Cara Mengatasi Koneksi Internet Tri Lemot Dan Penyebabnya

Tri (3) merupakan provider telekomunikasi terbaik dengan tarif murah di Indonesia. Awal kemunculan tri banyak sekali bonus bahkan nelpon dan kirim SMS gratis itu sebabnya banyak para remaja yang mulai beralih ke provider tri. Awalnya, Kartu tri ini terkadang suka tidak ada sinyal? Atau susah sinyal, khususnya di beberapa titik di daerah karena waktu itu tower tri belum begitu banyak. Dan untungnya sekarang untuk permaslahan sinyal tri sudah lancar dan stabil.

Tidak semua daerah memiliki kualitas pancaran sinyal stabil, karena ada beberapa titik di kota  atau daerah yang masih belum terkover sinyal dengan stabil. Oleh karena itu terkadang sinyal 4G pun terasa 3G karena pancaran sinyal yang tidak menyeluruh.

Kalau kasusnya sinyal lancar, namun internet di smartphone kamu masih saja lemot maka bisa dipastikan ada yang salah pada pengaturan APN hp kamu. Kasus ini juga sama dengan koneksi Internet Telkomsel lemot dimana salah dalam seting APN.

Permasalahan ini sangat mengganggu terutama ketika menggunakan koneksi internet untuk bekerja. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi koneksi internet Tri lemot atau hilang agar bisa kembali lancar?

 

Cara Mengatasi Koneksi Internet Tri Lemot

Cara Mengatasi Koneksi Internet Tri Lemot

Cara Mengatasi Koneksi Internet Tri Lemot

 

Penyebab Internet Tri Lemot

Koneksi internet lemot atau bahkan hilang ini tak hanya dialami oleh operator Tri saja. Beberapa waktu yang lalu sebagian besar pelanggan operator seluler mengeluhkan koneksi internet ponsel mereka mengalami gangguan dan terasa lemot baik untuk sinyal 4G maupun 3G. Bahkan untuk mengakses aplikasi ringan seperti Whatsapp saja sangat lelet apa lagi buka youtube?.

  • Penataan Frekuensi

Hal ini tak lain disebabkan karena adanya penataan frekuensi di area tertentu yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pergantian spektrum frekuensi atau reframing yang diberlakukan antar operator tersebut dilakukan agar blok masing-masing operator dapat terkumpul dan lebih optimal. Pertukaran switch dari satu kanal ke kanal yang lain ini umumnya dilakukan saat tengah malam di saat aktivitas masyarakat dalam titik terendah.

  • Cuaca Buruk

Selain disebabkan karena penataan frekuensi, koneksi Tri yang lemot juga bisa disebabkan oleh cuaca buruk. Sinyal Tri sering tidak stabil saat kondisi hujan atau cuaca mendung. Jika penurunan kecepatan koneksi internet ini hanya terjadi saat gangguan cuaca saja, maka Anda tak bisa melakukan perubahan apapun untuk memperbaiki kecepatan koneksi tersebut. Lain halnya jika koneksi internet Tri yang lambat terjadi setiap saat meski cuaca cerah sekalipun, maka Anda harus melakukan perubahan pengaturan pada device yang Anda gunakan. Baca Juga: Cara mengatasi Internet Indosat Ooredoo lemot.

  • Perangkat Terserang Virus

Penyebab koneksi internet lemot pada ponsel maupun komputer bisa juga disebabkan karena perangkat tersebut terserang virus. Virus tak hanya menyerang aplikasi-aplikasi tertentu pada smartphone android, tapi juga menghambat aliran data ketika browsing. Tak hanya itu saja, menumpuknya cache, history dan cookies di ponsel juga membuat koneksi internet Tri jadi lebih lambat. Halaman browsing jadi terasa lebih berat saat loading.

  • Tempat Tinggal Jauh dari BTS (Base Transceiver Station)

Bila Anda tinggal jauh dari BTS, bisa dipastikan koneksi internet jadi lebih lemot daripada koneksi internet perangkat yang dekat BTS. Lokasi perangkat yang jauh dari BTS membuat perangkat smartphone maupun komputer bekerja lebih berat untuk menyambungkan koneksi data. Akhirnya koneksi tak hanya lemot, perangkat modem, smartphone maupun komputer juga lebih cepat panas.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Tri Lemot dan Lambat

 

Cara Mengatasi Koneksi Internet Tri Lemot dan Lambat

Perubahan settingan pada device terbukti mampu mendongkrak kualitas kecepatan internet Tri. Anda bisa melakukan perubahan settingan bagian APN koneksi internet ini di modem, tablet maupun smartphone android. Ada dua cara mengatasi koneksi internet Tri lemot atau hilang yakni sebagai berikut :

  • Metode pertama

Pada saat mengubah settingan APN Tri, gunakan username “3data”, username “3data”, password “3data” dan APN “3data”. Gunakan pula nama akses poin “3data” sehingga semua kotak pengisian data berisi “3data”. Cara ini memungkinkan kecepatan internet Tri akan lebih stabil bahkan mengalami kenaikan.

  • Metode kedua

Cara kedua meningkatkan koneksi internet Tri yang lambat yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi premium. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis untuk iOS maupun android. Pada saat halaman pengisian username dan password muncul, kosongkan kedua kotak tersebut dan langsung beralih ke kotak data APN. Isi kotak APN dengan “internet” dan nama akses point dengan “internet”. Bila Anda ingin mengisi kotak username dan password, Anda bisa mengisinya dengan “3data”.

Kedua metode di atas sudah cukup ampuh untuk meningkatkan kecepatan internet Tri. Tapi, jika kedua metode tersebut tidak berhasil, cobalah untuk mengganti mode koneksi jaringan internet hanya aktif untuk jaringan 3G/WCDMA/LTE saja. Pergantian mode koneksi jaringan internet dari 2G ke 3G secara bergantian ditengarai menjadi penyebab kenapa koneksi internet Tri lemot.

Cara terakhir untuk mendongkrak kecepatan internet Tri di device yakni dengan merestart perangkat yang Anda gunakan. Dengan restart perangkat smartphone, komputer dan tablet PC yang Anda pakai, sama saja dengan mereset jaringan sebelumnya sehingga bisa berjalan lebih lancar.

Jangan lupa untuk menghapus semua history, cache dan cookies pada browser agar proses loading bisa berjalan lebih cepat dan ringan. Apabila semua cara ini tak berhasil mendongkrak koneksi internet Tri Anda, maka sebaiknya konsultasi ke gerai Tri terdekat untuk mendapatkan solusi perubahan settingan koneksi Tri atau pindah ke lokasi yang berdekatan dengan BTS.

 

Update Cara Mendongkrak Koneksi Internet Tri

Cara mengatasi koneksi internet Tri lemot di atas terbukti bisa diterapkan untuk perangkat seperti Apple iPhone 5s, Samsung Galaxy Tab dan notebook. Bila Anda masih menghadapi permasalahan koneksi internet yang lemot atau jaringan 3G full tapi tak bisa internetan, cobalah perhatikan logo jaringan di smartphone Anda terutama di bagian yang menunjukkan status pertukaran data. Apabila hanya terdapat tulisan 3G dan tidak berubah ketika browsing, maka bisa diartikan jaringan internet Tri di kawasan Anda sedang bermasalah atau kuota internet sudah habis.

Add Comment