Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi – Perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone selalu erat hubungannya dengan jaringan internet termasuk jaringan wifi. Selain terkait dengan komunikasi dan informasi juga, laptop dan wifi juga dekat dengan tugas dan pekerjaan. Tak jarang orang-orang sengaja pergi mengunjungi tempat dengan jaringan wifi yang bagus untuk mengerjakan tugas atau pekerjaannya.Tak jarang pula untuk mengakses beberapa hiburan yang tersedia gratis di internet.Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa ada berbagai bahan atau konten yang dapat kita temukan di internet, pekerjaan, seni, hiburan, hukum, bahkan cara bertani yang mudah dengan lahan sempit.

 

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

 

Baca Juga: 8 Alat Memperkuat & Penerimaan Sinyal Wifi Laptop

Berada di wilayah dengan jaringan wifi yang kuat tetapi laptop Anda tidak bisa connect wifi. Kebingungan pasti melanda Anda saat laptop Anda tidak bisa connect wifi sedangkan laptop orang lain bisa dengan lancar tersambung dengan wifi yang ada. Hal tersebut pasti terjadi bukan tanpa sebab. Anda harus segera mencari tahu solusinya untuk dapat mengakses jaringan wifi di sekitar Anda dan mengerjakan hal yang perlu Anda kerjakan. Tak ada salahnya bukan untuk mencoba memperbaiki sendiri dan menemukan solusinya. Pertama-tama Anda harus mengecek beberapa hal sebagai langkah awal cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi:

  1. Cobalah Anda lihat apakah tombol wireless dalam laptop sudah aktif atau belum. Jika belum makanya klik untuk menyalakan. Anda juga dapat menyettingnya menjadi otomatis tersambung untuk memudahkan Anda lain waktu.
  2. Cek ulang apakah airplane mode sedang aktif atau tidak. Terkadang alasan mengapa laptop tidak bisa connect wifi karena airplane mode yang masih aktif.
  3. Solusi lainnya jika Anda berada di area dengan perang wifi yang terjangkau, coba cek perangkat wifi, apakah ada kesalahan dalam pengaturan acces point atau tidak.Pastikan semua lampu menyala.
  4. Selain itu cek kembali id dan password yang ada masukkan, apakah ada kesalahan huruf atau tidak. Tak jarang kesalahan pengetikan password menjadi masalah utama laptop Anda tidak bisa connect wifi.
  5. Anda juga bisa mengecek apakah driver enthernet control telah berfungsi di laptop Anda. Pengecekan ini dapat dilihat di device manager dengan logo tanda tanya warna kuning. Driver ethernet control ini merupakan salah satu program bawaan laptop yang harus Anda perhatikan untuk kelancaran berwifi-ria.

Baca Juga: Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah Tersimpan di Windows 10

Jika pengecekan-pengecekan tersebut sudah Anda lakukan dan tidak ada yang salah dari hal-hal tersebut. Kemungkinan Anda perlu mengatur ulang bagian Network and Internet di laptop Anda. Berikut beberapa langkah lanjutan yang bisa Anda lakukan sebagai untuk mengatasi laptop tidak bisa connect wifi:

  1. Anda perlu mengecek Network and Internet yang ada di Control Panel laptop Anda. Klik Network and Sharing Center lalu klik lagi Change Adapter Setting.
  2. Kemudian klik kanan pada Wireles Connection dan klik Properties.
  3. Selanjutnya double klik pada internet protocol version 4.
  4. Lalu checklist pada Obtain an IP address automatically dan pada Obtain DNS server address automatically, lalu klik OK.

Untuk sementara tunggulah sebentar, apakah logo segitiga kuning masih ada atau menghilang. Jika belum menghilang, kemungkinan terjadi kesalahan pada driver network. Untuk mengatasinya, diperlukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada My Computer atau This PC. Lalu klik lagi pada Manage.
  2. Selanjutnya klik lagi di Device Manager.
  3. Klik lagi pada Network adapters. Jika terdapat simbol kuning, maka ada masalah pada driver atau belum terinstal dengan benar.

Solusi lainnya ialah dengan merestart laptop Anda. Ketidakmampuan laptop Anda dalam terhubung dengan jaringan wifi bisa jadi disebabkan laptop Anda error. Oleh karena itu, Anda perlu merestart laptop Anda agar sistem kembali berjalan normal.

Pilihan lain yang dapat dicoba juga ialah merestart router. Karena ada pula kemungkinan jika yang error bukan laptop Anda melainkan router milik Anda. Oleh sebab itu, cara ini juga patut untuk dicoba.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android

Jika semua langkah tersebut sudah Anda coba tetapi gagal, kemungkinan terjadi kerusakan di hardware laptop Anda. Bisa jadi wifi card dalam laptop Anda bermasalah atau mungkin rusak. Tidak dapat dimungkiri lagi, beberapa seri laptop atau netbook memang memiliki kekurangan pada wifi card yang sensitif. Hal ini membuat Anda mau tidak mau harus menyerahkan ini pada tenaga ahli dengan segera menghubungi service center terdekat.

Pastikan Anda mendatangi service center asli alias sesuai dengan merk laptop Anda untuk menghindari penipuan dan kerusakan yang semakin parah. Anda tak perlu khawatir pada biaya yang mahal, karena rusaknya laptop Anda jika masih dalam masa garansi maka Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Namun jika tidak dan lebih memilih service biasa, maka Anda harus jeli memilih dan baiknya mencari tempat yang sudah direkomendasikan banyak orang.

Add Comment