Jenis-jenis Kabel Fiber Optik dan Kegunaannya

Jenis-jenis Kabel Fiber Optik dan Kegunaannya – Seperti yang kita tahu, penggunaan kabel fiber optik kini mulai menjamur dan menggeser penggunaan kabel tembaga. Namun tak banyak orang yang memahami apa perbedaan antara kabel fiber optik dan kabel tembaga biasa. Sebenarnya kabel fiber optik itu apa? Serta apa saja jenis dan kegunaannya?

Kabel Fiber Optik adalah salah satu jenis kabel yang inti atau core-nya dibuat dengan bahan dasar dari kaca dan sistem kerjanya menggunakan sistem kerja pemantulan cahaya. Singkatnya sebagaimana namanya, kabel ini berbahan dasar dari fiber atau sejenis kaca, serta gelombang yang diantarkan ialah gelombang cahaya atau optik.

Kabel jenis ini kini mulai populer dibandingkan kabel biasa. Kepopuleranan jenis kabel ini dikarenakan kecepatan pengantaran yang lebih cepat dibandingkan dengan kabel biasa. Jika kabel biasa yang menggunakan tembaga mengantarkan gelombang listrik dan dapat terganggu dengan gelombang elektromagnetik. Maka kabel fiber optik yang mengantarkan gelombang cahaya tersebut tidak akan terganggu oleh gelombang elektromagnetik.

Dengan tidak terganggunya sistem pengantaran gelombang tersebut, maka kabel fiber optik dapat memiliki kecepatan yang maksimal dibandingkan kabel tembaga biasa. Selain itu kabel fiber optik juga lebih ramah terhadap kemungkinan kebakaran akibat konsleting. Hal ini disebabkan karena penggunaan inti kabel berupa fiber atau serat kaca serta gelombang cahaya yang diantarkan sehingga tak ada listrik di dalamnya.

BACA:   Pengertian VPS (Virtual Privat Server) & Kelebihan VPS Untuk Website

Inti kabel yang berupa serat kaca juga membuat kabel lebih awet karena tidak akan berkarat sebagaimana yang terjadi pada kabel tembaga. Kemudian ukuran yang sangat kecil ini membuat kabel jadi lebih fleksibel. Dibandingkan dengan ukuran yang kecil, kecepatan yang dapat mencapai 10 Gbs serta jarak pancar hingga 100 km, maka Anda wajib mencoba menggunakan kabel ini untuk mendapatkan kualitas serta kecepatan yang super ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut jenis-jenis kabel fiber optik, maka berikut akan dipaparkan beberapa jenis dari kabel fiber optik supaya Anda tidak salah membeli:

 

Jenis-jenis Kabel Fiber Optik dan Kegunaannya

Jenis-jenis Kabel Fiber Optik

Jenis-jenis Kabel Fiber Optik

 

Kabel Fiber Optik Single Mode

Jenis kabel ini merupakan jenis kabel fiber optik yang mempunyai transmisi tunggal. Ini artinya kabel ini hanya mengantarkan satu jenis gelombang cahaya saja pada waktu tertentu. Dari penjelasan tersebut, dapat kita ketahui bahwa kabel ini akan lebih spesifik dalam pengantaran gelombang sehingga kecepatannya pun lebih cepat. Selain itu, ukuran fiber glass atau serat kaca yang hanya berdiameter 5-10 mikrometer untuk memancarkan gelombang sepanjang 1319-1550 nanometer juga mempengaruhi kecepatan ini. Ini terbukti dengan kecepatan atau bandwidth yang mencapai 10 Gbps.Kelebihan lainnya ialah jarak pengantaran cahaya cenderung jauh yaitu 30-100 km.

BACA:   Cara Mengetahui IP Address Setiap Perangkat

 

Kabel Fiber Optik Multimode

Kabel dengan versi multimode ini merupakan kabel fiber optik yang dapat mengantarkan beberapa gelombang cahaya dalam waktu yang bersamaan. Ini dikarenakan ukuran dari inti fiber glass-nya sekitar 50-100 mikrometer. Ukuran yang lebih besar ini mampu menampung gelombang cahaya yang lebih banyak. Meski begitu, kecepatan yang dapat dijangkau juga lebih rendah dibandingkan single mode. Kecepatan pengantaran kabel ini kurang lebih 1 Gbps, sedangkan panjang gelombang yang diantarkan kurang lebih 850-1300 nanometer. Sementara itu jarak pancarannya menjadi lebih pendek juga yaitu di kisaran 500 meter hingga 2 km.

 

Selain jenis-jenis kabel fiber optik, Anda juga perlu tahu kegunaan-kegunaan dari kabel fiber optik ini, yaitu:

 

Kegunaan atau Fungsi Dari Kabel Fiber Optik

Kegunaan atau Fungsi Dari Kabel Fiber Optik

Kegunaan atau Fungsi Dari Kabel Fiber Optik

 

 

Bidang teknologi internet dan komunikasi

Seperti beberapa kelebihan yang sudah dijelaskan dalam bagian awal, berbagai kelebihan dari kabel fiber optik dimanfaatkan untuk bidang teknologi sebab kabel ini mampu mengantarkan gelombang dengan lebih cepat. Teknologi dan komunikasi membutuhkan kecepatan ini untuk menyampaikan informasi. Misalnya untuk konektivitas LAN atau Local Area Network dan Wifi maupun berbagai alat komunikasi serta yang berhubungan dengan jaringan internet lainnya.

 

Bidang Pertelevisian

Dalam dunia pertelevisian, kabel ini sangat populer karena kecepatannya. Mirip-mirip dengan bidang teknologi komunikasi yang membutuhkan pengantaran data yang serba cepat, maka dunia pertelevisian memilih menggunakan jenis kabel ini untuk efisiensi waktu.

BACA:   Jenis-jenis Kabel UTP Beserta Fungsinya pada Komputer

 

Bidang Kedokteran

Anda pasti tidak menyangka jika bidang kedokteran pun juga menggunakan kabel fiber optik ini. Kabel fiber optik ini dimanfaatkan dalam operasi yang menggunakan laser. Selain itu kabel ini juga digunakan untuk fiberscope. Alat ini berfungsi untuk mengecek keadaan dari organ-organ dalam tubuh manusia tanpa perlu melakukan pembedahan dulu.

Dari berbagai penjelasan di atas, kita juga perlu mengetahui kekurangan dari kabel fiber optik ini. Hal berguna sebagai penyeimbang sekaligus untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk perawatan kabel ini. Salah satu dari kekurangan kabel ini ialah harga yang cukup mahal. Anda perlu merogoh kocek cukup dalam untuk kemudahanan dan kecepatan transfer data ini. Biaya pembelian dan perawat kabel ini cukup mahal karena membutuhkan tenaga ahli untuk pemasangannya. Selain itu kabel ini juga membutuhkan jalur yang berbelok untuk pemaksimalan pengantaran gelombang, ditambah dengan kebutuhan akan sumber cahaya yang kuat.

Add Comment