Cara Mengatasi Limited Access Pada Wifi Indihome

Barusan hujan dan tiba-tiba internet indihome di rumah saya tidak bisa diakses saya kira internet terisolir tapi kok, ada pesan limited access dengan tanda seru warna kuning. Secara pribadi ini bukan pertama kalinya saya mengalami hal limited access pada laptop atau smartphone android.

Jika hujan atau ada cuaca buruk, internet di rumah saya kadang suka gangguan ini biasa disebabkan karena access point kurang stabil atau bisa juga karena kabel fiber optic yang sedang ada kerusakan. Apa pun itu intinya saya tidak bisa mengakses internet dengan normal.

Biasanya meskipun Limited Access sudah teratasi, tapi masih saja tidak bisa mengakses internet. Internet terhubung, tapi tidak ada akses internet? Ya, bagi Anda yang baru pertama kali mengalami hal serupa, maka jangan panik karena setiap masalah pasti ada solusi.

Pada artikel kali ini saya khusus akan membas mengenai cara mengatasi limited access pada wifi indihome di laptop dengan mudah beserta gambarnya agar Anda bisa paham.

 

Cara Mengatasi Limited Access Pada Wifi Indihome Melalui Laptop

Kenapa bisa limited access pada wifi saya? Biasanya ini ada kesalahan pada DNS atau isa jadi ada gangguan pada modem dan access poin. Berikut adalah cara mengatasi wifi limited access windows 8, windows 7, windows 10 dengan mudah. Baca: Pengertian IP Address

 

Limited Access Pada Wifi

cara mengatasi limited access pada wifi indihome

cara mengatasi limited access pada wifi indihome

Gambar diatas adalah salah satu contoh limited access pada wifi indihome dengan tanda seru warna kuning dan semua aktivitas internet tidak bisa berjalan dengan lancar.

 

  • Pertama Klik kiri pada menu wifi dan pilih Open Network and Sharing Center. Lihat contoh pada gambar berikut ini.

    cara mengatasi limited pada wifi

    cara mengatasi limited pada wifi

 

 

  • Selanjutnya akan muncul halaman baru dan pilih menu Change Adapter Settings. Lihat gambar berikut ini yang saya kasi tanda lingkaran hitam.
Change Adapter Settings

Change Adapter Settings

 

  • Pada langkah selanjutnya adalah klik Wireless network Connection atau bisa juga klik Ethernet seperti yang saya contohkan berikut ini. Klik kiri dan pilih menu Properties.

 

mengatasi internet tidak bisa diakses

mengatasi internet tidak bisa diakses

 

  •  Selanjutnya akan terbuka banyak menu dan silakan pilih Internet Protocol Version 4 (tcp/ipv4) pada properties. Klik Obtain an IP address automatically agar alamat IP pada komputer atau laptop Anda bisa diatur ulang secara otomatis. Lihat gambar berikut ini.
 Obtain an IP address automatically

Obtain an IP address automatically

  • Klik OK dan close semua tampilan pada laptop Anda. Tahap terakhir adalah restart modem Anda disini saya menggunakan modem zte F609. Gunakan lidi atau jarum tahan 3-5 detik lalu lepaskan dan modem akan terrestart secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga wifi terhubung kembali.

 

restart modem zte f609

restart modem zte f609

  • Jika sudah langsung saja realod browser Anda, maka internet bisa diakses seperti biasa.

 

Cara mengatasi limited access pada wifi indihome sangat mudah, tapi terkadang sudah dilakukan beberapa tips diatas masih tidak bisa. Caranya adalah dengan merestart ulang modem berulang kali. Dalam kasus ini saya merestart ulang modem hingga 3 kali dan hasilnya alhamdulillah bisa lancar. Jangan lupa untuk mengecek kecepatan internet Anda apakah sudah stabil?

Cara mengatasi limited access ini dapat Anda lakukan pada semua Windows termasukan Windows 7,8 dan 10. Karena biasanya kasusnya sama yaitu pada DNS nya. Jadi disini kita mengatur ulang DNS pada laptop dan mengsingkronkannya di modem.

Mungkin sebagian dari Anda ada laptop atau pc? Lalu, bagaimana cara mengatasi limited access melalui hp atau Android? Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi terutama fixed wifi. Dan restart modem Anda. Kuncinya adalah restart modem agar bisa mengulang kembali semua aktivitas jarinagn internet, sehingga wifi akan mulai dari awal.

Saya pikir sangat mudah sekali untuk mengatasi limited access pada wifi. Tinggal Anda ikuti saja tips yang sudah saya berikan tadi. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga artikel ini dapat memecahkan masalah Anda dan semoga Anda dapat mengakses internet kembali dengan normal.

Add Comment