6 Cara Mengatasi Disk Usage 0 (C: D:) 100% Windows 10

Bagi Anda pengguna Windows pasti sering mengalami lag? Salah satu penyebab lag adalah Disk Usage 100%. Ketika memulai menyalakan laptop, saya sering kali mengalami disk usage 0 (C: D:) 100%. Ini membuat saya harus menunggu lama untuk memulai aktivitas browsing dan editing.

Disini saya menggunakan Windows 10 original dan ingin berbagi seputar pengalaman saya tentang cara mengatasi disk usage 0 (C: D:) 100% Windows 10. Silakan baca hingga selesai penyebab dan cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10.

 

6 Cara Mengatasi Disk Usage 0 (C: D:) 100% Windows 10

 

Apa penyebab dari Disk usage 100%?

Sejatinya ada banyak penyebab disk usage 100% yang yang paling fatal adalah dapat merusak HDD. Beberapa penyebab disk usage 100% adalah sistem write/ read HDD bekerja keras terutama saat memulai Windows, Virus, kerusakan hardware dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang menggunakan HDD sebaiknya beralih ke SSD, karena sistem write/ read SSD jauh lebih cepat daripada HDD. Jadi, jangan heran jika komputer atau laptop kamu hang dan lemot itu karena sistem dari HDD bekerja secara maksimal untuk membaca dan menulis data dalam waktu bersamaan. Untuk itu mari kita cari tau solusi cara mengatasi disk usage 100% pada Windows 10.

BACA:   Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

 

 

1. Disable Plugin Google Chrome

disable Plugin Google Chrome

disable Plugin Google Chrome

 

Plugin pada Google Chrome sangat berat dan itu dapat membuat kinerja laptop kamu lebih full. Kamu dapat remove dan disable plugin untuk sementara. Jangan menginstall plugin terlalu banyak karena itu juga akan memakan banyak ruang pada penyimpanan di laptop kamu.

 

2. Disable XX Service

Disable XX Service

Disable XX Service

 

Mungkin ini jarang orang ketahui, hawa beberapa kasus xx service menjadi salah satu penyebab kinerja disk yang membuat komputer hang di Windows 10. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan Command Prompt seperti berikut ini:

net.exe stop superfetch

 

3. Scan Virus Menggunakan Antivirus

Windows defender

Windows defender

 

Penyebab disk usage 100% pada Windows 10 salah satunya adalah virus. Virus ini bekerja dan menggandakan dirinya yang menyebabkan kinerja laptop lemot dan hang. Jadi, kamu harus scan virus secara berkala. Kamu dapat menggunakan malwarebytes atau untuk versi antivirus gratis yang sudah tersedia di Windows 10 adalah Windows defender. Untuk scan virus silakan klik pencarian dan ketikan ”Windows defender”

 

4. Stop Process Task Manager

Stop Process Task Manager

 

Penyebab lain kenapa disk usage mencapai 100% adalah karena terlalu banyak proses aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Proses ini terkadang memakan banyak memory dan disk, sehingga kinerja laptop kamu akan lemot. Silakan stop proses yang tidak penting yang dikira dapat memakan banyak memori dan RAM pada Windows 10. Cara mematikan proses task manager adalah pertama Ctrl+Shift+Esc atau bisa juga ketik di pencarian ” Task manager”, pilih aplikasi yang berjalan, klik kiri dan end task.

 

5. Matikan Fungsi Windows Update

Matikan Fungsi Windows Update

Matikan Fungsi Windows Update

 

 

Windows update ini akan selalu menyala di Windows 10 (original). Ketika laptop kamu terkoneksi dengan internet, maka windows update akan selalu berjalan dan mengupdate versi terbaru dari Windows atau divers. Windows update ini akan bekerja keras dan membuat HDD berjalan lebih keras yang membuat kinerja laptop akan lemot dan hang dalam beberapa saat.

 

6. Cek Kesehatan Harddisk

Cek Kesehatan Harddisk

Cek Kesehatan Harddisk

 

Penyebab yang paling fatal ketika disk usage 100% adalah kerusakan pada harddisk. Pastikan kamu selalu mengecek kesehatan harddisk di laptop atau PC. Sekiranya rusak atau ada yang error, sebaiknya segera ganti atau pergi ke tukang service untuk diperiksa dan diperbaiki jika memungkinkan. Untuk mengecek kesehatan harddisk silakan baca disini.

 

Untuk informasi tambahan, kamu harus install ulang Windows 10 kamu secara berkala, karena itu adalah cara paling ampuh untuk mengatasi disk usage 100%. Untuk beberapa kasus, terutama ketika menyalakan Windows dan disk usage bisa mencapai 100%, saya pikir itu normal. Intinya jangan panik dan jangan install aplikasi terlalu banyak karena itu akan membuat laptop bisa lemot

Itulah sedikit rahasia cara mengatasi disk usage 100% Windows 10, semoga bermanfaat. Jangan lupa langsung dipraktekan ya! Jangan hanya dibaca tanpa dipraktekan.