Pengertian Arduino, Kelebihan Dan Contoh Project Arduino Sederhana

Dalam dunia IT, mungkin istilah Arduino sudah cukup dikenal. Tetapi masih ada banyak orang yang kurang memahami apa sebenarnya pengertian Arduino, hingga apa saja kelebihan dan proyek yang dihasilkan. Ada banyak project yang dapat Anda kembangkan dengan menggunakan Arduino ini, misalkan membuat DIY lampu LED, robot, dron dan masih banyak lagi.

Dengan Arduino kamu dapat membuat sesuatu sesuai dengan ide kreativ kamu. Bagi kamu yang ingin memahami apa itu Arduino? Berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai Arduino, secara singkat dan padat.

 

Pengertian Arduino

Apa sebenarnya Arduino? Pengertian Arduino adalah suatu papan rangkaian elektronik (kit elektronik) open source yang memiliki komponen utama berupa sebuah chip mikrokontroler berjenis AVR dari perusahaan Atmel. Mikrokontroler ini adalah integrated circuit (IC) yang dapat diprogram melalui internet, dengan tujuan agar rangkaian elektronik ini dapat membaca dan memproses berbagai input, kemudian menghasilkan output sesuai yang diharapkan.

Pengertian Arduino, Kelebihan Dan Contoh Project Arduino Sederhana

Pengertian Arduino, Kelebihan Dan Contoh Project Arduino Sederhana

 

Mikrokontroler ini bertugas sebagai otak, yang merupakan bagian pengendali input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik. Arduino yang memiliki komponen utama berupa mikrokontroler ini pun dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan menggunakan perangkat komputer.

 

Apa saja yang dapat dilakukan Arduino?

Arduino dapat digunakan dalam berbagai program, tergantung pada pembuat programnya. Arduino dapat berfungsi untuk mengontrol LED, hingga digunakan untuk mengontrol helikopter. Beberapa hal yang dibuat dengan menggunakan Arduino antara lain : MP3 player, pengukur jarak, pengontrol suhu, monitoring bensin, GPS logger dan penggunaannya dalam berbagai program yang lain.

 

Contoh Arduino Project Kreativ Dan Unik

 

Bahasa pemrograman Arduino

Setelah mengetahui pengertian Arduino di atas, pertanyaan selanjutnya adalah mengenai bahasa pemrograman yang digunakan Arduino. Bahasa pemrograman yang digunakan Arduino adalah bahasa C. tetapi bahasa pemrograman Arduino ini sudah dipermudah menggunakan berbagai fungsi sederhana. Bahasa pemrograman yang lebih sederhana ini memungkinkan pemula lebih mudah untuk mempelajarinya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui dan belajar mengenai bahasa pemrograman, Arduino pun dapat memperoleh panduannya beserta contoh-contohnya dengan mudah. Silakan pelajari fungsi bahasa pemrograman tersebut karena itu adalah kunci awal dari sebuah project.

 

Kelebihan Arduino

Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki Arduino? Berikut ini beberapa kelebihan Arduino, yaitu :

  • Arduino tidak memerlukan perangkat chip programmer.Hal ini karena di dalam Arduino sudah terdapat bootloader yang akan memproses program dari komputer.
  • Bahasa pemrograman yang mudah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Arduino memiliki bahasa pemrograman yang relatif sederhana, selain itu software Arduino juga dilengkapi dengan panduan dan kumpulan library yang lengkap, sehingga bagi Anda yang kesulitan, dapat mengaksesnya dan segera dapat menemukan cara yang lebih tepat.
  • Arduino telah memiliki sarana komunikasi USB. Dengan kelebihan ini, maka pengguna laptop yang tidak memiliki port serial / RS323 tetap dapat menggunakannya.
  • Memiliki modul siap pakai (shield). Arduino juga dilengkapi dengan modul siap pakai yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Beberapa contohnya adalah shield Ethernet, GPS, SD card, dan lain – lain.

 

Contoh Project terbaik Arduino

Contoh Project terbaik Arduino

Contoh Project terbaik Arduino

 

Sesuai dengan pengertian Arduino sebagai rangkaian elektronik dengan komponen mikrokontroler yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai program, ada cukup banyak proyek yang dikembangkan dengan menggunakan Arduino. Beberapa proyek terbaik Arduino diantaranya :

  • Tweet – a – pot Coffee Maker

Bagi Anda penyuka kopi, proyek Arduino ini dapat menjadi salah satu proyek yang Anda sukai. Proyek tweet a pot Coffee maker ini memberi kemudahan bagi Anda yang ingin membuat kopi. Dengan proyek ini, Anda hanya perlu mengirimkan tweet ke coffee maker, dan alat tweet a pot coffee maker ini pun akan segera menyajikan kopi panas yang siap untuk Anda minum.

  • Simple Robot (Robot Sederhana)

Salah satu proyek yang paling sering dikembangkan dengan menggunakan Arduino adalah robot sederhana. Bagi Anda yang berminat untuk membuat robot menggunakan Arduino, merupakan pilihan tepat. Anda dapat mengembangkannya dengan memprogram untuk melakukan hal tertentu yang berguna sesuai dengan kreatifitas dan keinginan Anda.

  • Cat feeder (Zeverino)

Cat feeder adalah contoh project Arduino sederhana. Cat feeder ini sendiri adalah alat untuk memberi makan kucing yang diciptakan oleh anak berusia 10 tahun bernama Ella Smith dan diberi nama Zeverino. Alat ini terdiri dari Arduino Uno, Arduino motor controller dan beberapa perangkat pendukung lainnya yang tergabung menjadi 1 alat terintegrasi dan memiliki fungsi untuk memberi makan kucing secara otomatis.

  • Arduino Remote Controlled Lawnmower

Alat ini merupakan salah satu pemanfaatan Arduino untuk mempermudah pekerjaan rumah. Bagi Anda yang memiliki halaman yang luas, memotong rumput tentu menjadi kegiatan melelahkan. Dengan dikembangkannya proyek RC Lawnmower ini, Anda akan sangat terbantu saat memotong rumput karena Anda hanya perlu menggerakkan remot kontrol untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

  • Garage Door Opener

Proyek Arduino selanjutnya adalah garage door opener. Dengan menggunakan alat ini, akan memudahkan Anda untuk membuka pintu garasi, karena sudah didesain dan terhubung dengan wireless network dan menggunakan smartphone sebagai remote nya.

Setelah mengetahui pengertian Arduino dan berbagai ulasan mengenai Arduino di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk belajar dan menggunakannya sebagai komponen untuk membuat project tertentu? Jika suka, silakan share dan like.

Add Comment