Cara Mengetahui IP Address Setiap Perangkat

Cara mengetahui IP address – Bagi anda yang sedang berkecimpung di dunia jaringan perangkat, mungkin cukup familiar dengan istilah yang satu ini. IP address sering kali dipahami sebagai identitas dari masing-masing perangkat yang saling terhubung supaya data yang dikirimkan maupun diterima tidak saling bertabrakan dan tertukar. Umumnya, hampir semua jaringan yang menghubungkan antar perangkat mengadopsi model client-server. Yaitu di mana ada sebuah komputer yang menjadi server, dan beberapa perangkat lain yang terhubung akan menjadi clientnya.

Nah, semua perangkat baik yang menjadi client maupun server tersebut memiliki IP address sebagai identitasnya masing-masing. Ada beberapa cara mengetahui IP address berdasarkan perangkat yang digunakan dalam jaringan. Namun sebelum itu, ada baiknya anda mengetahui pengertian dan fungsi dari IP address itu sendiri.

 

Pengertian dan Fungsi IP Address

IP Address atau Internet Protocol Address adalah sekumpulan angka biner unik yang tersusun berdasarkan kisaran bit yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke suatu jaringan. Umumnya, sebuah IP address disusun dengan kisaran antara 32 bit hingga 128 bit. Contoh dalam komputer, anda bisa menemukan pengaturan dua IP address tersebut yang terbagi menjadi IPv4 dan IPv6. Adanya IPv6 menjadi alternatif jika IPv4 sudah tidak mampu lagi menampung perangkat yang tersambung dari seluruh dunia. Tentu saja hal tersebut bisa saja terjadi mengingat saat ini, kemajuan teknologi selalu berkembang setiap harinya.

Cara Mengetahui IP Address Setiap Perangkat

Cara Mengetahui IP Address Setiap Perangkat

 

Sedangkan untuk fungsinya, IP address memiliki 3 fungsi dasar, yang pertama yaitu sebagai alat identifikasi host. IP address dalam hal ini berfungsi sebagai “KTP” bagi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Tentu setiap perangkat akan memiliki IP address yang berbeda-beda dan tidak akan ada yang sama. Fungsi selanjutnya yaitu sebagai alamat lokasi jaringan. Dengan melihat IP address, informasi mengenai dari mana perangkat tersebut terhubung bisa dengan mudah terdeteksi.

Lalu bagaimana cara mengetahui IP address pada sebuah perangkat? Berikut adalah caranya.

 

Cara Mengetahui IP Address

Cara mengetahui IP address secara umum terbagi menjadi 3 cara berdasarkan perangkat yang digunakan untuk menyambung ke jaringan, yaitu smartphone, komputer, dan modem.

 

Cara Cek IP Address Smartphone

Untuk mengetahui IP address di smartphone, ada tiga cara yang bisa dilakukan.

  • Melalui Website

Cara yang pertama adalah dengan melalui website. Anda bisa membuka beberapa alamat website yang menyediakan informasi IP address smartphone yang anda gunakan. Beberapa alamat website berikut ini bisa anda gunakan untuk mengetahui IP address smartphone anda baik yang menggunakan sistem operasi Android, iOS, maupun Windows. Berikut adalah alamatnya: http://www.localhost.com , http://www.intip.net , dan http://www.ipsaya.com. http://www.localhost.com cenderung memiliki tampilan yang sederhana. jika anda ingin melihat dengan detail IP address anda, maka opsi dua website terakhir bisa anda coba.

  • Melalui Menu Wifi

Cara yang kedua untuk mengetahui IP address smartphone anda adalah dengan masuk ke menu pengaturan Wifi anda. Caranya sangat mudah, saat anda sudah mulai terhubung dengan jaringan, anda hanya perlu mengklik wifi yang sedang terhubung tersebut. Di situ anda akan menemukan informasi mengenai IP address anda dilengkapi dengan informasi kekuatan sinyal, kecepatan Wifi, hingga keamanan Wifi yang digunakan.

  • Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika anda tidak mau ribet, anda juga bisa mengunduh aplikasi dari toko aplikasi smartphone anda. saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk mengetahui IP address pada smartphone. Salah satu aplikasi yang bisa anda unduh adalah MyIP yang hanya berukuran sekitar 16KB. Aplikasi tersebut akan memberikan informasi mengenai IP address, nama host, dan juga jenis sambungan anda.

 

Cara Cek IP Address Komputer

Ada dua cara untuk mengecek IP address pada komputer. Beikut adalah caranya.

  • Melalui Command Prompt

Untuk menggunakan command prompt, anda perlu menemukan kolom pencarian terlebih dahulu. Silahkan masuk ke menu Start lalu pilih pilihan Run. Atau anda juga bisa dengan cepat membuka kolom pencarian dengan menekan kombinasi tombol Win+R. Setelah kolom pencarian terbuka, anda bisa mengetikkan CMD pada kolom pencarian tersebut. Setelah itu, jendela command prompt akan terbuka. Pada jendela command prompt, ketikkan ipconfig untuk melihat IP address komputer anda.

  • Melalui Website

Sama halnya dengan cara mengetahui IP address pada smartphone, anda juga bisa mengecek IP address komputer anda melalui website. Beberapa website yang bisa anda kunjungi untuk mengetahui IP address anda adalah http://whatismyipaddress.com dan http://ipaddress.com. Anda akan menemukan informasi seputar IP address komputer anda, ISP, Netspeed, Proxy, sistem operasi, hingga negara anda.

 

Cara Cek IP Address Modem

Jika anda ingin mengubah konfigurasi pada modem anda, maka anda harus mengetahui IP addressnya terlebih dahulu. Berikut adalah caranya.

  • Klik Start pilih Control Panel, lalu pilih Network and Internet, pilih Network and Sharing Center, dan yang terkhir pilih Local area Network.
  • Pilih menu profil koneksi modem yang digunakan.
  • Klik kanan pada profil modem tersebut lalu masuk ke menu Status.
  • Selanjutnya akan muncul jendela baru yang berisi konfigurasi IP address komputer anda.
  • Klik opsi Details untuk melihat secara penuh informasi yang disajikan.
  • Angka yang ada pada kolom Gateway adalah IP address modem anda.

Nah, demikianlah beberapa cara mengetahui IP address yang bisa anda praktekkan. Sesuaikan perangkat yang anda gunakan dengan cara-cara di atas. Anda tentu juga bisa memilih, kira-kira cara mana yang menurut anda paling mudah digunakan.

 

Add Comment