3 Tips Mudah Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop – Apakah Flashdisk tidak dapat terbaca di perangkat komputer Anda?  Dewasa ini, dunia digital semakin menjadi hal yang perlu diikuti. Kemajuan teknologi adalah hal yang sangat lumrah dengan berbagai pembaharuan yang terus dihadirkan. Teknologi menajdi saah satu moda manusia dalam mempermudah pekerjaan. Salah satu benda kecil yang memiliki manfaat dalam meringankan pekerjaan manusia yaitu flashdisk. Bagi sebagian pekerja dan pelajar pada khususnya, hampir mungkin tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya flashdisk.

Salah satu benda yang penting untuk penyimpanan ini barangkali sudah sangat akrab bagi mereka. Namun, yang sering menjadi masalah yakni flashdisk tidak terbaca. Tentunya hal ini memerlukan tindakan serius karena ada banyak data penting disana.. Sebelum membahas mengenai Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop, mari ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dan fungsi dari flashdisk.

 

Pengertian dan Fungsi Flashdisk

Pengertian Flashdisk adalah sebagai alat penyimpanan data portable yang mudah dibawa kemana-mana. Flashdisk tidak memerlukan motor atau part yang lain karena komponen yang dimiliki oleh flashdisk ini relatif lebih sederhana. Flashdisk dengan nama lain USB Drive ini merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki bentuk beraneka ragam.

Flashdisk memiliki masa pakai yang beraneka ragam pula. Pada umumnya masa pemakaian flashdisk berkisar hingga 10 tahun lamanya. Akan tetapi hal itu bergantung pada cara pemakain masing-masing individu. Pemakaian yang tidak tepat akan mengakibatkannya cepat rusak. Salah satunya yang menjadi topik pada artikel ini yaitu flashdisk tidak terbaca dengan menawakan solusi cara mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Fungsi dari flashdisk pada umumnya memang seperti deskripsi yang telah diuraikan, yaitu sebagai alat penyimpanan. Akan tetapi lebih lanjut, flashdisk memiliki fungsi sebagai alat untuk memindahkan data. Selain itu, flashdisk juga memiliki manfaat yang lain yang sangat berguna bagi penggunnya. Ada beberapa manfaat yang mungkin tidak semua orang menhetahuinya.

Manfaat lain dari flashdisk yaitu dapat dijadikan sebagai aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya penggunaan aplikasi OpenOffice. Aplikasi OpenOffice merupaka Office Suite yang lengkap yang mencakup spreadsheet, pengolah data, paket menggambar, presentasi, dan database lainnya yang dapat digunakan melalui aplikais portable. Selain itu, pengguna juga dapat menginstall banyak aplikasi lain misalnya pemutar musik, utilitas antivirus, permainan, dan sistem menu yang praktis melalui flash disk.

Fungsi-fungsi dari flashdisk ini tentunya dapat dijalankan jikalau flashdisk dalam keadaan sehat, baik-baik saja atau dapat berjalan normal. Akan tetapi jika terjadi permasalahan seperti flash disk tidak terbaca, maka ini akan menganggu dan akan menghambat kerja dari pengguna. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips mengatasi flashdiks tidak terbaca dengan tiga cara mudah untuk dipraktekkan.

 

3 Tips Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop

 

Mengatasi Flashdisk Pertama

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop

 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengalami masalah flashdisk tidak terbaca yaitu dengan menyambungkan flashdisk ke port USB pada komputer atau laptop. Kemudian klik menu Start lalu pilih Run dan tekan Enter. Setelah itu ketik “compmgmt.msc”.

Pastikan bahwa setelah mengetik kata tersebut muncul jendela program “compmgmt kemudian diklik. Selanjutnya, pilih menu Storage yang berada di tengah kemudian pilih menu Disk Management laluu klik kanan dan pilih menu Create Partation. Langkah terakhir yaitu dengan memilih format denga resiko semua data dalam flashdisk akan hilang.

 

Periksa Driver Pada Control Panel

Cek Driver Pada Control Panel

 

Tips kedua yang dapat membantu memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yaitu dengan cara menyambungkan flashdisk ke laptop atau komputer. Selanjutnya, pastikan kamu membuka menu Control Panel. Setelah Menu Control Panel muncul, klik opsi Add Hardware. Jika sudah, selanjutnya pilih menu Next yang ada di tampilan lalu pilih “Yes, I have already connected the hardware.

Dalam hal ini, flashdisk wajib terdeteks oleh komputer terlebih dahulu. Jika memang sudah, maka akan muncul menu Autorun dan pernyataan bahwa USB Flash fisk telah mendukung koneksi yan lebih cepat. Pada saat pernyataan tersebut muncul, muncul pula ikon “Removable Hardware” pada System Tray.

Selanjutnya muncul drive baru pada My Computer atau Windows Explorer. Jika semua notifikasi tersebut telah muncul, maka tak cukup klik Cancel pada tampilan berikutnya. Hal ini berarti langkah memperbaiki flahdisk yang tidak terbaca tak perlu dilanjutkan lagi. Baca Juga: Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

 

Gunakan tools HDD Low Level Format

tools HDD Low Level Format

tools HDD Low Level Format

 

Tips Ketiga cara memperbaiki flahdisk tidak terbaca di laptop yaitu dengan langkah menggunakan tools HDD Low Level Format. Penggunaan alat ini memberikan kemungkinan lebih besar bahwa flashdisk lebih mudah untuk diperbaiki. Langkah-langkahnya yaitu memasang flash disk terlebih dahulu pada komputer atau laptop kemudian download software HDDGURU Low Level Format.

Setelah software selesai diunduh dan diinstall maka jalankan program dengan cara “Run As Administator”. Selanjutnya pilih USB dan klik Continue. Pengguna dapat menunggu proses ini dan jika sudah selesai dapat melanjutkan dengan melakukan format ulang flashdisk.

Add Comment