4 Cara Seting APN Indosat yang Tepat dan Benar

Cara seting APN Indosat – Indosat ini menjadi salah satu pilihan provider internet yang murah meriah dan merakyat sehingga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya ada beberapa masalah yang sering terjadi saat menggunakan provider Indosat ini dimana paket tidak bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu penyebabnya adalah salah melakukan setting APN, hal itu dikarenakan setiap jaringan dan paket internet yang ditawarkan ini memiliki APN yang berbeda-beda.  Dengan mengatur APN yang sesuai, paket internet yang Anda gunakan harusnya bisa berjalan dengan lancar. Lalu yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana cara seting APN Indosat dengan benar? Simak tata caranya berikut ini:

 

 Cara Seting APN Indosat

Cara pertama adalah dengan melalui menu pengaturan. Silahkan buka menu setting di smartphone Anda, kemudian ketuk Network dan Internet kemudian pilihlah Mobile Network. Setelah itu Anda bisa masuk ke pengaturan APN, hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah pilih Access Point Names. Pada halaman APNs ini Anda tinggal menambahkan pengaturan baru dengan menambahkan tanda + atau plus. Kemudian mulailah untuk melakukan setting APN dengan memilih APN dengan Indosat-GPRS, kemudian pilih tiga ikon titik kanan atas, pilih save.

Cara Seting APN Indosat

Cara Seting APN Indosat

 

BACA:   4 Cara seting APN AXIS Terbaru

Cara Kedua

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda pengguna iPhone. Silahkan Anda masuk ke menu pengaturan kemudian pilihlah opsi cellular.  Setelah itu pilihlah Cellular data Network kemudian Anda bisa melakukan pengaturan dengan mengisi APN dengan nama internet, isikan username dan juga passwordnya. Pada bagian bawah Anda bisa melakukan setting MMS dengan memberikan nama APN mms, username wap, kemudian isikan passwordnya.

 

Cara Ketiga

Cara seting APN Indosat yang ketiga adalah dengan mengembalikan setting APN ke default Indosat. Caranya pun sangat mudah dimana Anda bisa mengisi APN dengan indosatgprs, jenis APN default.supl, kemudian kata sandinya adalah indosat, MCC 510, MMSC kosongkan, MNC isikan dengan 01, Nama APN indosat apn 1, nama pengguna Indosat, Port 8080, port mms kosongkan, protokol APN ipv4, protokol roaming apn ipv4, proxy 10.19.19.19, proxy mms kosongkan, dan yang terakhir server kosongkan.

Cara ini bisa Anda coba jika cara kedua diatas tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Banyak yang membuktikan cara ini ampuh untuk membuat provider Indosat Anda bisa digunakan internetan seperti biasa.

Baca: Cara Registrasi Kartu

 

Setting APN 4G

APN 4G ini bisa dilakukan jika provider Indosat Anda sudah support jaringan internet 4G LTE. Pastikan pula jika smartphone yang Anda miliki ini juga sudah support jaringan 4G LTE. Untuk melakukan setting ini Anda bisa mengisikan nama INDOSAT, kemudian APN internet. Anda kemudian harus mengosongkan proxy, port, username, password, MMS proxy, MMS Port. Untuk MCC isikan dengan angka 510, untuk MNC isikan angka 01. Khusus untuk authentication silahkan kosongkan. Isikan APN Type dengan default.supl, APN protocol ipv4, APN roaming protocol ipv4.

Cara Seting APN Indosat yang Tepat dan Benar

Cara Seting APN Indosat yang Tepat dan Benar

 

BACA:   Daftar Harga Paket Internet XL Murah 2019

 

Apa itu APN?

Setelah Anda tahu beberapa cara mengatur APN Indosat, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu APN? APN adalah singkatan dari Access Point Name yang menjadi istilah untuk menyebut gateway antara jaringan seluler GSM, 3G, atau 4G, maupun jaringan lainnya. Biasanya sebelum menggunakan smartphone Android atau iPhone Anda harus melakukan setting APN terlebih dahulu agar internet bisa digunakan di Smartphone Anda. Jika belum di setting internet tidak akan bisa digunakan pada perangkat apapun. Baca: Cara Cek Nomor HP Sendiri

Demikianlah beberapa cara seting APN Indosat secara maksimal yang bisa Anda lakukan, jika belum berhasil cobalah untuk mengulangi setting yang Anda lakukan karena kelewat satu settingan saja akan berpengaruh terhadap internet Anda.

Add Comment