Cara Mengatasi Koneksi Internet Telkomsel Lemot

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. Dengan jutaan konsumen dari dalam negeri, tentu saja membuat telkomsel sendiri menjadi salah satu provider telekomunikasi terbaik di Indonesia.

Terlepas dari itu semua telkomsel meluncurkan jaringan 4G LTE yang memiliki kecepatan mencapai 36 Mbps. Ini tentu saja membuat para konsumen bahagia. Tapi, sayangnya ada beberapa titik, khususnya di daerah yang belum support dengan jaringan 4G ini.

Menurut beberapa kasus banyak konsumen yang mengeluh karena layanan telkomsel ini buruk? Dan mahal? Secara pribadi saya pengguna setia telkomsel dan untuk harga memang agak mahal dari provider pesaring seperti indosat ooredoo, namun selama ini saya cukup puas dengan akses kecepatan telkomsel.

Bagi Anda yang belum support jaringan 4G, maka harap bersabar dan akan segera diperbaiki. Dan bagi Anda yang sudah support jaringan 4G, namun masih saja mengalamai gangguan dan lemot atau lambat berikut kami share cara mengatasi koneksi internet telkomsel lemot. Sebelumnya itu  ada baiknya anda mengetahui apa penyebab dari koneksi internet telkomsel bisa menjadi lemot.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Telkomsel Lemot

Cara Mengatasi Koneksi Internet Telkomsel Lemot

Cara Mengatasi Koneksi Internet Telkomsel Lemot

 

Pengaturan ponsel yang belum tepat

Di pengaturan ponsel sendiri terdapat dua pilihan yang bisa anda gunakan. Pengaturan pertama adalah pengaturan dengan mode otomatis dan yang kedua menggunakan mode manual. Umumnya, mode otomatis sudah menjadi mode default dari vendor ponselnya. Mode otomatis bisa mengganti jaringan secara berkala dengan melakukan pencarian, yang selanjutnya melakukan perhitungan guna menentukan jaringan mana yang lebih baik.

Namun, yang perlu anda ketahui adalah proses ini bisa memakan waktu serta menunda koneksi, yang seolah-olah koneksi terlihat lemot. Untuk itu, silahkan beralih ke mode manual agar terhindar dari penggantian secara otomatis. Dengan melakukan cara yang satu ini, tentunya ponsel hanya akan fokus kepada satu jaringan saja.

 

Browser penuh dengan sampah

Setiap ketikan yang anda masukan ke dalam browser secara otomatis akan disimpan oleh browser yang nantinya akan menjadi list seperti:

  • Riwayat jelajah
  • Riwayat download
  • Cookie
  • Data plugin
  • Cache
  • Sandi
  • Dll

Lama kelamaan data tersebut akan semakin membesar. Saat data tersebut secara berkala tidak dihapus, tentunya akan membebani browser, dan koneksi internet yang anda miliki menjadi tidak stabil. Ada baiknya jika anda beralih browser ke google chrome saja. Hal ini dikarenakan google chrome mempunyai beberapa fitur yang lengkap dengan beban memory proses cukup rendah, dengan begitu dapat mempercepat koneksi internet.

 

Modem panas

Ketika Anda mengunakan modem untuk mengakses internet di PC atau laptop, maka perhatikan modem Anda tersebut karena jika sudah terlalu lama digunakan dan sudah panas, maka hal seperti ini dapat menyebabkan koneksi internet menjadi tidak stabil dan lemot. Seperti hanya ketika ponsel anda terkoneksi internet selama 24 jam tanpa di disconnect, tentunya jaringan juga akan terganggu.

Apakah anda pernah mengalami beberapa penyebab koneksi internet telkomel yang telah dipaparkan di atas? Jika anda pernah mengalaminya, anda tidak perlu lagi khawatir karena di bawah ini ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

 

Pengaturan jaringan LTE (4G), 3G, hingga 2G

Untuk memilih dan mengatur jaringan internet, maka silahkan anda buka pengaturan – jaringan selular – Mode jaringan. Lihatlah paket internet yang anda beli apakah menawarkan jaringan 4G atau hanya 3G. Untuk anda yang memiliki jaringan 4G, maka silahkan pilih yang paling atas, namun anda juga harus tetap memperhatikan jaringan pada lokasi yang anda tempati mana yang paling kuat. Saat jaringan 3G adalah jaringan yang terkuat, maka anda bisa memilih yang nomor 2 agar penangkapan jaringan bisa lebih efektif.

 

Restart ponsel android yang anda miliki

Cara untuk mengaktifkan ulang ponsel android yang anda miliki adalah dengan mematikan daya terlebih dahulu, kemudian menghidupkannya kembali. Jika sudah me-restartnya kembali, maka kondisi ponsel android anda bisa kembali ke posisi awal. Kemungkinan saja ketika anda menggunakan beberapa aplikasi, ternyata tiba-tiba ponsel anda terjadinya error, dengan begitu jaringan internet menjadi terganggu. Selain itu, anda juga dapat menonaktifkan sementara data selular, kemudian hidupkan lagi agar jaringan bisa dicari ulang.

 

Menggunakan stiker penguat sinyal

Anda tidak perlu menggunakan stiker penguat sinyal saat jaringan telkomsel di lokasi anda dalam keadaan baik. Stiker ini sendiri dilengkapi logam yang bermanfaat sebagai antena eksternal ponsel. Sehingga untuk anda yang sedang berada di lokasi yang minim sinyal, tentunya anda dapat menggunakan stiker ini.

Setting APN tercepat telkomsel

Setting APN tercepat telkomsel sumber gambar.

 

Setting APN tercepat telkomsel

Untuk melakukan setting APN telkomsel, maka langkah-langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Bukahlah pengaturan
  • Pilih jaringan seluler
  • Pilih Nama Poin Akses
  • Pilih telkomsel GPRS WEB
  • Aturlah Profile name : Telkomsel GPRS (isis terserah anda), APN : Telkomsel, Username : wap, dan password : wap123. Kemudian klik simpan dan anda bisa mencoba kembali agar jaringan bisa menjadi lebih cepat. Untuk anda yang mengalami masalah atau menjadi lebih lemot, maka anda bisa mengembalikannya kepada pengaturan awal.

APN Telkomsel 4G Tercepat

  • Nama : Telkomsel
  • APN : TELKOMSEL.R
  • Proxy : 202.3.208.129
  • Port : 8080
  • Nama Pengguna : kosong
  • Kata Sandi : kosong
  • Server : kosong

 

Unistal atau remove aplikasi yang memang tidak digunakan

Membersihkan file sampah dan meningkatkan kecepatan ponsel tentunya merupakan cara yang sangat efektif untuk anda lakukan guna meningkatkan jaringan internet. Selain itu, anda juga dapat mencoba menghapus atau meremove sebagian aplikasi yang memang tidak digunakan, misalnya saja seperti aplikasi edit foto dan game. Sisakan ruang pada memori internal agar ponsel anda bisa bekerja lebih ringan dengan memindahkan File pada Phone ke Micro SD Card (Memori Eksternal). Jangan lupa cek kecepatan internet Anda dengan mengguakan Speed test.

Selamat mencoba! Semoga berbagai ulasan yang telah dipaparkan di atas dapat membantu anda bagaimana cara mengatasi koneksi internet telkomsel lemot.

Add Comment