4 Cara Mengecek Plagiarisme Online, Mudah dan Gratis

Bagaimana cara mengecek plagiarisme? Apakah artikel Anda di copy oleh orang lain? Dan ingin mengecek duplikat konten pada artikel Anda? Kejujuran memang menjadi sikap yang perlu dijunjung tinggi di setiap kesempatan, tidak terkecuali di dunia tulis menulis. Di internet banyak ditemukan artikel-artikel mengenai beragam topik. Tak jarang ada tulisan-tulisan yang mirip dengan topik yang sama dari website yang berbeda. Tulisan yang serupa ini bisa merupakan hasil dari plagiarisme.

Plagiarisme ini adalah hal yang dilarang dalam dunia tulis menulis, sayangnya masih ada saja oknum-oknum yang melakukan plagiarisme dan dengan mudahnya mengambil karya orang lain untuk disadur dengan minim editan atau bahkan tanpa ada perubahan sama sekali. Tindakan plagiarisme ini bukanlah tindakan yang benar dan perlu untuk ditangani dengan serius. Tapi pertanyaannya bagaimana cara mengetahui suatu karya itu adalah hasil plagiarisme atau bukan? Kini ada banyak cara mengecek plagiarisme yang bisa dilakukan mulai dari yang online maupun offilne.

 

4 Tools untuk Cek Plagiarisme Online Pada Artikel

 

Plagiarisme muncul salah satunya karena perkembangan teknologi yang semakin maju. Tapi seiring dengan hal tersebut ada pula program yang dimunculkan sebagai cara mengecek plagiarisme. Ada beberapa langkah untuk mengecek plagiarisme yang dapat dilakukan dengan bantuan internet, diantaranya:

BACA:   10+ Situs Download Anime Subtitle Indonesia Terbaik Dan Gratis

 

1. Copyscape

Copyscape Dupikat

Copyscape Dupikat

 

Aplikasi dalam bentuk website ini dapat Anda akses dengan mudah dan gratis. Anda hanya perlu mengakses halaman website dari Copyscape dan mulai menggunakan fitur pengecekan plagiarisme yang dipunyainya. Aplikasi ini dapat membantu mendeteksi adanya tindak plagiarisme pada sebuah karya tulisan. Bahkan tidak hanya itu, lewat Copyscape ini bahkan Anda bisa tahu situs-situs mana saja yang menunjukkan adanya indikasi plagiarisme pada konten-kontennya. Fitur pendeteksi situs berkonten plagiarisme ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang menggunakan versi Copyscape berbayar. Tapi fitur pengecekan plagiarisme pada karya tulis bisa dilakukan pada versi gratis alias tidak berbayar.

Cara mengecek plagiarisme dengan aplikasi ini cukup mudah yaitu dengan meng-copy­-kan alamat dari artikel terduga plagiarisme kemudian mem-paste­­-kannya pada kota search. Lanjutkan dengan klik “Go. Beberapa saat kemudian akan muncul daftar halaman website yang diduga menjadi sumber dari plagiarisme artikel tadi.

 

2. Unicheck Tool Mengecek Plagiarisme

Unicheck Tool Mengecek Plagiarisme

Unicheck Tool Mengecek Plagiaris

 

Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi bernama Unicheck. Aplikasi ini sudah cukup populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari akademisi, dosen, penulis hingga editor. Unicheck ini cukup detail ketika melakukan pengecekan terhadap suatu karya tulis tertentu. Pengecekan ini bisa menghasilkan hingga miliar halaman sumber dari artikel atau karya tulis yang bersangkutan.

BACA:   7 Situs untuk Membuat CV Kreatif, Menarik dan Mudah

Aplikasi online ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Tentunya versi gratis tersedia dengan beberapa batasan tertentu. Unicheck versi gratis hanya bisa dinikmati oleh pengguna selama 14 hari saja dan selepas itu harus dilakukan pembelian oleh pengguna.

 

3. SmallSEOtools Plagiarism Checker

SmallSEOtools Plagiarism Checker Tool

 

Aplikasi ini juga termasuk yang sudah banyak dipakai karena penggunaannya yang mudah. SmallSEOtools ini bisa digunakan untuk mengetahui kualitas artikel yang ada di website tertentu. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa diakses oleh siapa saja. Cukup terhubung dengan koneksi internet maka Anda bisa langsung mengecek tulisan dengan aplikasi ini.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang aplikasi ini antara lain kapasitasnya yang hanya bisa melakukan pengecekan pada tulisan dengan panjang maksimal 1000 kata. Tidak perlu khawatir jika memiliki tulisan dengan jumlah kata lebih banyak karena Anda bisa memisahkannya menjadi beberapa bagian sebelum mengeceknya. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah yaitu hanya dengan melakukan copy pada tulisan yang ingin dicek kemudian di-paste-kan pada kotak yang ada. Hasil dari pengecekan ini akan muncul dalam waktu tidak lama.

 

4. DupliChecker

DupliChecker

DupliChecker

 

Aplikasi online yang satu ini juga punya fungsi utama untuk mendeteksi adanya plagiarisme dalam suatu tulisan. Aplikasi ini seperti kebanyakan yang lain juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya memiliki fitur-fitur yang cukup terbatas sehingga jika membutuhkan banyak pengecekan yang mendalam akan lebih baik untuk membeli versi berbayarnya.Pada versi gratis Anda sebagai pengguna hanya bisa melakukan pengecekan satu kali sehari dengan batas maksimal tulisan sebanyak 1500 kata.

BACA:   5 Situs Menerima SMS Online Untuk Verifikasi Gratis

Melalui aplikasi ini sebuah tulisan dapat diketahui melakukan plagiat atau tidak dengan cara meng-copy-nya kemudian me­­-paste­-­kan ke kotak yang ada. Selain itu Anda juga bisa meletakkan urlnya saja dari suatu situs yang diindikasi melakukan plagiat. Setelah itu aplikasi ini akan mulai bekerja dan menampilkan hasil pencarian berupa link dari situs diduga diplagiat oleh tulisan yang sudah dimasukkan sebelumnya.

Cara mengecek plagiarisme dengan aplikasi online ini dapat sangat membantu banyak pihak mulai dari editor hingga akademisi untuk mendeteksi kecurangan dengan lebih mudah. Adanya aplikasi semacam ini diharapkan dapat semakin menekan tindakan plagiarisme yang ada karena bisa menimbulkan banyak kerugian bagi banyak pihak. Tulisan-tulisan hasil plagiarisme ini tak lebih hanya tulisan sampah yang dibuat tanpa usaha sama sekali dan mencederai usaha yang telah dilakukan oleh si pembuat tulisan aslinya.

Add Comment