4 Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi di Akun Apapun

Lupa kata sandi dapat dialami oleh siapa saja, termasuk kita. Kata sandi merupakan sebuah kunci berharga untuk memasuki sebuah akun. Terkadang kita suka lupa dengan password sendiri, karena banyak faktor seperti akun sudah lama tidak digunakan, password terlalu rumit, hingga yang paling berbahaya adalah kata sandi dihack oleh orang lain.

Banyak website atau aplikasi yang mengharuskan kita untuk membuat username dan password, hal ini bertujuan untuk menjaga privasi dan data pribadi kita. Ingat, jangan mudah memberikan kata sandi kepada siapa pun termasuk kepada orang yang Anda percaya. Karena kita tidak tau kedepannya apakah akun kita bisa aman?

Permaslahan lupa kata sandi ini memang rumit dan harus kita selesaikan, guna kita bisa masuk kembali ke akun tersebut. Jika Anda lupa kata sandi Facebook, Gmail, Instagram atau yang lainnya, mungkin Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

 

4 Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi di Akun Apapun

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi di Akun Apapun

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi di Akun Apapun

 

1.Gunakan Pertanyaan keamanan, Alamat email pemulihan dan Nomor telepon pemulihan

Cara mengatasi lupa kata sandi di akun pertama adalah dengan melakukan pemulihan menggunakan pertanyaan kemanan, email pemulihan dan nomor telpon. Jika Anda mengalami lupa saat memasuki kata sandi di akun apa pun, maka yang harus Anda lakukan prtama adalah meamsukan salah satu dari tiga fitur keamanan tersebut.

BACA:   Cara Buat Akun Whatsapp Tanpa Nomor Hp

Seperti contoh Anda lupa kata sandi Facebook, maka Anda dapat mengirimkan kode dengan menggunakan fitur pemulihan nomor telpon atau alamat email. Jadi, syaratnya sebelum Anda lupa kata sandi, Anda harus memasukan salah satu fitur kemanan tersebut.

 

2. Mereset Ulang Kata Sandi

Mereset ulang kata sandi dapat Anda lakukan dengan menggunakan ”Lupa password/sandi, masukan nomor ponsel atau email pemulihan dan kemudian akan dikirim link di email dan buka kemudian buat kata sandi baru. Jika menggunakan ponsel biasanya ada SMS pemulihan kode unik dan masukan, kemudian buat kata sandi baru.

 

3. Mengingat Kembali Kata Sandi

Jika cara diatas benar-benar tidak bisa, maka cara mengatasi lupa kata sandi di akun selanjutnya adalah dengan menginat kata sandi. Bisa jadi Anda pernah mencatatnya disebuah note? Coba ingat kembali apa kata sandi yang Anda buat? Misalkan mengingat nomor, nama, tempat Anda bekerja? Mencatat kata sandi ini sangat penting agar kedepannya kita dapat memasukan kata sandi yang lupa.

 

4. Menghubungi Pihak Penyedia Akun

Cara mengatasi lupa kata sandi di akun terakhir adalah dengan menghubungi provider akun tersebut. Misalkan Anda membuat akun di forum dan benar-benar lupa. Maka, Anda dapat menghubung Admin dari forum tersebut. Admin akan membantu untuk mereset password Anda dan mengubahnya ke password yang baru.

BACA:   Cara Membuat Gmail Tanpa Verifikasi Nomor HP di Android

 

Itulah tadi cara mudah untuk mengatasi lupa kata sandi. Dalam dunia digital kata sandi ini memang penting dan harus kita jaga. Salah satu cara untuk menjaga kata sandi adalah dengan mencatatnya atau membuat kata sandi kuat tapi mudah diingat?

Add Comment