Indihome Gangguan? Inilah Cara Mengatasinya Dengan Tepat!

Siapa yang tidak kesal jika indihome selalu mengalami gangguan? Sebagai pengguna indihome Anda pasti salah satu korban yang kerap merasakan indihome gangguan? Terkadang juga indihome lemot dan susah diakses. Pada dasarnya ada banyak faktor yang menyebabkan masalah itu terjadi, seperti perbaikan jaringan, adanya kabel fiber optic yang rusak atau modem yang harus diganti?

Secara pribadi saya adalah pengguna indihome dan saya sudah berlangganan indihome lebih dari 1 tahun dan pasti ada aja masalah gangguan atau internet tidak bisa diakses.

Masalah ini kerap kali menimpa para pelanggan indihome entah itu pelanggan baru atau pelanggan lama. Bagi Anda pelanggan baru dan baru pertama kalinya mengalami masalah ini, saya sarankan Anda jangan panik dan marah.

Karena bisa jadi ada masalah teknis yang terjadi pada modem atau kabel fiber optic. Baiklah, pada artikel kali ini saya akan berbagai solusi cara mengetasi gangguan pada indihome. Bagi Anda yang merasa indihome gangguan, silakan ikuti cara berikut ini.

 

Indihome Gangguan? Inilah Cara Mengatasinya Dengan Tepat!

 

1.Periksa Modem

Periksa Modem

Periksa Modem

 

Gangguan pada indihome biasanya disebabkan kerusakan pada modem, oleh karena itu pastikan modem yang Anda gunakan dalam keadaan baik. Modem ini berfungsi untuk menangkap dan memancarkan sinyal Wifi. Biasanya tipe modem yang sering digunakan pada indihome adalah tipe ZTE F609 dan ZTE F660. Kedua tipe itu sama ZTE namun beda seri aja.

BACA:   Apa itu Indihome Terisolir? Dan Cara Mengatasi Terisolir Pada Indihome

Terdapat beberapa lampu pada modem dan jika semuanya bewarna hijau bearti modem Anda berfungsi dengan baik. Sebaliknya, jika ada warna mereh terutama pada menu LOS, bisa dikatakan modem atau jaringan internet sedang gangguan.

Cek semua kabel apakah terpasang dengan baik?

Pastikan pula antena pada modem tidak ada yang rusak. Selanjutnya restart modem dengan menggunakan lidi atau jarum dan tekan selama 3-5 detik kemudian lepaskan. Modem secara otomatis akan terestart dan nyalakan kembali.

 

2. Periksa Kabel Fiber Optic

Periksa Kabel Fiber Optic

Periksa Kabel Fiber Optic

 

Inilah salah satu kelebihan dari indihome karena sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu menggunakan kabel fiber optic. Kabel fiber optic ini berfungsi untuk mengalirkan jaringan internet. Gangguan pada indihome biasanya disebabkan ada kerusakan pada kabel fiber optic misalkan kabel putus, rusak dan lain sebagainya.

Menurut pengalaman saya pribadi kabel fiber optic ini sering putus di area tertentu dan ini pernah terjadi pada saya. Waktu itu hampir 2 hari internet indihome di rumah saya tidak bisa diakses. Kemudian saya telpon pihak indihome dan keesokan harinya petugas datang dan mengecek modem dan kabel. Ternyata ada kabel yang putus atau rusak.

Setelah melapor dan petugas datang untuk memperbaiki, Alhamdulillah indihome saya kembali normal. Apakah dikenakan biaya? Tidak! 100% Gratis! Jadi kalau ada petugas yang datang memperbaiki gangguan pada internet indihome di rumah Anda dan mereka minta uang, itu adalah pungli!

BACA:   4 Cara Cek Kecepatan Internet Indihome Speedy Telkom

 

3.Menghubungi Pihak Indihome

Menghubungi Pihak Indihome

Menghubungi Pihak Indihome

 

Cara terakhir untuk mengatasi gangguan indihome di rumah Anda adalah dengan menghubungi pihak indihome. Disni pengalaman saya menghubungi 147 indihome melalui hp. Jika Anda mengghubungi pihak indihome melalui Hp, pastikan menggunakan kartu telkomsel karena itu lebih murah dan diawali dengan kode (021)147.

Anda juga bisa menghubungi melalui Twitter dan Facebook. Silakan ungkapkan keluhan Anda kepada mereka. Tapi menurut saya pribadi lebih mudah dan efektif menggunakan telpon karena mereka bisa membantu untuk meremote modem Anda secara langsung dan membuatkan tiket agar petugas indihome setempat bisa datang untuk mengecek masalah atau gangguan pada indihome di rumah Anda.

Jika semua sudah beres, pastikan Anda juga mengganti password indihome agar lebih aman dan tidak ada kebocohan jaringan. Gangguan pada indihome ini juga bisa terjadi karena ada pihak yang usil dan membuat jaringan jadi bermasalah. Itulah tadi sedikit informasi mengenai cara mengatasi gangguan pada indihome.

Add Comment