4 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

Cara mengatasi HP tidak bisa di charge dalam keadaan mati – Saat menggunakan smartphone dalam waktu lama maka berbagai macam kerusakan akan mulai muncul. Kerusakan-kerusakan tersebut akan mengganggu kinerja smartphone. Kerusakan itu bisa muncul akibat hardware atau software yang mengalami kerusakan.

Salah satu masalah yang sering dialami adalah baterai HP yang tidak bisa diisi daya dimana disebabkan oleh berbagai macam hal yang beragam. Hal ini akan sangat merugikan karena saat smartphone kehilangan daya tidak akan bisa dioperasionalkan dan tidak bisa digunakan. Ada beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di charge dalam keadaan mati yang bisa dilakukan dimana masalah tersebut belum tentu disebabkan oleh baterai yang sudah drop. Simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan berikut ini:

 

4 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

 

Memeriksa Sumber Daya

Kurangnya sumber daya bisa menjadi penyebab kegagalan dalam pengisian daya baterai. Kekurangan sumber daya bisa terjadi karena dua hal yang pertama adalah charger yang tidak cocok dan yang kedua berasal dari sumber daya itu sendiri. Untuk masalah yang pertama ditangani dengan cara mengganti perangkat yang sesuai, sedangkan kedua bisa dengan mengisi daya baterai langsung ke sumber listrik bukan dengan menghubungkannya melalui PC karena daya yang tidak seimbang dibandingkan dengan sumber listrik langsung. Melakukan charge pada PC juga membuat pengisian daya lebih lama.

BACA:   Cara Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

 

Pemeriksaan Baterai

Cara mengatasi HP tidak bisa di charge dalam keadaan mati selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memeriksa keadaan baterai apakah masih dalam kondisi layak pakai atau sudah drop dan harus melakukan penggantian.  Untuk memastikan kondisi baterai masih layak atau tidak ini pun sangat mudah yaitu dengan memperhatikan bentuk permukaan baterai. Jika baterai menggembung berarti baterai telah mengalami kerusakan. Khusus untuk baterai tanam penggantian baterai harus menggunakan tenaga ahli atau di tukang service.

 

Perangkat Charger

Penyebab lainnya mengapa baterai tidak bisa melakukan pengisian daya adalah pada perangkat charger itu sendiri. Hal ini bisa dengan mencoba melakukan pengisian daya pada ponsel lain apakah ponsel tersebut bisa melakukan pengisian atau tidak. Jika ponsel lain juga tidak bisa dilakukan charging maka masalahnya terletak pada charger tersebut. Agar tidak merusak baterai smartphone Anda ada baiknya jika menggunakan charger yang asli bukan yang palsu. Perhatikan pula apakah ada kabel charger yang rusak atau putus sehingga mengganggu pengisian daya smartphone tersebut.

 

Memeriksa Port USB

Untuk smartphone yang bisa di charger permasalahan sering terjadi pada port USB. Hal ini bisa Anda lakukan jika tidak menemukan masalah pada kabel charger maupun baterai Anda. Untuk memperbaiki port USB bisa dilakukan sendiri yaitu mengeluarkan baterai smartphone kemudian gunakan benda kecil dan tumpul seperti tusuk gigi atau lidi untuk mendorong port USB untuk bisa kembali ke semula. Kerusakan port USB bisa terjadi jika Anda sering melakukan bongkar pasang pada perangkat charger.

BACA:   Cara Menghilangkan Iklan di Youtube PC dan Hp Android

Masalah smartphone atau HP yang tidak bisa di charge ini menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna smartphone. Untuk bisa mengatasinya harus disesuaikan dengan penyebabnya terlebih dahulu karena setiap smartphone memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Jika pengisian daya bermasalah, lakukanlah beberapa cara mengatasi Hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati seperti yang disebutkan di atas namun jika tidak berhasil bawalah ke tukang service bisa jadi ada hardware yang mengalami kerusakan.

Add Comment