5 Jenis Kertas Cetak Foto Paling Populer yang Wajib Anda Tahu!

Jenis kertas cetak foto – Kertas foto merupakan bagian penting dalam cetak foto. Jika Anda ingin mencetak pas foto, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran foto yang akan Anda cetak. Selain ukuran foto ada hal penting lain yang harus Anda perhatikan, yaitu jenis kertas cetak foto.

Ada beberapa jenis kertas cetak foto yang umum orang gunakan misalkan saja glossy. Bagi Anda yang ingin mencetak foto di rumah dan masih belum tau apa saja jenis kertas cetak foto yang akan Anda gunakan, mungkin beberapa kertas berikut ini dapat menjadi referensi Anda. Baca Juga: Ukuran Foto 4r

 

5 Jenis Kertas Cetak Foto Paling Populer

 

Glossy

Glossy

Glossy

 

Jenis kertas cetak foto yang tidak luntur adalah Glossy. Kertas ini mungkin yang banyak digunakan dan yang paling populer di Indonesia. Ciri-ciri kertas Glossy adalah permukaannya yang halus dan memiliki refleksi lebih banyak saat diarahkan kepada cahaya. Hal inilah yang membuat kertas ini jauh terlihat lebih mengkilap dan menjadi kertas berkelas. Glossy ini memiliki karakteristik berwarna putih dan bisa menghasilkan cetakan yang bagus dan jelas. Untuk foto yang beresolusi tinggi pun bisa menggunakan kertas ini.

Glossy memiliki beberapa kelemahan dimana mudah lengket sehingga sangat rawan untuk menyisakan sidik jari saat menyentuhnya. Sehabis dilakukan print, foto akan sangat rawan memudar terutama jika disimpan di tempat yang terbuka. Kebanyakan kertas glossy ini tersedia di dalam ukuran 120 gsm sampai dengan 240 gsm.

 

Kertas Inkjet

Kertas Inkjet

Kertas Inkjet

 

Jenis kertas cetak foto terbaik selanjutnya ada kertas inkjet.  Kertas ini unik karena memiliki bentuk dan juga tekstur biasa namun sanggup bertahan di dalam cairan. Dengan menggunakan kertas ini Anda tidak perlu khawatir kalau foto akan mengalami kepudaran warna saat terkena air. Jika dibandingkan dengan jenis kertas lain mungkin kualitasnya tidak sebagus dengan inkjet saat terkena air tersebut. Dengan ketebalan kertas yang tipis membuat kertas ini tidak cocok dijadikan sebagai kertas cetak foto profesional namun lebih cocok untuk sketsa, grafik bar, kalender, poster, dan lain-lain. Baca Juga: Ukuran Kertas Seri A

 

Doff

kertas cetak foto Doff

kertas cetak foto Doff

 

Doff memiliki permukaan yang lebih bertekstur dan memiliki sedikit refleksi cahaya. Keunggulan dari kertas ini adalah fotonya awet dan tidak menimbulkan bekas saat dipegang dengan batas yang wajar. Keunggulan lainnya adalah kertas ini cukup menyerap tinta dengan cepat sehingga meski menggunakan tinta dan printer kualitas rendah hasil fotonya akan tetap maksimal. Doff ini cocok digunakan untuk pigura ataupun album.

 

Canvas

kertas cetak foto Canvas

 

Kertas foto populer selanjutnya adalah canvas. Dilihat dari namanya saja sudah jelas jika kertas ini memiliki tekstur yang mirip dengan canvas atau lukisan, agak kasar ada garis-garis, dan hasil foto yang dicetak akan sangat bagus. Untuk pengeringannya pun tidak membutuhkan waktu lama karena kertasnya bisa menyerap tinta dengan cepat. Kekurangannya adalah kertas ini di banderol dengan harga yang mahal. Di pasaran kertas canvas ini memiliki ketebalan minimal 180 gsm dan pastinya akan lebih awet dibandingkan dengan yang jenis glossy.

 

Laster

kertas cetak foto Laster

kertas cetak foto Laster

 

Jenis kertas cetak foto terakhir adalah laster. Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk inilah yang membedakan kertas laster dengan kertas lainnya. Laster ini biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter. Untuk daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun dan mampu menghasilkan efek doff. Agar hasil maksimal Anda bisa menggunakan kertas ini untuk mencetak foto resolusi tinggi. Memang harganya lebih mahal namun hal ini akan sebanding dengan kualitas cetakan foto dan juga keawetan yang diberikan.

 

Selain memilih jenis kertas cetak foto yang tepat penting pula bagi Anda untuk menggunakan alat cetak dan tinta yang berkualitas, selain itu pemilihan foto pun harus tepat hindari mencetak foto yang blur, memiliki banyak noise, dan resolusinya pun harus tinggi agar tidak pecah ketika dilakukan pencetakan.

Add Comment