9 Cloud Storage Terbaik Untuk Menyimpan dan Backup File Dokumen

Cloud Storage Terbaik Untuk Menyimpan dan Backup File – Bingung cara backup yang aman dan Anda juga masih belum tau cara menyimpan file, gambar, dokumen, video dengan aman dan mudah? Cara paling aman untuk menyimpan segala data adalah melalui Cloud Storage. Anda dapat mengakses semua dokumen dengan mudah di berbagai perangkat hanya dengan memasukan data login.

Cloud Storage adalah tempat penyimpanan modern yang dilakukan secara online. Jadi saat komputer atau perangkat kita rusak, semua data masih tetap aman. Berbeda dengan tempat penyimpanan seperti hardisk, flashdisk dan micro sd card dimana tempat penyimpanan tersebut mudah rusak dan yang lebih parah jika sudah hilang semua data penting kita lenyap.

Oleh sebab itu penting rasanya untuk mengamankan semua data penting kita melalui Cloud Storage sebagai tempat penyimpanan online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Berikut adalah rekomendasi Cloud Storage terbaik untuk wadah penyimpanan dan backup data penting.

9 Cloud Storage Terbaik Untuk Menyimpan dan Backup File, Dokumen, Foto, Video dan Data Penting

 

1. Google Drive

 

Google Drive merupakan Cloud Storage terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. Dengan Google Drive ini semua data-data penting Anda terbackup dengan aman. Anda hanya perlu login ke akun Gmail dan kemudian mengaksesnya di perangkat apa pun seperti table, smartphone, komputer kantor, laptop pribadi dan lain sebagainya. Kelebihan dari Google Drive ini adalah ruang penyimpanannya cukup besar yaitu 15GB dan untuk mendapatkan ruang yang lebih besar katakan 100GB, maka Anda harus membayr Rp 269.000 / tahun. Untuk harga segitu anda sudah dapat menyimpan berbagai file penting.

BACA:   Fungsi iCloud pada iPhone

 

2. pCloud

pCloud

pCloud penyimpanan

 

Penyimpanan online terbaik selanjutnya adalah pCloud. Jika Anda ingin menyingkronkan gambar dan video secara online melalui smartphone Anda, maka pCloud adalah yang paling terbaik. pCloud merupakan Cloud Storage untuk segala penyimpanan. Selain itu pCloud juga dilengkapi dengan Enkripsi, sehingga kemanan data pribadi Anda dijaga dengan ketat dan aman.

Seperti halnya Cloud lainnya, pCloud ini juga memungkinkan Anda untuk mengakses semua data dengan mudah melalui berbagai perangkat. Untuk pertama daftar, Anda akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 10GB dan program lain yang ditawarkan pCloud adalah mengundang teman dan mendapatkan 500GB gratis lifetime. Silakan daftar disini dan dapatkan penyimpanan lebih banyak.

Kelebihan lain yang mungkin tidak akan Anda dapatkan di layanan Cloud lain adalah adanya penawaran lifetime. Jadi di beberapa layanan Cloud umumnya mereka menawarkan layanan langganan bulanan atau tahunan dan untuk pCloud Anda dapat membeli 500GB Storage dengan harga $175 dan juga Premium Plus 2TB hanya dengan membayar $350. Saya kira ini benar-benar mudah dan coba bayangkan itu sekali bayar loh! Jadi kalau Anda beli 2TB, maka dapat digunakan seumur hidup, tanpa harus pusing memikirkan biaya bulanan atau tahunan. Terdapat juga langganan tahunan seharga $47.88 atau $3.99 /mo untuk Premium 500GB dan harga Premium Plus 2TB $ 7.99 /mo jika berlangganan pertahun jadi $95.88.

 

3. NextCloud

NextCloud

NextCloud

 

NextCloud adalah rekomendasi Cloud yang cukup bagus untuk menyimpan dan mengamankan semua jenis file termasuk dokumen penting Anda. Seperti halnya layanan lain Anda dapat menyimpanan data penting Anda dan mengontrol, memonitor dan mengaksesnya di berbagai perangkat.

Software Nextcloud dapat diinstal secara gratis di Linux dan juga beberapa OS seperti Windows, OS X, atau Linux. Aplikasi seluler juga tersedia untuk Android dan iOS.

Nextcloud adalah cabang dari proyek ownCloud, yang dikembangkan oleh banyak anggota asli tim ownCloud. Kedua proyek memiliki banyak kesamaan, tetapi berbeda dalam antarmuka mereka, serta dalam perjanjian lisensi masing-masing, terutama untuk edisi Enterprise.

BACA:   Cara Mendapatkan 25 GB Penyimpanan Dropbox Gratis

 

4. Zenkit

Zenkit

Zenkit

 

Zenkit bisa dikatakan salah satu layanan penyimpanan Cloud yang cukup populer dan recomended untuk backup berbagai file. Kelebihan dari Zenkit adalah Anda bisa saling berbagi file dan dokumen kepada orang lain dengan mudah dan aman. Zenkit ini Cloud untuk mengelola file yang bersifat persoal/ rahasia atau juga dapat diandalkan untuk keperluan pekerjaan. Sayangnya untuk versi gratis, Anda hanya mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 1GB. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari $9 per user, hingga harga custom sendiri dengan cara menghubungi pihak manajemen meereka.

 

5. Mega

Mega

Mega

 

Penyimpanan berbasis Cloud Storage Mega terbaik untuk backup berbagai data penting milik Anda pribadi. Mega menawarkan 50GB gratis untuk pertama kali mendaftar. Semua data, privasi dijaga dengan aman dan rahasia. Kelebihan lain dari Mega adalah terdapat fitur enkripsi end-to-end sehingga semua file dan data yang disimpan di dalamnya tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Mega juga menawarkan penyimpanan premium dimulai dengan harga Rp77.938/ bulan dengan kapasitas penyimpanan 200GB atau paket yang paling besar adalah Rp468.408/ bulan dengan kapasitas 8TB.

Terdapat pula bonus ruang penyimpanan, yaitu 20GB untuk install Mega di PC/ Laptop, 15GB untuk install di android dan 10GB untuk setiap menundang teman melalui email.

 

6. OwnCloud

OwnCloud

 

Rekomendasi Cloud selanjutnya adalah OwnCloud. Layanan penyimpanan ini termasuk banyak digunakan karena diklaim telah digunakan lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia. OwnCloud memberikan tingkat keamanan tinggi dalam menyimpan file dan data pribadi Anda,  sehingga kita tidak perlu kahwatir. Anda dapat dengan leluasa menyimpan berbagai data pribadi seperti foto, video, dokumen penting dan lain sebagainya.

 

7. Media Fire

Media Fire

Media Fire

 

Media Fire merupakan media penyimpanan cloud gratis terbaik yang digunakan untuk keperluan penyimpanan dokumen, foto, file dan data penting lainnya. Saat ini Media Fire memberikan kuota gratis sebesar 10GB untuk pertama kali mendaftar. Seperti layanan Cloud lainnya, Media Fire juga akan memberikan bonus.

BACA:   Cara Mendapatkan 25 GB Penyimpanan Dropbox Gratis

Media Fire memungkinkan pengunggahan banyak file sekaligus dari browser mana pun yang merupakan fitur unik dan membuatnya berbeda dari yang lain. Pengorganisasian file dalam pengelola file Media Fire menjadi lebih mudah.

 

8. Dropbox

Dropbox

Dropbox

 

Dropbox adalah salah satu penyimpanan Cloud gratis yang paling populer di dunia. Sayangnya untuk versi gratis Anda hanya dapat sekitar 2GB saya dan untuk mendapatkan ruang lebih besar, saran saya Anda menginstall software Dropbox di laptop Anda, maka dengan begitu Anda akan mendapatka ruang gratis sebesar 25GB. Dropbox juga memiliki fitur sinkronisasi yang mudah yang membantu mengakses file dan dokumen ke Dropbox dari perangkat apa saja seperti smartphone, tablek, komputer dan laptop. Jika Anda menginginkan ruang premium Anda dapat membeli paket mulai dari $9.99 untuk kapasitas penyimpanan sebesar 2TB. Silakan klik disini untuk mendapatkan ruang penyimpnana gratis sebesar 25GB dengan cara mendaftar dan install software Dropbox.

 

9. OneDrive

OneDrive Cloud Storage Terbaik

OneDrive Cloud Storage Terbaik

 

Menjaga dokumen dan file rahasia agar tetap aman dan tersingkroninasi di berbagai perangkat adalah prioritas utama yang harus kita perhatikan. Media Fire adalah media penyimpanan berbasis Cloud yang dikembangkan oleh Microsoft. Untuk pertama mendaftar Anda akan mendapatkan 5GB ruang penyimpanan gratis. Syarat untuk membuat akun OneDrive ini adalah dengan memiliki akun gmail outlook.

 

Kesimpulan

Ketika memilih Cloud Storage, pastikan disesuaikan dengan kebutuhan Anda sekarang ini. Jika Anda adalah mahasiswa, mungkin untuk kelas Google Drive sudah cukup, karena Anda paling menyimpan dokumen skripsi dan makalah. Namun bagi Anda sekelas pembisnis dan develover, saya sarankan untuk menggunakan pCloud dan mengambil paket lifetime karena itu sangat fleksibel dapat digunakan di berbagai perangkat. Sekian dari saya semoga beberapa rekomendasi Cloud Storage Terbaik Untuk Menyimpan dan Backup File diatas dapat membantu Anda.

Add Comment