Cara Memperluas Jangkauan Wifi Di Sebuah Ruangan

Di zaman super canggih seperti sekarang ini hampir semua orang tau apa itu wifi? Wifi adalah singkatan dari wirelles fidelity. Pengertian wifi secara umum adalah kumpulan dari berbagai standar yang digunakan sebagai jaringan nirkabel atau sering disebut dengan WLAN. Di kota-kota besar di Indonesia wifi merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat karena fungsinya sebagai penunjang kerja dari internet, bermain game, hiburan, hingga menjalankan suatu perangkat.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan wifi di sebuah gedung contohnya di kantor, kampus atau tempat – tempat umum lainnya pasti tidak jarang sinyalnya akan buruk maka dari itu sekarang saya akan berbagai sedikit informasi mengenai cara memperluas jangkauan wifi di suatu ruangan.

Anda juga harus mengetahui bahwa jika Anda salah dalam memilih router wifi maka itu juga akan berpengaruh pada kecepatan wifi tersebut bisa saja yang tadinya wifi Anda sangat cepat tapi gara-gara Anda salah dalam membeli router wifi maka menjadikan kecepatan wifi Anda berkurang, hal tersebut juga bisa terjadi jika Anda salah dalam mengonfigurasikan router wifi tersebut

 

5 Cara Memperluas Jangkauan Wifi

Cara Memperluas Jangkauan Wifi Di Sebuah RuanganCara Memperluas Jangkauan Wifi Di Sebuah Ruangan

Cara Memperluas Jangkauan Wifi Di Sebuah Ruangan

 

1.Pilih chanel yang tepat

Anda harus tahu bahwa setiap router wifi memiliki berbagai chanel, nah terkadang dengan cara mengganti chanel ini dapat melancarkan mengakses data ketika menggunakan wifi. Kenapa bisa terjadi seperti itu? Karena kadang adanya perbedaan dari jumlah sinyal yang dapat mengganggu sinyal pada wifi Anda.

Selain dari chanel router wifi, biasanya juga router wifi ini mempunyai sebuah frekuensi yang berbeda-beda yang kira – kira antara 2,4 Ghz sampai 5 Ghz, untuk itu maka jika Anda tinggal di sebuah rumah yang besar maka Anda harus merendahkan frekunsi dari router wifi tersebut karena dengan frekuensi router yang rendah akan mempunyai ruang lingkup yang besar nah, sedangkan jika Anda tinggal di rumah yang kecil maka Anda harus meninggikan frekuensi router wifi karena dengan ruang lingkup yang kecil maka akses wifi Anda akan semakin cepat.

 

2.Menaruh router wifi ditempat yang paling ideal

Lalu dimanakah tempat yang paling ideal untuk kita menaruh router wifi, jawabannya adalah di tempat yang paling tinggi dan juga yang tepat berada pada tengah ruangan atau rumah Anda. Jika Anda ingin sinyal wifi melewati tembok maka hadapkan antena router ke tembok tapi pastikan bahwa tembok itu bukan tembok beton karena tembok beton sendiri akan menghalangi sinyal wifi tersebut.

Dan juga yang harus Anda ketahui adalah musuh utama dari sinyal wifi ini adalah air dan juga jendela, jadi Anda harus usahakan untuk tidak menaruh router wifi Anda di dekat jendela, pipa air, kolam, aquarium dan juga tumbuhan yang memiliki kandungan air di dalamnya seperti kaktus.

 

3.Pasang password wifi Anda

Cara memperluas jangkauan wifi yang ke tiga adalah dengan cara memasang password pada wifi Anda karena hal ini efektif sekali untuk melindungi wifi Anda dari jangkauan orang lain, sehingga wifi Anda tidak dapat dengan mudah di akses oleh orang lain jadi akses wifi Anda akan tetap lancar. Dan juga jangan lupa untuk tetap membatasi jumlah orang yang menggunakan wifi Anda.

Ada banyak sekali kasus ketika si pemilik wifi lupa untuk memasang password pada wifinya yang menjadikan wifinya sangat lelet dengan hal ini pastinya si pemilik wifilah orang yang sangat dirugikan selain dia harus membayar tagihan wifi tersebut dia juga tidak bisa menikmati wifinya secara nyaman karena kecepatan yang sangat lambat.

 

3.Menggunakan router wifi dengan teknologi yang terkini

Jika Anda ingin akses internet yang cepat maka Anda bisa membeli router wifi yang terbaru dan memiliki teknologi yang juga paling baru. Selain router keluaran terbaru memiliki kecepatan yang sangat tinggi, router terbaru ini juga memilik sebuah teknologi yang dapat mengirimkan sinyal langsung pada sebuah perangkat seperti smart phone dan juga komputer, pastinya hal seperti ini dapat membuat sinyal wifi baik di rumah, kantor, semolah ataupun tempt – tempat umum lainnya.

 

5.Menggunakan network extender

Cara memperluas jangkauan wifi yang terakhir adalah dengan cara menggunakan network extender. Network extender ini dapat membantu sinyal wifi Anda untuk mencapai tempat – tempat atau bagian ruangan yang sulit dicapai. Untuk menggunakan network extender ini Anda bisa menggunakan router wifi Anda yang lama untuk network extendernya, tapi itu jika Anda masih memiliki router lama. Dengan itu Anda bisa memanfaatkan router yang lama tanoa harus membeli router yang baru, dan pastinya cara ini dapat menghemat biaya pengeluaran Anda.

Itulah beberapa cara memperluas jangkauan wifi Anda 5 cara di atas terbukti sangat efektif untuk membantu memperluas dan meningkatkan kecepatan wifi Anda. Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sedang mempunyai masalah seputar dunia wifi.

Add Comment