Fungsi iCloud pada iPhone

Fungsi iCloud mungkin tidak semua orang tahu, terlebih orang awam. Padahal, saat memutuskan untuk sebuah iPhone, fitur yang satu ini sangat penting untuk dicek sebelumnya. Sebab, saat fitur ini aktif dan iPhone mati, maka sudah pasti Anda tidak akan bisa membuka iPhone itu kembali.

Apakah fungsi dari iCloud di Iphone? Apakah iCloud sangat penting untuk pengguna Iphone? Dan, bagaimana cara mengetahui iPhone yang Anda beli aktif atau tidak? Berikut ini uraian lebih lengkapnya.

 

Fungsi iCloud pada iPhone Lengkap Untuk Pengguna Baru Iphone

 

1. iCloud Berfungsi Sebagai Perpustakaan Foto Online

iCloud Berfungsi Sebagai Perpustakaan Foto Online

iCloud Berfungsi Sebagai Perpustakaan Foto Online

 

Anda dapat menyimpan berbagai koleksi foto, muau pun video ke iCloud secara online sehingga foto yang Anda simpan lebih aman terlebih apabila Iphone Anda rusak atau pun hilang.

Saat fitur iCloud ini aktif, maka foto-foto yang Anda ambil dengan iPhone tersebut akan otomatis tersimpan dalam iCloud dengan syarat Iphone Anda harus terhubung dengan Internet (Online).

Keuntungan dari iCloud ini adalah bila suatu saat iPhone Anda mengalami gangguan atau kerusakan hingga harus direset, kembali ke settingan awal bawaan pabrik, maka Anda tidak akan kehilangan koleksi foto yang pernah Anda abadikan. Fitur iCloud sudah menyimpan dengan baik foto-foto Anda tersebut. Sehingga, pada saat iPhone Anda sudah diperbaiki, semua foto yang lalu tetap bisa Anda miliki.

Aatau jika Anda berniat ganti iphone baru, maka Anda tinggal masukan ID iCloud lama dan kemudian semua file dapat diakses seperti layaknya iphone lama.

 

2.Sebagai iCloud Drive

Fungsi iCloud pada iPhone Lengkap Untuk Pengguna Baru Iphone

Fungsi iCloud pada iPhone Lengkap Untuk Pengguna Baru Iphone

 

Selain dapat digunakan sebagai perpustakaan foto, iCloud juga bisa berfungsi sebagai drive. Maksudnya, Anda bisa menyimpan berbagai aktivitas penyimpanan hingga setelan yang lain dalam iPhone. Sebagai contoh, Anda bisa menyimpan game, mensinkronkan kontak, kalender, maupun email yang ada pada iPhone.

Saat Anda menyimpan kontak dalam iCloud, tidak hanya memberi keamanan meskipun iPhone direset, namun kotak juga bisa diakses dalam iDevice lain yang terhubung, seperti iPhone, iPad, maupun iPod. Begitu juga dengan game maupun fitur lainnya. Anda tetap bisa mengaksesnya di iDevice berbeda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat iPhone Anda mengalami error, Anda tetap bisa menggunakan semua fitur yang Anda sinkronkan dengan iCloud.

 

3.Sebagai Pengunci iPhone dan Keamanan

Sebagai Pengunci iPhone dan Keamanan

Sebagai Pengunci iPhone dan Keamanan

 

Inilah fungsi yang paling populer dan penting bagi Anda pengguna iPhone. Fungsi yang sering disebut sebagai Find My Phone ini sangat berguna untuk mengunci semua data yang ada dalam iPhone saat hilang atau tidak diketahui keberadaannya.

Dengan kata lain, jika iPhone Anda hilang, orang lain yang menemukannya tidak akan bisa menggunakan iPhone Anda, terlebih membuka isi yang ada dalam iPhone tersebut. Sebab, iCloud dilengkapi dengan kata sandi.

Perangkat iPhone Anda baru bisa terbuka jika menggunakan email yang terdaftar pada iPhone atau mengetahui kata sandi iCloud tersebut. Dengan adanya fungsi ini, Anda pastinya akan merasa tenang meskipun kehilangan iPhone. Semua file yang Anda miliki, baik data maupun koleksi foto dan video tidak akan disalahgunakan oleh orang lain yang menemukan iPhone Anda.

4.Sebagai Pemulihan dan Pencadangan (Backup)

Sebagai Pemulihan dan Pencadangan

Sebagai Pemulihan dan Pencadangan

 

Adanya iCloud ini, Anda bisa mem-backup semua data yang ada dalam iPhone. Back up data seperti ini menjadi penting fungsinya. Sebab, pada saat Anda harus mengganti perangkat iPhone dengan iPhone dari seri yang lain, maka semua data yang ada iPhone lama dapat dengan mudah dipindahkan pada iPhone baru. Tidak hanya mudah, pemindahan data ini dapat dilakukan dengan cepat. Plusnya lagi, meskipun harus melakukan restore iPhone, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Semua tersimpan aman di dalam iCloud.

Itulah beberapa fungsi dari iCloud bagi sebuah iPhone. Dari fungsi di atas, jelas bahwa mengetahui apakah iCloud pada iPhone yang Anda beli aktif atau tidak, menjadi sebuah keharusan, terutama jika membeli iPhone seken.

Cara yang paling mudah adalah dengan keluar atau sign out dari akun iCloud yang sudah terpasang tersebut. Setelah itu, masuk kembali dan pastikan iCloud tidak mengunci iPhone Anda. Jika iPhone terkunci, tanyakan kepada pemilik lama apa kata sandi dari iCloud dalam iPhone tersebut.

Lalu, bagaimana jadinya jika Anda membeli iPhone baru dan lupa kata sandi iCloud yang ada dalam iPhone Anda? Sudah jelas, Anda akan mengalami iCloud Activation Lock alias terkuncinya iCloud. Anda baru bisa masuk kembali dengan menggunakan akun iCloud yang aktif dalam iPhone tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak boleh lupa dengan kata sandi iCloud yang Anda miliki.

Oleh karena itu, catat selalu kata sandi tersebut dan simpan baik-baik agar tidak diketahui orang lain. Jika perlu, lakukan pergantian secara berkala untuk menghindari penyalahgunaan dari orang yang mengetahui kata sandi tersebut.

Itulah beberapa fungsi iCloud sekaligus tips mencegah terjadinya masalah terkunci iCloud. Sebagai manusia milenia, pengetahuan seperti ini harus dimiliki agar tidak kebingungan saat mengalami masalah terkait iCloud. Mungkin, Anda bisa bertanya kepada orang lain pada saat terjadinya masalah. Namun, bagaimana jadinya jika tidak ada teman yang mengetahuinya? Nah, semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Add Comment