Mengenal Apa Itu Virus Ransomware?

Mengenal Apa Itu Virus Ransomware? – Apa ciri-ciri khusus dari Ransomware? Apakah Ransomware virus berbahaya? Internet saat ini memang begitu pesat perkembangannya. Bahkan ada banyak hal yang nantinya bisa kita temukan ketika menggunakan internet ini dan salah satunya adalah membuka social media. Ketika kita akan membuka sebuah internet seperti social media, pastinya kita akan dihadapkan dengan berbagai jaringan-jaringan yang luas. Adanya jaringan yang luas ini terkadang membuat banyaknya virus yang kian bermunculan dan pada akhirnya membuat media yang kita gunakan seperti laptop maupun computer bisa terkena sebuah virus.

 

Virus Berbahaya Pada Komputer

Untuk salah satu jenis virus yang bisa dibilang cukup berbahaya adalah virus ransomware. Sebenarnya, virus yang ada di dalam internet ini adalah salah satu jenis istilah yang tidak asing lagi di telinga masyarakat secara luas, apalagi bagi praktisi maupun ahli computer. Ada cukup banyak gangguan yang bahkan bisa terjadi di computer baik melalui internet maupun perangkat luar lainnya yang juga termasuk pada salah satu virus yang ada di dalam computer.

Apa itu virus ransomware? Virus ini merupakan salah satu jenis virus jahat yang muncul akibat diinstall oleh sejumlah penyerang yang ada pada computer maupun server untuk mendapatkan sebuah informasi tertentu. Beberapa orang yang menciptakan virus ini bahkan sengaja melakukan eksploitasi untuk mendapatkan sebuah akses ke system yang pada akhirnya menyebabkan ransomware akan aktif.

Virus ini nantinya akan mengenskripsi seluruh file yang Anda kunci bahkan selurun file yang bahkan tidak bisa dipatahkan. Kemudian, beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab ini akan meminta berbagai tebusan maupun bayaran berupa uang yang digunakan untuk membebaskan file Anda yang terkena oleh virus ini. Untuk biaya yang harus dibayarkan ini biasanya berupa bitcoin. Di mana bitcoin ini akan memberikan sebuah fitur dompet digital maupun virtual yang bisa digunakan untuk menerima sejumlah pembayaran. Baca Juga : Ciri-ciri Virus Ransomware

 

Mengenal Apa Penyebab dari Virus Ransomware

Penyebab dari Virus Ransomware

Penyebab dari Virus Ransomware

 

Apa yang menyebabkan virus ransomware di perangkat Anda?. Pada umumnya, virus ransomware ini disebarkan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab melalui sebuah internet dan dilakukan dengan cara online. Kebanyakan virus ransomware disebarkan oleh mereka yang berniat jahat dan mengambil keuntungan dari sang target.

Pada awalnya, virus ini muncul pada tahun 1989 dan memiliki sebutan “PC Cyborg Trojan Horse Virus”. Di mana virus ransomware ini nantinya akan memeras sebuah korban yang digunakan untuk mengirim sebuah tebusan dengan nominal yang cukup tinggi bahkan sebesar 13 juta untuk membuat file-file yang hilang ini nantinya bisa kembali. Enskripsi pada virus ini bahkan bisa jauh lebih mudah untuk dipecahkan.

Akan tetapi, virus ransomware ini kian berkembang bahkan bisa kalian lihat sendiri bahwa virus ini telah berkembang dengan pesat dan setiap tahunnya, virus ini kian meningkat sebesar 36%. Karena setiap tahunnya virus ini kian meningkat. Salah satu jenis virus ransomware yang palin populer dan berbahaya adalah wannacry. Untuk menghindari itu semua, maka berikut adalah cara mencegah dan menghapus virus ransomware dari perangkat komputer Anda. Baca Juga:  5 Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer

 

Hindari Hal yang Menyebabkan Ransomware

  1. Mendownload software, film bajakan di situs asing
  2. Menggunakan software bajakan, tanpa mengaktifkan antivirus.
  3. Hindari menggunakan crack saat online, apa lagi mematikan antivirus. Jika terpaksa menggunakan crack, pastikan laptop Anda dalam keadaan offline atau tidak terkoneksi dengan internet.
  4. Mengunjungi link/ website spam dan phising
  5. Hindari mengklik link berbahaya di email

 

Ketahui Bagaimana Menghilangkan Virus Ransomware

Menghilangkan Virus Ransomware

Menghilangkan Virus Ransomware

 

 

Untuk menghindari berbagai risiko yang akan terjadi atau bahkan bisa Anda alami khususnya munculnya virus ini, maka ada beberapa hal yang bahkan harus kalian lakukan. Nah, beberapa cara yang mestinya kalian lakukan diantaranya adalah. Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Dengan Efektif

 

Install Antivirus Terbaik

windows defender ransomware protection

windows defender ransomware protection

 

Untuk menghapus berbagai kendala berupa virus yang sudah tertanam pada jaringan computer Anda, maka Anda diharuskan untuk menggunakan sebuah layanan atau bahkan aplikasi khusus anti virus. Ada beberapa jenis aplikasi anti virus yang akan membantu Anda sendiri untuk menghapuskan sejumlah virus yang membandel baik pada computer atau perangkat eksternal seperti flash disk maupun hardisk. Beberapa antivirus terbaik seperti Bitdefender Antivirus, Kaspersky Antivirus, Windows Defender, Kaspersky Free Antivirus dan masih banyak lagi.

 

Menghapus Virus Secara Manual

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus virus lainnya yaitu dengan menghapusnya secara manual. Meskipun ada beberapa tahap yang perlu kalian lakukan, namun cara ini ikut membantu dalam penghapusan virus membandel yang ada pada computer yang dimiliki. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan website yang akan membantu Anda untuk menghapuskan sejumlah virus yang ada. Baca Juga: Cara Mengaktifkan Ransomware Protection di Windows 10

 

Melakukan Install Ulang Windows

Cara paling mudah yang nantinya bisa kalian lakukan adalah melakukan install ulang pada computer khususnya install ulang Windows yang Anda miliki. Di mana cara ini akan merestart kembali seluruh data yang ada pada computer Anda termasuk menghapuskan beberapa virus yang akan mengganggu nantinya.

Agar Anda bisa terhindar dari apa itu virus ransomware yang bisa dibilang sebagai salah satu virus yang berbahaya, maka kalian harus memahami tentang beberapa cara atau bahkan solusi apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan virus ini. Tentunya virus yang akan mengganggu ini membuat berbagai pekerjaan dan aktivitas akan terhambat.

Add Comment