Inilah Generasi Komputer dari Masa ke Masa

Apakah kalian ingin mengetahui Generasi Komputer dari Masa ke Masa? Saat ini kita pastinya tidak akan asing dengan sebuah komputer. Di mana komputer ini memiliki begitu banyak fungsi yang penting. Dengan menggunakan komputer, semua orang bisa mencari banyak data maupun informasi dengan begitu mudahnya. Di mana perolehan dan kesempatan dalam mendapat informasi mudah ini pastinya akan membantu Anda sendiri juga dalam menjalankan berbagai aktivitas yang akan dilakukan.

 

Mengetahui Pengertian Komputer

Sebelum nantinya kalian paham akan generasi komputer dari masa ke masa, maka yang perlu kalian lakukan ialah paham akan pengertian dari komputer ini sendiri. Untuk sebuah kata komputer ini dulunya berasal dari Bahasa Yunani yaitu Computare yang memiliki arti menghitung atau menggabungkan secara bersama-sama. Jadi pada umumnya, komputer ini bisa Anda artikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang bisa bekerja secara otomatis, terintegrasi dan juga terkoordinasi.

Di dalam sebuah komputer juga akan terdiri atas beberapa kumpulan perangkat dan juga sebuah instruksi maupun program yang sama antara satu dengan yang lainnya bahkan program ini nantinya tidak akan pernah bisa dipisahkan.

BACA:   Pengertian BIOS, Fungsi, dan Cara Masuk BIOS

Ada juga beberapa pengertian dari komputer ini sendiri yang diungkapkan oleh beberapa tokoh. Hanya saja, kita bisa menarik kesimpulan ini sendiri bahwa sebuah komputer merupakan salah satu jenis alat elektronik yang nantinya bisa menerima input, mengelola input, memberikan berbagai informasi, menggunakan beberapa program yang tersimpan di dalam memori komputer, bahkan bisa bekerja dengan sistem otomatis.

 

Generasi Komputer dari Masa ke Masa Modern Saat Ini

Generasi Komputer dari Masa ke Masa Modern Saat Ini

Generasi Komputer dari Masa ke Masa Modern Saat Ini

 

Generasi komputer memang sudah bisa dipastikan tidak asing dengan adanya bantuan berbagai teknologi yang saat ini sudah berkembang dengan pesatnya. Bahkan dari sekian banyaknya teknologi yang ada, komputer menjadi salah satu jenis perangkat teknologi yang begitu banyak digunakan. Bahkan untuk sistem operasi dari komputer ini pun tidak bisa kita lewatkan dalam berbagai kehidupan setiap harinya. Nah, untuk beberapa generasi komputer yang bisa kalian pahami diantaranya adalah:

 

  • Generasi Pertama Tahun 1941 – 1952

Pada masa awal penemuan komputer, tujuan utamanya tentu digunakan untuk membantu seluruh proses perhitungan yang berkaitan dengan kondisi peperangan masa saat itu. Bahkan dulunya sebuah persaingan komputer ini akan diawali dengan 2 negara dalam sebuah Perang Dunia ke 1. Untuk kehadiran komputer ini pun benar-benar dimanfaatkan oleh beberapa kubu untuk mempermudah selama melakukan perhitungan matematis.

BACA:   5 Browser Linux Terbaik, Ringan Dan Super Cepat

Setelah Perang Dunia ke 2 selesai, perkembangan komputer ini kemudian dilanjutkan untuk membantu dalam pemenuhan kebutuhan akan manusianya sendiri. Setelah itu, komputer yang ada pada generasi ini masih begitu terbatas karena tujuan pengadaannya ini sendiri telah memiliki target pengguna yang bisa dibilang cukup signifikan.

 

  • Generasi Kedua Tahun 1952 – 1958

Kemudian, generasi berikutnya untuk jenis komputer ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa generasi sebelumnya. Hal ini bahkan sudah bisa terjadi karena sudah ditemukan berbagai teknologi terbaik yang dinamakan dengan teknologi transistor yang muncul di tahun 1948.

Untuk jenis komputer pada generasi kedua ini memang memiliki kelebihan di mana komputer yang muncul ini jauh lebih mampu untuk menghemat energi. Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa fasilitas ini hanya terbatas pada sebuah komputer saja. Atau bahkan dalam arti lainnya masih belum diproduksi secara massal serta masih dikemas dengan sistem yang begitu eksklusif.

 

  • Generasi Ketiga Tahun 1958 -1970

Untuk generasi ketiga ini nantinya akan dimulai dengan adanya penemuan IC (Integrated Circuit) yang pada saat itu menggantikan penggunaan dari transistor. Kemudian, untuk fungsi dari IC pada generasi ketiga ini tentunya mampu untuk menekan panas berlebih yang akan dihasilkan pada sebuah komputer. Selain itu, perannya dalam mengintegrasi komponen pada satu chip ini membuat generasi ini bisa dipenuhi dengan ukuran komputernya sendiri yang jauh lebih kecil.

BACA:   Pengertian Hostname, Fungsi & Cara Mengetahui Hostname

Bahkan komputer yang ada pada generasi ini beberapa sistem operasi sudah mulai dibuat sekaligus mulai diluncurkan. Sehingga, siapa pun bisa melakukan monitoring penggunaan pada sebuah memori yang tersedia serta mampu untuk melakukan beberapa pekerjaan secara berkala atau sekaligus.

 

Komputer Masa Kini dan Masa Depan

Sedangkan apa perubahan komputer pada masa kini? Di mana perkembangan komputer pada saat ini sudah mencapai pada masa perubahan terbaik. Segala hal bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan komputer yang begitu canggih dan mudah untuk dioperasikan serta menjalankan beberapa aplikasi dan sistem-sistem yang ada di dalamnya.

Kini kita sudah bisa memahami beberapa jenis dan pilihan komputer dari berbagai bentuk serta kelebihan yang berbeda setelah memahami perjalanan generasi komputer dari masa ke masa. Komputer pada zaman sekarang ini telah memiliki artificial intelligence sehingga dinilai bahwa bisa bersikap seperti manusia ketika mereka akan memindai maupun melakukan komputasi harian yang lainnya.

Add Comment