7 Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Google merupakan salah satu search engine terbesar di dunia. Selain sebagai mesin pencarian Google merupakan perusahaan yang menaungi banyak produk seperti Gmail, Youtube, Google Play, AdWords, Google driver dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang ketika ditanya mengenai Google, maka jawaban mereka adalah ”Mesin pencarian”.

Tauhkan Anda bahwa ada banyak search engine selain Google yang membantu pengguna untuk mencari informasi dan menyimpan data-data penting.

Meskipun sekarang ini Google menjadi mesin pencarian raksasa, namun kita juga harus mengetahui alternatif mesin pencarian selain Google. Karena di beberpa negara sudah membuat mesin pencarian sendiri seperti Rusia dan China.

Mau tau apa saja mesin pencari selain Google yang sangat populer di dunia sekarang ini? Silakan simak terus artikel ini hingga akhir!

 

7 Alternatif Mesin Pencari Selain Google Terbaik!

 

1.Yahoo!

Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Alternatif Mesin Pencari Selain Google

 

Siapa yang tidak tau Yahoo? Di era 90-2000an Yahoo merupakan mesin pencarian paling populer di dunia. Saat itu Google masih belum begitu populer. Yahoo adalah mesin pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari berita, informasi berupa artikel, image, video dan belanjaan. Yahoo juga memberikan pelayanan berupa email gatis yang juga kita kenal dengan sebutan Yahoo mail. Selain mesin pencarian Yahoo ini juga menampilkan berbagai informasi dan berita pada halaman utamanya.

 

2.Bing

Bing

Bing

 

Bing adalah sebuah mesin pencarian saingan Google dan merupakan mesin pencarian terbesar kedua di dunia. Bing di didukung oleh Microsoft yang saat ini menguasai 19,8 persen pasar pencarian di dunia. Sama layaknya mesin pencarian Google. Bing juga memungkinkan Anda untuk mencari berbagai konten seperti artikel, berita, image, video, maps, shopping, bing ads, bing,finance dan lain sebagainya.

Pada halaman bing.com kita akan menemukan banyak sekali fitur Microsoft seperti Office Online, Word Online, Excel Online, PowerPoint Online, OneNote Online, OneDrive dan masih banyak lagi. Bing memiliki tampilan yang responsive dengan beberapa fitur dan berita.

 

3.DuckDuckGo

DuckDuckGo Mesin pencarian

DuckDuckGo Mesin pencarian

 

Mungkin banyak dari Anda yang belum familiar dengan mesin pencari yang satu ini. Ya, DuckDuckGo merupakan salah satu mesin pencari yang sedang berkembang. Mesin pencari DuckDuckGo ini menwarkan banyak fitur menarik bahkan, Mozilla menambahkan DuckDuckGo sebagai salah satu mesin pencari pada aplikasi penjelasah mereka.

DuckDuckGo mengumpulkan data-data dari berbagai sumber seperti wikipedia, yandex, bing, wolframAlpha dan menampilkannya pada pencarian user. Didirikan oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2008 di Amerika dan menjadikan DuckDuckGo salah satu alternatif search engine selain Google. Sepertihalnya Google, DuckDuckGo juga menampilkan beberapa halaman seperti Web, Image, Video dan News.

 

4.Yandex

Yandex

Yandex

 

Yandex didirikan pada tahun 2000 oleh sebuah perusahaan Internet Rusia yang saat ini merupakan salah satu mesin pencari terbesar di Rusia dengan pasanga pasar sekitar 60%. Yandex menyediakan berberapa fitur yang terdapat umum kita gunakan pada mesin pencarian lainnya seperti Web, Image, Video, Translate dan terdapat juga layanan email gratis atau yang dikenal dengan Yandex Mail.

Yandex ini merupakan mesin pencari terbesar keempat di dunia dengan mangsa pasar Russia, Ukraine, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan dan Turkey.

 

5.Ask.com

Mesin pencarian Ask

Mesin pencarian Ask

 

Situs pencarian selain google yang mungkin beberpa diantara Anda sudah populer yaitu Ask.com. Didirikan pada tahun 1996 dan berkantor pusat di California, kini Ask.com sangat populer menjadi salah satu mesin pencarian paling populer dikalangan user internet. Tapi ada beberapa pihak yang mengkeritik bahwa software/ browser dari Ask.com mengandung malware karena susah dihapus.

 

6.Geevv

Geevv 

Geevv

 

 

Geevv adalah mesin pencarian milik orang Indonesia loh. Geevv sendiri meruapakan mesin pencarian web berbasis sosial yang bertujuan untuk hal positif bagi masyarakat dunia, khususnya untuk orang Indonesia seputar masalah keehatan, pendidikan dan kemiskinan.

Mesin pencari buatan Indonesia ini didirikan oleh Azka Slimi, yaitu seorang pegiat dan aktivis organisasi masyarakat yang mengembangkan poteknsinya kedalam teknologi digatal bertujuan untuk menangani isu dan permasalahan sosial. Geevv berkomitmen untuk mencoba mendonasikan 80% pendapatan dan keuntungan mereka terhadap program sosial dan 20% lainnya mereka gunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dan operasional web.

Pada tanggal 28 September 2016, Geevv mulai beroperasi seperti layaknya mesin pencari web lainnya dan rilis sebagai aplikasi di Google Play Store mulai 7 januari 2017. lalu meluncurkan aplikasi perdananya di Google Play Store pada tanggal 7 Januari 2017

 

7. Baidu

Baidu

Baidu

 

Dengan populasi lebih dari 1,386 miliar rakyat china mampu berasing untuk membuat mesin pencarian terbesar di dunia. Baidu merupakan mesin pencarian paling populer di china dan ini menjadi mesin pencarian terbesar kedua setelah Google. Baidu, Inc sendiri didirikan pada tahun 2000 yang merupakan perusahaan layanan web yang trletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.

Seperti halnya mesin pencari lain, Baidu menwarkan beberapa fasilitas seperti mesin pencarian untuk Web, File audio, Image, News, Ads dan Video. Baidu juga memiliki browser yang dapat Anda unduh secara gratis.

Itulah tadi beberapa alternatif mesin pencari selain Google, jadi Anda dapat memilih mana jenis mesin pencari yang mudah Anda gunakan. Inti dari mesin pencari itu adalah satu yaitu untuk mendapatkan informasi yang akurat dan lebih lengkap.

Add Comment