7 Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Efektif

Kuota internet memang menjadi kebutuhan kita dalam beraktivitas di internet. Setiap hari kita membuka media sosial, browsing, streaming hingga bermain game semua itu tentu saja menggunakan kuota. Harga kuota memang sangat bervareasi, tapi kebanyakan sekarang ini harga kuota cukup mahal apa lagi bagi teman-teman yang di daerah tentu harganya lebih mahal?

Kecendrungan kita dalam mengakses internet ini memang bukan lagi hal yang baru sebab dengan menggunakan internet kita mendapatkan banyak manfaat terutama wawasan, informasi, ide dan hiburan. Nah, bagaimana cara menghemat kuota internet?

Bagi kamu yang selalu boros dalam menggunakan kuota internet, maka pada artikel kali ini saya akan berbagai sedikit tips cerdas cara menghemat kuota internet agar lebih hemat. Baca Juga: Harga paket internet telkomsel

 

7 Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Efektif

7 Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Efektif

7 Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Efektif

 

1.Gunakan Kuota Seperlunya

Ketika kamu memiliki banyak kuota, maka jangan langsung dihabiskan untuk menginstall aplikasi di playstore atau streaming youtube. Gunakan kuota seperluanya saja dan untuk aktivitas internet yang memakan banyak kuota sebaiknya kamu lakukan dengan menggunakan jaringan wifi. Itu tentu saja akan menghemat kuota internet pada ponsel kamu.

Gunakan aplikasi media sosial yang ringan saja, misalkan Facebook Lite. Facebook Lite ini akan menghemat sedikit kuota internet kamu dan jangan buka Facebook menggunakan browser karena itu akan memakan banyak sekali kuota. Baca Juga: Harg paket internet XL

 

2. Streaming Youtube Secara Offline Atau Gunakan Youtube GO

Bagi kamu yang suka streaming video di yoitube, maka sekarang ubah kebiasaan kamu untuk mengunduhnya dan nontonnya secara offline. Kamu bisa pergi ke cafe wifi atau ke rumah teman yang ada wifinya kemudian pilih video yang akan kamu tonton. Download video tesebut melalui aplikasi youtube dan youtube go, sehingga kuota kamu lebih hemat.

Youtube ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan kuota internet cepat habis, nah jika sudah tau demikian. Maka, sebaiknya kamu mulai mengurangi membuka youtube secara online.

 

3. Matikan Data Ketika Sedang Istirahat

Mematikan data ketika sedang tidur atau istirahat setidaknya akan membantu untuk menghemat kuota internet kamu. Beberapa notifikasi dan auto update pada ponsel kerap kali memakan banyak data, oleh sebab itu ketika kamu sedang istirahat, sebaiknya untuk menonaktifkan data internet pada ponsel kamu.

 

4. Ubah Map Ke Pengaturan Offline

Taukah kamu, bahwa map ini termasuk penyebab kuota kamu cepat habis. Untuk menghemat kuota internet sebaiknya kamu mematikan fitur map online ini. Dengan begitu setidaknya kuota kamu akan lebih hemat. Kamu juga dapat menggunakan map gps untuk menghemat kota karena dengan fitur offline ini tentu tidak akan memakan paket data.

 

5.Gunakan Browser Yang Rigan

Gunakan browser yang ringan dan cepat sehingga kuota pada ponsel kamu tidak banyak terpakai saat melakukan aktivitas browsing. Browser opera mini dan Google chrome adalah jenis browser yang bagus untuk kamu gunakan. Karena kedua browser tersebut cepat dan untuk browser opera mini terdapat fitur pemblokiran iklan sehingga tidak memakan banyak kuota kamu.

 

6. Nonaktifkan Update Otomatis

Auto update adalah faktor yang sangat mempengaruhi kuota internet kamu cepat habis. Untuk melakukan update sebaiknya kamu pilih fitur wifi. Jadi ketika ponsel kamu terhubung dengan wifi, maka semua aplikasi akan terupdate secara otomatis tanpa memakan kuota sedikit pun.

 

7.Batasi Penggunaan Mobile Data

Ketika berselancar di internet kamu seakan askin dan tidak ingat seberapa besar data internet yang sedang kamu gunakan? Cara cerdas untuk menghemat kuota internet adalah dengan membatasi penggunaan mobile data dan mengaktifkan peringatan. Kamu bisa pergi ke pengaturan data dan aktifkan peringatan setelah berapa GB kuota yang kamu gunakan.

Belilah paket internet sesuai dengan kebutuhan kamu, karena sekarang ini harga paket internet atau kuota cukup mahal. Baa Juga cara mendapatkan kuota gratis 1GB dari telkomsel. Tidak banyak yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan membaca artikel mengenai cara menghemat kuota internet diatas dapat membantu kamu untuk berhati-hati dalam menggunakan kuota, sehingga kuota bisa terpakai dengan wajar dan hemat.

Add Comment