Fungsi Keyboard pada Komputer

Fungsi Keyboard pada Komputer – Keyboard merupakan salah satu perangkat ketras yang ada pada komputer atau laptop. Keyboard ini terdiri dari beberapa tombol seperti angka, huruf dan tombol kontol lainnya. Keyboard dihubungkan dengan prosesor atau CPU yang akan memprogram segala perintah berupa data.

Cara menghubungkannya dapat menggunakan kabel USB atau dengan perangkat wireless dan bluetooth yang tersedia port USB. Fungsi keyboard sangatlah penting untuk menunjang berbagai aktivitas olah data. Terutama untuk melakukan pengetikan dalam sebuah microsoft word sehingga Ada tidak perlu menggunakan ikon simbol untuk menulis di komputer.

 

Fungsi Keyboard Pada Komputer

Pada dasarnya fungsi keyboard adalah untuk meginput data berdasarkan perintah dari pengguna. Keyboard ini merupakan alat input yang ada pada komputer. Keyboard menjalankan fungsinya berdasarkan pada fungsi masing-masing tombol, diantaranya:

Fungsi Keyboard Pada Komputer

Fungsi Keyboard Pada Komputer

 

 

1. Directional Keys

Directional keys merupakan tombol yang diatasnya berupa gambar anak panah yang terdiri dari empat anak panah, dengan arah yang berbeda. Keempat tombol tersebut dapat mengarahkan atau menggeser kursor dan layar yang dituju. Tombol ini biasanya berada di sebelah pojok kanan bawah untuk bentuk keyboard Qwerty.

 

2. Numeric atau Directional Keypad

Directional keys merupakan tombol yang berisi angka dan tombol penggeser atau pemindah kursor, biasanya terletak di sebelah kanan main typing keypad. Tombol ini akan berfungsi jika tombol numeric diaktifkan. Tombol ini juga berfungsi untuk membantu memasukan angka pada saat melakukan pengetikan atau input sebuah data yang memerlukan penamaan dan lain sebagainya.

BACA:   Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya

 

3. Main Typing Keypad

Tombol ini merupakan tombol yang diatasnya terdapat perintah seperti huruf dari A sampai Z dan angka dari 0 sampai dengan 9. fungsi tombol keyboard ini adalah membantu pada proses pengetikan atau melakukan pencarian di internet. Tombol ini sangat penting dengan posisi angka disesuaikan dengan jenis keyboard. Untuk saat ini, kebanyakan keyboard yang dipakai adalah jenis Qwerty.

 

4. Spesial Keys

Tombol yang satu ini memiliki beberapa fungsi sesuai dengan perintah yang ada di atas tombol. Tombol ini terdiri dari tombol delete, home, page up, page down, insert, print screen (PrtSc), pause break dan end. Beberapa tombol ini terletak di atas tombol directional keys.

 

5. Fuction Keys

Tombol fuctional atau tombol yang berfungsi untuk menjalankan perintah kontrol yang biasanya dipadukan dengan tombol Ctrl pada komputer. Tombol ini berada di atas tombol main typing keypad dari F1 sampai dengan F12. Berikut ini fungsi dari masing-masing tombol fuctions antara lain:

  1. F1, berfungsi untuk membantu membuka layar bantuan untuk semua aplikasi dan dapat melaksanakan perintah lain jika dikombinasikan dengan tombol modifier.
  2. F2, berfungsi untuk mengubah nama pada file yang ditunjuk dalam layar monitor. Jika dikombinasikan, misalnya Ctrl+F2 maka akan muncul perintah print priview pada saat membuka microsoft word.
  3. F3, berfungsi untuk melakukan perintah pencarian dalam windows. Pada komputer tertentu biasnya untuk mematikan atau mengaktifkan WiFi jika belum dilenkapi tombol WiFi
  4. F4, berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan volume suara, mengulangi perintah terakhir atau undo. Dan jika di kombinasikan akan muncul perintah yang berbeda.
  5. F5, berfungsi untuk merefresh halaman atau bisa juga untuk menampilkan slide show ketika menjalankan microsoft power point.
  6. F6, berfungsi menaikan cahaya pada komputer
  7. F7, berfungsi untuk mengaktifkan layar monitor ke proyektor.
  8. F8, berfungsi terbalik dengan F7 yaitu mematikan layar monitor dari proyektor
  9. F9, tombol ini berfungsi untuk menunjukan informasi dalam sistem operasi
  10. F10, berisi perintah untuk melakukan pengecekan jika ada email masuk.
  11. F11, berfungsi untuk menampilkan layar secara penuh ketika melakukan pencarian atau browser internet.
  12. F12, berfungsi untuk menjalankan fungsi firebug.
  13. Shift + F1 , Untuk meninjau pemformatan teks
  14. Shift + F2, Untuk Menyalin teks
  15. Shift + F3 Untuk Mengubah huruf teks yang dipilih
  16. Ctrl dan A: Memilih semua dalam dokumen saat ini.
  17. Ctrl dan B: Teks tebal.
  18. Ctrl dan C: Menyalin item atau teks.
  19. Ctrl dan D: Menampilkan kotak dialog Font.
  20. Ctrl dan E: Alihkan paragraf antara rata dan kiri.
  21. Ctrl dan F: Menampilkan kotak dialog Find untuk mencari dokumen saat ini.
  22. Ctrl dan G: Menampilkan kotak dialog Go To untuk mencari lokasi tertentu di dokumen saat ini.
  23. Ctrl dan H: Menampilkan kotak dialog Replace.
  24. Ctrl dan I: Miringkan teks.
  25. Ctrl dan J: Alihkan paragraf antara perataan yang dibenarkan dan kiri.
  26. Ctrl dan K: Buat hyperlink.
  27. Ctrl dan L: Kiri sejajarkan paragraf.
  28. Ctrl dan M: Indentasi paragraf dari kiri.
  29. Ctrl dan N: Buat dokumen baru.
  30. Ctrl dan O: Membuka dokumen baru.
  31. Ctrl dan P: Mencetak dokumen.
  32. Ctrl dan R: Alihkan perataan paragraf antara kiri dan kanan.
  33. Ctrl dan S: Menyimpan dokumen.
  34. Ctrl dan U: Menggarisbawahi teks.
  35. Ctrl dan V: Menempelkan item atau teks yang disalin.
  36. Ctrl dan X: Memotong item atau teks yang dipilih.
  37. Ctrl dan Y: Ulangi aksi terakhir.
  38. Ctrl dan Z: Batalkan tindakan terakhir.
  39. Ctrl dan Enter: Masukkan page break.
BACA:   Mengenali Jenis Printer Beserta dengan Fungsinya

 

Semua tombol fuctions tersebut dapat menjalankan perintah yang berbeda dengan kombinasi yang berbeda pula. Maka perlu untuk mengetahui dan memahami secara benar.

 

6. Lock Keys

Lock keys atau status light merupakan cahaya yang menandakan bahwa tombol tersebut sedang berfungsi seperti tombol Power, Caps Lock yang berfungsi untuk menampilkan huruf kapital ketika melakukan pengetikan. Tidak hanya itu, pada tombol WiFi juga terdapat lampu indikator untuk menandakan WiFi sudah ataktif atau belum.

 

7. Modifier Keys

Tombol yang mengombinasikan dengan tombol lain untuk menjalankan perintah tertentu dan dengan cara ditekan secara bersama-sama. Modifier keys terdiri dari 3 tombol yaitu, Ctrl, Shift, dan Alt. Contoh Ctrl+C merupakan perintah untuk mengcopy  atau menyalin beberapa data yang dipilih.

 

8. Windows Keys

Tombol ini terletak di samping kiri pojok paling bawah, dengan gamabar microsoft windows yang berfungsi menampilkan jendela windows pada komputer Anda. Tombol ini sebagai tombol alternatif jika ikon pada layar monitor tidak berfungsi.

Itulah beberapa fungsi keyboard yang harus Anda ketahui untuk mempermudah kegiatan atau aktivitas Anda dalam menjalankan komputer.

Add Comment