Mengenali Jenis Printer Beserta dengan Fungsinya

Mengenali Jenis Printer Beserta dengan Fungsinya – Printer merupakan salah satu jenis dari perangkat keras yang saat ini telah banyak digunakan untuk sejumlah keperluan. Baik digunakan untuk keperluan kantor, keperluan sekolah, dan beberapa kebutuhan dalam hal administrasi yang lainnya. Maka dari itu, saat ini pastinya sudah ada banyak orang yang bisa menemukan jenis printer yang ada di berbagai macam tempat.

 

Pentingnya Printer dalam Berbagai Hal

Setelah Anda paham bahwa printer ini bisa Anda temukan dengan mudahnya di mana saja terutama ketika ada beberapa hal yang menyangkut kegiatan administrasi, maka banyak orang yang pastinya juga harus paham tentang beberapa jenis printer dan juga fungsinya masing-masing. Apalagi jika kantor di mana tempat Anda bekerja ini membutuhkan sebuah printer untuk beberapa keperluan.

Apakah Anda telah paham beberapa perbedaan dari jenis-jenis printer yang saat ini sudah banyak bermunculan di Indonesia? Dengan paham akan beberapa jenis dari printer yang sudah banyak dijual di seluruh Indonesia, maka Anda pun bisa mempermudah dalam proses pembelian printer dan juga mampu mempermudah Anda sendiri untuk memperhitungkan jenis yang tepat bagi kebutuhan Anda nantinya.

BACA:   Perbedaan Micro SD Vgen Dengan Sandisk

 

Inilah Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya

Nah, bagi Anda yang akan atau bahkan sedang mencari sebuah printer, maka Anda memang disarankan untuk mengenali berbagai jenis-jenis printer dan juga fungsi penting di dalamnya. Nah, untuk beberapa informasi tentang beberapa jenis dari printer sekaligus fungsinya yaitu:

 

Printer InkJet

Printer InkJet

Printer InkJet

 

Jenis printer yang pada umumnya seringkali Anda temui adalah jenis printer InkJet. Jenis printer ini nantinya akan menyemprotkan tinta pada kertas yang akan membentuk sebuah gambar bahkan dokumen yang akan Anda print nantinya. Printer ini akan bekerja dengan cara menempatkan plat magnet yang akan mengalirkan tinta ke atas kertas yang akan menyesuaikan dengan pola dari perintah komputer yang telah Anda buat nantinya. Printer ini juga merupakan printer yang penggunaannya bisa dibilang cukup sederhana karena printer ini memang selalu digunakan baik di kampus, di kantor dan yang lainnya.

 

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix

 

Untuk jenis printer yang berikutnya ialah jenis printer dot matrix. Di mana jenis printer ini nantinya akan menggunakan sebuah sistem berupa pembentukan karakter dengan cara menekankan jarum pada pita yang ada di atas kertas sehingga nantinya mampu mencetak sebuah karakter tertentu yang ada atau berada di dalam kertas.

Maka dari itu, untuk jenis dari printer ini juga akan dirangkap menggunakan sebuah karbon karena mengandalkan pita. Untuk hasilnya sendiri, pastinya warna yang akan dihasilkan ini bisa menghasilkan warna yang akan sesuai dengan perintah atau keinginan Anda sendiri.

BACA:   Pengertian Chipset Komputer Lengkap Dengan Fungsi & Cara Kerja Chipset

 

Printer Laser Jet

Printer Laser jet

 

Kemudian, untuk printer laser jet ini juga merupakan salah satu jenis printer yang bahkan bisa Anda temui dengan mudahnya. Untuk jenis printer yang satu ini akan memanfaatkan sebuah laser untuk media utama yang akan digunakan dalam percetakan. Bahkan untuk cara kerjanya sendiri pun bisa dibilang cukup unik karena laser akan disinarkan pada drum untuk membuat pola gambar pada kertas yang akan Anda print ini sendiri.

 

Printer LED/LCD

Printer LED LCD

Printer LED LCD

 

Printer berikutnya yang bisa kalian miliki adalah printer LED/ LCD di mana untuk printer ini memang tidak akan berbeda jauh pada printer laser jet. Untuk perbedaannya sendiri akan terletak pada sumber pembuatan pola yang akan dihasilkan. Sedangkan untuk printer laserjet ini akan menggunakan laser, untuk printer LED/ LCD ini akan menggunakan sebuah teknik berupa light-emitting. Baca: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

 

Printer Plotter

Printer Plotter

Printer Plotter

 

Kemudian, jenis berikutnya yang masih harus kalian ketahui ialah jenis plotter. Printer ini ialah salah satu pilihan printer yang memiliki fungsi untuk mencetak grafis yang ada di dalam permukaan kertas, dapat digunakan juga untuk mencetak sebuah stiker, mencetak vinyl, dan lain sebagainya di mana hal ini akan membutuhkan sebuah cetak grafis pada sebuah bidang yang cukup luas. Maka dari itu, printer ini juga merupakan jenis yang banyak bahkan selalu digunakan pada beberapa percetakan banner, poster, dan masih banyak lagi yang lainnya.

BACA:   6 Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya

Jadi, itulah beberapa jenis atau bahkan pilihan printer yang bisa kalian beli atau bisa memenuhi kebutuhan yang memang Anda inginkan ini. Di atas memang merupakan sebagian kecil dari tipe atau bahkan pilihan printer yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan maupun printer yang dibeli sesuai dengan keinginan. Hanya saja, ada beberapa pilihan printer lain yang bahkan masih bisa Anda beli.

Untuk jenis-jenis printer lain yang nantinya bisa Anda ketahui, selain sejumlah printer di atas, maka kalian juga bisa mengetahui printer thermal, printer bubble jet, printer solid ink, printer DTG, printer label, dan berbagai jenis printer lainnya. Sebelum membeli printer, pastikan terlebih dahulu bahwa pilihan printer yang akan Anda beli ini nantinya sesuai dengan apa yang benar-benar Anda butuhkan.

Add Comment