Cara Menghemat Listrik Agar Tidak Boros

Listrik merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita hindari, pasalnya hampir semua aktivitas berhubungan erat dengan yang namanya listrik. Misalkan untuk menyalakan lampu, kita membutuhkan tenaga listrik, menyalakan mesin cuci, ase, tv dan lain sebagainya. Semua itu sangat tergantung sekali dengan listrik.

Meskipun sekarang ini ada kebijakan pencabutan subsidi listrik dan terbitnya kebijakan baru dimana setiap masyarakat harus menggunakan voucher ini tentu saja masih pro dan kontar. Pasalnya ada yang merasa harga listrik mahal dan ada pula merasa biasa-biasa saja. Bagi Anda yang selalu mengeluh dengan tarif listrik di rumah mahal. Maka Anda harus mengecek terlebih dahulu berapa watt kilometer yang Anda gunakan?

Untuk yang memiliki tegangan antara 900 VA atau bisa juga disebut sebagai golongan rumah tangga kecil anda tidak mendapatkan subsidi. Dan daya 1300 VA, 2200 VA, 3500 sd 5500 VA juga termasuk non subsidi. Jadi jangan heran jika listrik di rumah Anda berbeda dengan yang ada pada di daerah perdesaan.

Semakin besar daya yang Anda gunakan, maka semakin besar pula pengeluaran yang akan dibebani kepda Anda. Baiklah, pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit cara menghemat listrik agar tidak boros.

 

Cara Menghemat Listrik Agar Tidak Boros

 

1.Matikan Lampu Ketika Matahari Terbih Dan Nyalakan Lampu Ketika Sudah Gelap

Matikan Lampu Ketika Matahari Terbih Dan Nyalakan Lampu Ketika Sudah Gelap

Matikan Lampu Ketika Matahari Terbih Dan Nyalakan Lampu Ketika Sudah Gelap

 

Memang tidak bisa dihindari lampu merupakan kebutuhan untuk penerangan. Bagi Anda yang suka menylakan lampu pada waktu tertentu, ya mulai sekarang Anda harus mengatur itu. Milimal Anda menylakan lampu ketika maghrib tiba dan mematikan lampu ketika fajar sudah tiba. Ini tentu saja akan lebih menghemat listrik dari pada Anda menghidupkan lampu lebih awal dan mematikannya lebih telat. Saya sering melihat orang mematikan lampu hingga siang hari antara pukul 7-8 pagi.

Bagaimana dengan yang di apartemen dan ruangan tertutup yang selalu memerlukan pencahayaan? Anda dapat mematikan lampu ketika pergi keluar rumah atau apartemen karena itu akan lebih menghemat daya listrik. Coba bayangkan ketika Anda pergi kerja semua lampu di rumah Anda menyala? Dan Anda kembali pada sore hari? Terus lampu itu menyala dan menyala? Apa yang terjadi? Yang pasti pembengkakan tagihan rekening listrik itu sudah pasti belum lagi AC dan lain sebagainya.

 

2.Gunakan AC dan Kipas Angin Seperluanya

Gunakan AC dan Kipas Angin Seperluanya 

Gunakan AC dan Kipas Angin Seperluanya

 

Cara menghemat listrik selanjutnya adalah gunakan AC dan kipas angin seperlunya saja. AC sebagai pendingin ruangan merupakan kebutuhan yang harus kita penuhi dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi AC ini lebih banyak memakan daya watt pada listrik. Oleh sebab itu Anda harus menggunakan AC seperlunya dan jangan sampai AC hidup terus menerus full. Selain AC kipas angin juga banyak memakan energi listri. Anda harus menggunakannya seperlunya saja jangan dinyalakan dalam keadaan tidak diperlukan. Alternatif lain adalah Anda bisa membeli atau mengganti AC yang lebih hemat energai. Ini tentu akan menghemat listrik di rumah Anda.

 

3.Gunakan Mesin Cuci Dan Pengering Seperlunya

Cara Menghemat Listrik Agar Tidak Boros

 

Anda harus pandai dalam mengatur jadwal mencuci, karena mesin cuci dan pengering ini banyak sekali memakan daya energi listrik. Tidak heran jika Anda membayar listrik lebih mahal dari biasanya karena sering menggunakan mesin cuci. Anda harus mengatur jadwal mencuci dengan tepat misalkan dalam seminggu Anda harus mencuci sebanyak dua kali sampai tiga kali. Jika Anda mencuci setiap hari ini tentu saja akan menambah beban listrik semakin mahal?

 

4.Gunakan Lemari Es Dengan Bijak

Gunakan Lemari Es Dengan Bijak

Gunakan Lemari Es Dengan Bijak

 

Lemari es ini salah satu elektronik yang harus menyala setiap waktu. Untuk watt lemari es ini memang sangat bervareasi tergantung harga dan mereknya. Jika Anda berencana ingin mengganti lemari es, maka saran saya adalah Anda pilih lemari es yang memakan daya listrik lebih hemat. Gunakan lemari es secara bijak dan ketika Anda hendap pergi ke luar dalam waktu yang cukup lama ya, katanya 1-3 hari. Sebaiknya Anda mencabut kabel lemari es. Kosongkan semua barang yang ada di dalam nya sehingga tidak membusuk.

 

5.Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Gunakan Meteran Dengan Sistem Pulsa

Gunakan Meteran Dengan Sistem Pulsa

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan tidak tetap dan gaji standar, mungkin Anda bisa mengganti kilometer listrik dengan sistem pulsa. Kita tau bahwa gaji kita di Indonesia ini terkadang untuk makan saja tidak cukup sedangkan listrik harus kita bayar setiap waktu? Solusinya adalah Anda harus menggantinya dengan sistem pulsa. Jika suatu saat nanti Anda mendapatkan rejeki lebih ya, Anda bisa isi voucher pulsa listrik lebih banyak? Itu akan mengurangi beban rumah tangga. Baca Juga: Cara beli token listrik di shopee

 

6. Menggunakan Solar Cell

Menggunakan Solar Cell

Menggunakan Solar Cell

 

Solusi untuk menghemat listirk adalah dengan menggunakan solar cell. Apa itu solar cell? Solar cell merupakan teknologi yang biasa digunakan untuk mengubah energi matahari (Surya) Menjadi listrik. Anda dapat cari di toko online atau di pasar banyak yang jual solar cell. Jika musim panas Anda dapat menghemat listrik lebih besar karena energi listrik dapat ditampung ke dalam aki atau baterai.

Sebenarnya masih ada banyak sekali cara menghemat listrik ini. Tinggal bagaimana kesadaran kita masing-masing saja. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Anda harus tau apa saja yang penting dan tidak? Jangan lupa untuk menggunakan lampu LED karena itu lebih hemat energi selain itu harganya juga cukup murah.

Add Comment