Jenis-jenis Kabel UTP Beserta Fungsinya pada Komputer

Sebelum masuk pada jenis-jenis kabel UTP, tentu Kita harus mengetahui apa itu kabel UTP? Kabel UTP atau Unshield Twisted Pair adalah kabel yang munghubungkan jaringan LAN baik untuk menghubungkan komputer ke komputer, komputer ke perangkat atau perangkat ke peragkat. Kabel ini berbentuk lilitan antara satu kabel dengan yang lainnya.

Kabel UTP mempunyai 8 warna dan setiap warna kabel memiliki fungsi yang berbeda. Setiap 1 kabel dililitkan dengan kabel lain sehingga dalam satu komponen dari 8 warna kabel menjadi 4 lilitan. Lilitan inilah yang berfungsi untuk memberikan perlindungan dari induksi dan kebocoran pada kabel.

 

8 Jenis Warna Kabel UTP Beserta Fungsinya

Berikut ini 8 jenis warna kabel yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri:

  1. Hijau, kabel ini berfungsi untuk penghantar paket data
  2. Biru, kabel yang berfungsi untuk menghantarkan suara
  3. Coklat, kabel dengan warna ckelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  4. Jingga, kabel ini berfungsi untuk menghantarkan paket data
  5. Putih-Hijau, kabel yang memiliki fungsi untuk menghantarkan paket data
  6. Putih-Biru, perpaduan dua warna inimemiliki fingsi untuk menghantarkan paket suara.
  7. Putih-Coklat, perpaduan warna ini memiliki fungsi menghantarkan tegangan DC
  8. Putih-Jingga, berfungsi sebagai penghantar paket data.

 

Jenis Kabel UTP Berdasarkan Susunan dan Fungsinya

Kabel UTP

Kabel UTP

 

Ada 3 jenis kabel UTP berdasarkan penyusunannya yaitu straight-through, oll-over dan cross-overr. Berikut penjelasannya:

  1. Kabel Straight-Through. Kabel ini memiliki susunan yang sama antara konektor yang satu dengan yang lain di setiap ujungnya. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat satu dengan lainnya yang berbeda. Misalnya komputer dengan switch, router dengan hub dan lain sebagainya.

Kedua konektor memiliki susunan yang sama yakni dari sebelah kiri putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat.

  1. Kabel Roll Over. Kabel ini memiliki susunan kabel pada konektor yang berbanding terbalik antara konektor yang satu dengan yang lainnya. Konektor satu memiliki susunan kabel dimulai dari sebelah kiri yaitu putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat dan coklat. Sedangkan konektor yang satunya memiliki susunan yang sebaliknya dari sebelah kiri.

Kabel ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kabel straight through yaitu menghubungkan antar perangat yang berbeda. Akan tetapi, kabel ini lebih pada perangkat yang memiliki konsol. Contohnya menghubungkan antara perangkat komputer dengan proyektor.

  1. Kabel Cross Over. Kabel ini memiliki susunan warna kabel yang berbeda anatar satu konektor dengan yang lainnya. Konektor 1 memiliki susunan putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih coklat dan coklat. Sedangkan yang satunya memiliki susunan dari kiri putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru, putih-biru, jingga, putih-coklat, coklat.

Walaupun susunan kabelnya berbeda, kabel UTP jenis ini memiliki fungsi untuk menghubungkan pada perangkat yang sama misalnya switch dengan switch dan lain sebagainya. Baca: Fungsi Keyboard pada Komputer

 

Jenis Kabel UTP Berdasarkan Kategori Kabel

Jenis Kabel UTP

Jenis Kabel UTP

 

Beberapa Jenis-jenis kabel UTP ini di kategorikan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas dari transmisi data yang terdapat di dalamnya. Semakin tinggi ketegorinya maka semakin cepat pula transmisi data yang dilakukan.

  1. Kategori 1

Kategori ini hanya mampu mentrasmisi data sebesar 1 Mbps dan termasuk kategori terendah. Sehingga tidak cocok dengan jenis komputer saat ini.

  1. Kategori 2

Kategori ini memiliki kapasitas transmisi data sebesar 4 Mbps. Jika pada kategori 1 hanya mampu menghantarkan suara analog, kategori ini mampu menghantarkan suara digital

  1. Kategori 3

Kabel ini mampu menghantarkan suara digital dengan kapasitas transmisi data hsampai 10 Mbps. Jika menggunakan teknologi Ethernet, kabel ini merupakan kabel berkualias terendah.

  1. Kategori 4

Kabel ini memiliki kapasitas tinggi sampai dengan 16 Mbps sehingga mampu mendukung komunikasi data dan suara digital. Jenis kabel ini biasanya digunakan untuk jaringan IBM Token Ring dengan kapasitas 16 Mbps dan dapat digunakan untuk teknologi Ethernet

  1. Kategori 5

Kategori ini memiliki kapastas transmisi data sebesar 100 Mbps dan dapat mendukug komunikasi data dan suara digital. Kabel ini dapat mendukung beberapa tipe jaringan seperti Token Ring, Ethernet dan Fast Ethernet.

  1. Kategori 5e

Kabel ini sangat cocok untuk mendukung jaringa berteknologi Gigabit Ethernet dengan kapasitas transmisi mencapai 1 Gbps.

  1. Kategori 6

Kategori ini dapat menghantarkan frekuensi komunikasi sebesar 250Mhz dengan panjang kabel sampai dengan 55 meter. Kapasitas transmisi data mencapai 10 Gbps sehingga sangat mumpuni untuk tioe jaringan Gigabit Ethernet.

  1. Kategori 6a

Kabel ini merupakan kabel peningkatan dari kategori 6 dengan menambah jumlah kapasitas suara menjadi 500 Mhz.

  1. Kategori 7

Kabel dengan panjang mencapai 100 meter ini, memiliki frekuensi suaran sampai 600 Mhz. Dengan kapasitas transmisi data mencapai 10 Gbps dan cocok untuk jaringan Gigabit Ethernet.

Dari semua kategori kabel UTP yang sering digunakan untuk teknologi ethernet adalah kategori 5 dan 5e.

Add Comment