Berbagai Macam Manfaat Jaringan Komputer Untuk Kehidupan Manusia

Pengertian, Macam, dan Manfaat Jaringan Komputer – Kemajuan teknologi saat ini hampir tidak dapat dibendung. Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini tentunya diiringi dengan kemajuan dari ilmu pengetahuan. Banyak inovasi-inovasi baru yang diciptakan oleh manusia dengan tujuan memudahkan pekerjaan dalam kehidupan. Salah satu kemajuan dalam bidang teknologi ini yaitu teknologi jaringan komputer. Memang banyak manfaat jaringan komputer yang dapat dirasakan oleh manusia.

Teknologi jaringan komputer merupakan salah satu bentuk kemajuan di bidang ilmu dan pengetahuan yang memungkinkan manusia mendapatkan kemudahan dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas. Kemajuan dari televisi, radio, dan telepon telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia. Jaringan komputer pun tak pelak menjadi bagian dari kemajuan ini. Lalu apa sebenarnya pengertian dan manfaat jaringan komputer itu sendiri? Berikut ulasannya.

 

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

 

Secara umum, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari dua ataupun lebih komputer yang terhubung satu sama salin melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga memungkinkan komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi data, aplikasi dan juga berbagi perangkat keras pada komputer.

Jaringan komputer juga bisa dimaknai sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang sama-sama saling terhubung. Jaringan komputer yang dibangun ini memiliki tujuan untuk sama-sama berbagi informasi atau data yang dibawa oleh transmitter (pengirim) agar dapat diterima oleh receiver (penerima) dengan akurat dan tepat.

Peran dari jaringan komputer sangat bermanfaat untuk mengintegrasi data pada komputer yang saling terhubung sehingga dapat diperoleh suatu yang cukup relevan. Jaringan komputer juga sangat memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi satu dengan lainnya dengan lebih mudah dan lebih efisien. Tentunya ini beberapa manfaat jaringan komputer yang didapat melalui definisinya. Baca Juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer

 

Macam-macam Jaringan Komputer

Maca-macam Jaringan Komputer

Maca-macam Jaringan Komputer

 

Pada umumnya jaringan komputer memiliki beberapa macam atau jenis yang didasarkan pada manfaat jaringan komputer. Berbicara mengenai jenisnya, jaringan komputer dikelompokkan menjadi 5 jenis, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi atau data, media transmisi data, jenis tipologi yang digunakan, dan peran dan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Baca Juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer.

Macam jaringan komputer yang pertama yaitu berdasarkan jangkauan geografis yang dibagi menjadi LAN, MAN, dan WAN. Masing-masing memiliki pengertian dan manfaat yang berbeda. Kedua yakni macam jaringan komputer yang didasarkan pada distribusi sumber informasi atau data yang dibagi menjadi jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi. Maksud dari jaringan terpusat yaitu jaringa terdiri dari beberapa komputer sever dan komputer client yang bertugas sebagai perantara untuk mengakses sumber data atau informasi yang berasal dari komputer server.

Macam jaringan komputer ketiga yaitu berdasarkan media transmisi data yang digunakan. Berdasarkan hal ini dibagi menjadi jaringan berkabel dan jaringan nirkabel. Macam jaringan komputer yang keempat yaitu berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data yang dibedakan menjadi jaringan client-server dan jaringan peer to peer.

Macam jaringan terakhir yakni berdasarkan topologi jaringan yang terbagi menjadi topologi bus, topologi star, topologi ring, toplogi mesh, toplogi peer to peer, topologi linier, topologi tree, dan topologi hybrid.

 

Manfaat Jaringan Komputer

computers room

 

Ada banyak sekali manfaat jaringan komputer yang dapat dirasakan oleh pengguna. Pertama yaitu mempermudah untuk berbagi files. Dengan menggunakan jaringan komputer maka proses berbagi files tidak lagi menjadi hal yang ribet dan menyulitkan. Pengguna hanya perlu membuka files yang telah ada dan terhubung satu sama lain.

Jaringan komputer juga memiliki manfaat untuk menjaga data-data yang bersifat rahasia dengan menggunakan jaringan LAN. Komputer yang diatur dengan menggunakan jaringan LAN makan hanya komputer tersebut yang dapat mengakses dan membuka data.

Manfaat dari jaringan komputer selanjutnya yaitu mempermudah akses data ke dalam server. Sever akan menyajikan data utama yang memungkinkan siapa saja dapat mengakses data tersebut manfaat selanjutnya yaitu mempercepat arus informasi. Penggunaan jaringan komputer akan membanut informsi di dalam sebuah perusahaan atau instansi dapat diakses dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Manfaat jaringan komputer selanjutnya yaitu memudahkan komunikasi antar divisi. Komunikasi sangat penting saat bekerja, dan init tentunya memerlukan kemudahan. Jaringan komputer yang telah di setting atau diatur di dalam tempat kerja akan sangat memberikan kemudahan-kemudahan bagi karyawannya. Manfaat lain yakni mampu mengehemat biaya. Melalui jaringan komputer, sebuah perusahaan tidak perlu susah payah untuk mendatangi perusahaan lain yang tengah bekerja sama. Hal itu sudah dibantu dengan adanya jaringan komputer karena telah terhubung satu sama lainnya.

Sistem jaringan komputer juga memberikan manfaat sebagai integritas data. Integritas data ini akan membantu mempermudah pekerjaan. Komputer yang telah saling terhubung ke dalam jaringan komputer maka akan memiiliki fitur yang telah terintegrasi. Selain itu, data yang telah tersimpan akan dapat diperbaharui sehingga tidak terdapat kesalahan dalam menafsirkan data.

Add Comment