Mengenal Fungsi Processor pada Komputer

Fungsi Processor pada Komputer – Apa sajakah jenis, fungsi, bagian dari processor pada Komputer? Siapa pun orangnya pasti sudah paham betul dengan apa itu computer, apalagi saat ini sudah banyak orang yang memiliki atau bahakn menggunakan computer untuk berbagai hal. Bahkan di dalam computer, semua orang juga akan paham tentang apa yang disebut sebagai processor. Di mana processor ini adalah salah satu perangkat yang bisa dibilang cukup penting yang sudah selalu tersedia pada computer.

Perangkat ini memiliki berbagai fungsi yang cukup penting khususnya sebagai otak dan juga sebagai pusat kendali sendiri dari computer. Di mana sebuah pekerjaan ini akan didukung oleh beberapa perangkat lain baik motherboard, dan beberapa komponen di dalam computer yang penting lainnya.

 

Pentingnya Sebuah Processor dalam Komputer

Processor ini juga nantinya bisa diartikan sebagai salah satu IC di mana IC ini akan menjadi sebuah otak computer yang akan mengatur sejumlah perangkat keras lainnya. Secara mekanismenya sendiri, processor ini juga memiliki sebuah tugas untuk menjalankan sejumlah perintah yang akan diinputkan oleh para penggunannya.

Fungsi Processor pada Komputer

Fungsi Processor pada Komputer

 

Pada intinya, sebuah processor merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan artimatika. Sama halnya dengan sebuah kalkulator, di mana ia akan mendapatkan proses input dari para pengguna yang lainnya. Processor pun memiliki fungsi dan tugas yang sama di mana mereka akan mengolah berbagai proses penting yang akan dilakukan atau bahkan dijalankan para penggunannya.

 

Bagian Penting dari Processor

Sebelum nantinya Anda paham akan fungsi processor yang tertanam pada seluruh komputer, maka yang harus kalian ketahui bahwa di dalam processor ini menyediakan beberapa tugasnya masing-masing. Nah, bagi Anda yang penasaran akanbeberapa tugas dari processor ini diantaranya sebagai berikut ini:

 

Arithmatic Logical Unit (ALU)

Arithmatic Logical Unit

Arithmetic logic unit (ALU)

 

Memiliki sebuah fungsi di mana processor akan melakukan beberapa pekerjaan khususnya pekerjana berupa perhitungan aritmatika yang sesuai dengan instruksi dari berbagai program yang ada.

 

Control Unit (CU)

Memiliki sebuah fungsi di mana mereka akan menjadi sebuah pengatur lalu lintas baik data input (masukan) serta output atau keluaran. Jadi, pada intinya, jenis CU ini merupakan sebuah pengontrol atau otak dari processor ini sendiri untuk menghubungkan ke sejumlah perintah bagi para penggunannya sendiri.

 

Memory Unit (MU)

Memory Unit (MU)

 

Memory Unit (MU) Merupakan sebuah alat kecil yang di dalamnya memiliki sebuah akses berupa kecepatan tinggi yang akan membantu dalam proses kinerja dari processor ini sendiri. Jadi, alat ini adalah alat yang akan menghubungkan antara otak dan kinerja yang nantinya akan dihasilkan.

 

Pahami Beberapa Fungsi Processor

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, processor pada umumnya merupakan salah satu alat yang memiliki sebuah fungsi berupa proses data dari input dan juga akan menghasilkan sebuah output. Di dalam melakukan tugasnya, fungsi processor ini tidak akan bekerja sendirian. Akan tetapi, processor ini memiliki sebuah bantuan dari beberapa perangkat lainnya yang ada di dalam computer. Beberapa contoh alat pendukung lainnya adalah RAM maupun Hardisk.

Nantinya, sebuah pemrosesan akan menjadi jauh lebih lambat maupun jauh lebih cepat sesuai dengan processor apa yang akan kalian pergunakan. Sedangkan untuk salah satu rekomendasi dari jenis processor yang terbaik di kelasnya untuk saat ini bahkan dianggap sebagai salah satu processor paling cepat yaitu 4 GHz. Untuk pengertian dari 4 GHz ini ialah processor yang nantinya mampu untuk menjalankan sebuah pekerjaan sampai dengan 4 milyar perintah dalam 1 waktu sekalipun.

 

Mengenal Jenis Processor

Setelah Anda semua paham akan pengertian dan juga fungsi processor, maka yang selanjutnya bisa kalian lakukan ialah paham akan beberapa jenis dari processor itu sendiri. Nah, untuk beberapa jenis processor berdasarkan socket yang nantinya bisa kalian ketahui diantaranya sebagai berikut ini:

 

Intel

Di dalam jenis processor Intel ini, Anda masih bisa menemukan beberapa opsi yang mungkin bisa kalian pilih. Diantaranya adalah socket 370, socket LGA 775, socket LGA 1366. Beberapa jenis processor ini pastinya bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan atau keperluan khususnya dari jenis computer yang nantinya Anda miliki.

 

AMD

Jenis processor berikutnya ialah jenis processor AMD. Di mana jenis processor ini juga menyediakan beberapa jenis. Untuk pilihan yang akan digunakan nantinya adalah socket 704, socket AM2, socket AM 2+, socket A/46 2. Jenis lain yang masih bisa Anda pergunakan nantinya adalah socket 939, dan socket 940.

Jadi, itulah informasi seputar processor yang merupakan salah satu komponen cukup penting pada sebuah computer. Bahkan Anda pun bisa mehamai beberapa fungsi processor yang tepat. Selain itu, Anda juga diberikan sebuah informasi di mana processor ini memiliki beberapa jenis. Bahkan untuk jenisnya ini sendiri masih banyak baik sesuai dengan merek yang bisa dibeli, sesuai kelasnya, dan lain sebagainya.

Add Comment