Pengertian Apache, Fungsi Dan Kelebihan Apache

Pengertian Apache, Fungsi Dan Kelebihannya – Bagi Anda yang bergelut dengan dunia website sudah pasti sangat familiar dengan istilah apache. Karena apache adalah salah satu jenis dari server website. Fungsinya sangat membantu ketika warganet mencari informasi melalui browser. Nah, apa sebenarnya pengertian apache, fungsi dan kelebihannya?

 

Pengertian Apache Adalah?

Pada awalnya web server akan menerima langsung permintaan pengguna internet pada browser. Server web akan menindaklanjutinya dengan mencarikan informasinya melalui database situs tersebut. Lalu barulah web server akan mentransfer hasil dari pemrosesan web browser dengan transparan. Dengan demikian, setiap pengguna bisa menemukan semua informasi yang sangat dibutuhkannya.

Nah, dengan memahami hal tersebut maka nantinya anda bisa menentukan web server yang akan diandalkan sebagai hosting website besutan Anda. Lalu apakah definisi dari apache?

Apache merupakan web server yang bisa dioperasikan di beragam sistem operasi, semisal Unix, Linux, dan Microsoft Windows. Bisa juga dijalankan di Novell Netware dan platform lain yang dimanfaatkan guna melayani serta mengatur fasilitas website yang memakai protokol yang dinamakan Hypertext Transfer Protocol atau HTTP.

Pengertian Apache, Fungsi Dan Kelebihan Apache

Pengertian Apache, Fungsi Dan Kelebihan Apache

 

Penamaan apache digunakan untuk menghormati suku India yaitu Apache. Suku ini dikenal sangat terampil dan unggul dalam strategi peperangan. Pada saat awal diciptakan sebenarnya apache adalah software atau perangkat lunak berjenis open source. Software ini diandalkan untuk alternatif website server Netspace.

Dengan berjalannya waktu hingga bulan April 1996, software ini kian terkenal keberadaannya sebagai web server handal. Sehingga pada bulan Mei 1999, sangat banyak pihak yang memanfaatkan apache sebagai web server dunia. Sekarang ini apache masih sebagai software open source atau terbuka.

Dengan artian perangkat lunak ini didukung para developer di seluruh dunia. Itulah yang membuat apache terawat dengan baik. Para pengembang pun terus melakukan pembaharuan dengan rutin, dengan menambahkan beragam fitur baru yang pastinya sangat fungsional. Dengan begitu, kualitasnya semakin meningkat dalam transfer layanan HTTP.

 

Apa Saja Fungsi Dari Apache?

Pada dasarnya fungsi apache adalah sama dengan web server lainnya. Khususnya untuk mendapatkan berkas yang menampilkan permintaan client yang melalui web browser. Selanjutnya apache akan melakukan proses terhadap data itu, dengan menampilkan hasil yang diharapkan oleh client. Output atau hasil tersebut diperoleh berdasarkan oleh data yang tersimpan pada database web bersangkutan.

Sekarang ini software ini sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai server dunia. Oleh karena server dari apache sangat memungkinkan client guna mengoperasikan beragam script serta aplikasi yang terdapat di dalamnya.

Dengan demikian, setiap website yang hostingnya ke server apache terasa semakin dinamis. Oleh karena adanya dukungan dari standar HTTP sekarang ini.

Apache juga sudah mengusung banyak fitur canggih. Sebagai contoh fitur yang menampilkan pesan kesalahan yang bisa dikonfigurasi, didukung penuh oleh Graphical User Interface (GUI) dan autentikasi pengguna. Dengan demikian akan semakin gampang saat penanganan servernya. Nah, setelah memahami pengertian apache dan fungsinya, mari simak kelebihannya.

 

Apa Kelebihan Dari Apache?

Apache diklaim sebagai web server tersukses di dunia. Hasil survei dari Netcraft menyatakan kalau apache menjadi yang paling populer di dunia. Oleh karena lebih dari 67 persen web server di dunia mengaplikasikan apache. Nah, apa saja sebenarnya kelebihan dari apache?

  • Web server berkonsep open source

Jadi kode program yang disediakan di dalam servernya bisa dimodifikasi atau diperbaharui agar bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Jadi para pengembang bisa memberikan kontribusinya, agar server apache bisa terus berkembang pesat.

  • Kode program bisa didapatkan secara bebas dan mudah

Oleh karena mengusung jenis open source, maka kemudahan itu pun akan dirasakan setiap penggunanya. Jadi Anda bebas mendownload panduan apache di gadget Anda tanpa membayar biaya lisensi.

  • Fitur apache tetap handal meskipun tidak berbayar

Setiap pengguna software apache memang tidak dikenakan biaya apapun. Namun, bukan berarti apache murahan dan tidak memiliki kualitas apapun. Justru sebaliknya, apache diklaim sebagai web server terbaik dilengkapi banyak fitur fungsional.

  • Bisa dijalankan di banyak sistem operasi

Apache bisa berjalan dengan baik pada perangkat yang menggunakan platform Unix, Windows, MacOS, Linux dan sistem operasi lainnya. Jadi Anda bisa sekaligus melakukan modifikasi dan bisa menambahkan server apache yang disesuaikan dengan kemampuan dari sistem operasinya.

Apache juga didukung sejumlah bahasa pemrograman, seperti Python, Perl, PHP dan sebagainya. Tidak hanya itu, apache juga dilengkapi dengan Transport Layer Security (TLS), dan Secure Socket layer (SSL). Wajar saja kalau keamanan website semakin terjamin.

Anda bisa menjalankan sejumlah website dengan memakai sebuah server. Oleh karena Anda bisa memanfaatkan apache untuk virtual host pada servernya. Jadi apache bisa memakai alamat IP yang sama, guna menghasilkan host berbeda.

Nah, itulah pemaparan singkat terkait dengan pengertian apache, fungsi serta Kelebihan apache. Pastinya hal ini sangat berguna bagi Anda yang berkecimpung di dunia developer website dan IT.

Add Comment