secara otomasti file foto tersebut akan terdownload di komputer/ laptop Anda.

situs memperkecil ukuran foto

situs memperkecil ukuran foto

 

Lihat hasil nya ukuran foto berkurang 65% dan itu artinya lebih kecil tanpa mengurangi resolusi atau kualitas gambar tersebut.

 

mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil

mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil

Ukuran gambar bisa terlihat lebih kecil. Sekarang ini memang sanga mudah sekali dimana berkat situs online kita dapat mengompress foto kita menjadi lebih kecil, tanpa mempengaruhi kualitas gambar tersebut. Ada beberapa rekomendasi situs serupa yang memungkinkan untuk memperkecil size gambar.

 

Situs Untuk Memperkecil Ukuran Foto Secara Online

 

compressjpeg.com

Situs compressjpeg.com ini sama dengan situs sebelumnya dimana Anda dapat mengubah ukuran gambar ke dimesi yang lebih kecil, tanpa mengurangi resolusi gambar tersebut. Situs ini bekerja secara online dimana Anda hanya perlu menggunakan internet dan mengupload gambar, menunggu proses kompres dan download.

 

imagesmaller.com

Situs untuk mengompres gambar ke ukuran lebih kecil selanjutnya adalah imagesmaller.com. Situs ini memungkinkan Anda untuk memperkecil gambar hingga 50MB. Situs ini dapat mengoptimalkan gambar hingga 90% dengan fotmat PNG, JPG dan JPEG.

 

tinypng.com

Selanjutnya situs compress png & jpeg images online yang paling populer adalah tinypng.com. TinyPNG menggunakan tehnik kompresi lossy dimana ukuran Anda tetap berkurang, namun tidak mengurangi kualitas gambar tersebut.

Kesimpullanya bahwa ada banyak situs online yang dapat memperkecil ukuran gambar dan foto secara online. Situs tersebut sangat berguna bagi Anda yang tidak ingin ribet mengunduh dan menginstall aplikasi. Dengan upload, tunggu proses dan download, semua foto Anda dapat beruba menjadi size yang lebih kecil. Jika Anda ingin memperkecil gambar dibawah 200kb, silakan gunakan berkali-kali sehingga ukuran bisa lebih kecil.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai cara memperkecil ukuran foto melalui online tanpa mengurangi kualitas foto tersebut…

Add Comment