Kapasitas Minimal VGA Card Yang Dibutuhkan Untuk Akses Internet

VGA card berperan penting dalam komponen sebuah komputer dan fungsi utama dari VGA card ini adalah sebagai pengola data yang diterjemahkan PC output ke layar komputer Anda. VGA termasuk dalam perangkat keras sebuah komputer dan di dalam komponen VGA ini terdapat GPU yang berfungsi sebagai prosesor.

Kapasitas minimal VGA card yang dibutuhkan untuk akses internet tentunya sangat penting untuk anda ketahui. Namun, untuk anda yang belum mengetahui apa itu VGA card, berikut akan dipaparkan ulasan selengkapnya.

 

Apa itu VGA card?

VGA card adalah perangkat keras komputer yang berperan untuk memproses informasi grafis yang terdapat pada komputer. Dengan begitu dapat dihasilkan pada layar komputer, proyektor, atau TV. Pada umumnya, komputer mempunyai VGA card yang sudah terintegrasi atau tertanam pada CPU atau motherboard. VGA card yang tertanam di CPU disebut dengan “accelerated processing unit (APUs)”, sedangkan untuk VGA card yang tertanam di motherboard biasa disebut dengan “on-board video”.

 

Fungsi VGA card

VGA Card berfungsi untuk mengolah informasi grafis pada komputer, misalnya saja seperti merender grafis 2D, hingga 3D, dapat menghubungkan komputer dengan perangkat TV, hingga decoding MPEG-2/MPEG4. VGA card juga saling terhubung dengan CPU, dengan begitu dapat mengambil data dari CPU, yang selanjutnya memprosesnya agar bisa muncul di layar monitor. Jika anda sangat hobi untuk bermain game, maka memiliki VGA card tambahan sangat penting untuk anda lakukan. Baca Juga: Pengertian Micro SD.

Kapasitas Minimal VGA Card Yang Dibutuhkan Untuk Akses Internet

Kapasitas Minimal VGA Card Yang Dibutuhkan Untuk Akses Internet

 

 

Tipe slot pada VGA card

Saat menambahkan VGA card pada komputer, maka anda perlu menggunakan slot expansion yang ada pada motherboard. VGA card mempunyai slot yang berbeda-beda tergantung jenis VGA card tersebut. Maka dari itu, untuk beberapa motherboard dilengkapi slot VGA card lebih dari satu jenis. Slot yang satu biasanya slot versi lama, sedangkan slot yang satunya lagi adalah slot versi terbaru. Di bawah ini ada beberapa jenis slot yang ada pada VGA card.

–       ISA

ISA dulunya adalah standart slot VGA card (sekitar akhir tahun 1980-an). Tetapi jenis slot ini sudah tidak digunakan lagi pada motherboard saat ini.

–       PCI

PCI slot menggantikan peran slot ISA yang merupakan standar slot VGA card di awal tahun 1990-an. PCI sendiri dirancang supaya GPU bisa mengambil data langsung dari memory tanpa perlu menggunakan CPU.

–       AGP

Seiring dengan perkembangan jaman, AGP telah mengalami peningkatan hingga memiliki 4 macam versi, yaitu AGP 1X, 2X, 4X, dan 8X.

–       PCI Express (PCIe)

PCI Express adalah jenis slot VGA card terbaru, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004. Untuk versi PCI Express X16, ternyata dapat menstranfer data sampai 4 gigabytes per detiknya.

Jenis VGA berdasarkan bentuk fisik

Jenis VGA berdasarkan bentuk fisik

 

Jenis VGA berdasarkan bentuk fisik

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui beberapa jenis slot pada VGA card, maka saatnya anda mengetahui jenis VGA berdasarkan bentuk fisik.

–       VGA On Board

VGA OnBoard adalah jenis VGA yang paling banyak digunakan pada laptop atau komputer standar. VGA jenis ini bekerja dengan memanfaatkan memory komputer, alias RAM.

–       VGA Add On

Kinerja yang dilakukan VGA Add-On bisa bekerja sendiri tanpa perlu mengandalkan kemampuan RAM komputer lagi. Dikarenakan VGA Add On dan memory (RAM) terpisah.

 

Bagian-bagian VGA card

VGA card sendiri terdiri dari sebuah papan sirkuit dan berbagai komponen yang melekat diatasnya. Diantara komponen-komponen tersebut adalah Grapich Processing Unit (GPU) yang merupakan sebuah sirkuit untuk memanipulasi data dengan cepat, Heat Sink yang bermanfaat untuk meratakan suhu pada Grapich Processing Unit (GPU), dan memory yang merupakan tempat dimana semua tekstur serta informasi disimpan.

 

Mengetahui berapa kapasitas minimal VGA card yang dibutuhkan untuk akses internet

Tahukah anda bahwa komputer adalah komponen utama supaya bisa mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan pada koneksi internet tentunya sangat menentukan lambat atau cepatnya kinerja akses internet yang dilakukan. Ketika spesifikasi sebuah komputer semakin tinggi, maka akan semakin cepat kinerja akses internetnya. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi agar PC dari komputer bisa mengakses internet. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah processor, RAM, Harddisk, dan VGA card. Nah, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai VGA card.

VGA card adalah perangkat yang sangat penting pada komputer untuk menyajikan performa dan kualitas grafis yang bagus. Bahkan, hal ini sangatlah penting juga untuk anda yang merupakan pencinta games. Seperti game berat sekelas PS3/XBOX 360 di komputer. Guna menciptakan pengalaman bermain game yang lancar dan nyaman, memiliki VGA card yang berkualitas tinggi adalah sebuah keharusan.

Begitu pula untuk anda yang bergelut di bidang multimedia misalnya saja seperti video dan fotografi. Minimal VGA card yang dibutuhkan untuk akses internat adalah 4 MB. Namun, saat ini yang 4 MB sudah tidak ada lagi, adanya 64 MB ke atas. Tentunya dengan kapasitas VGA card yang besar, akan membuat grafis komputer anda sangat detail dan berkualitas.

Demikianlah berbagai pembahasan mengenai kapasitas minimal VGA card yang dibutuhkan untuk akses internet.

Add Comment