Pengertian Augmented Reality Dan Fungsi Augmented reality

Dalam dunia teknologi setiap harinya selalu mengalami perkembangan. Hal ini ditujukan untuk mempermudah kehidupan manusia. Mungkin Anda cukup asing mendengar kata augmented reality atau dalam bahasa Inggris disingkat dengan AR.

Augmented Reality ini sangat penting dalam pengembangan teknologi dengan tujuan untuk mendapatkan hasil secara real-time terhadap sebuah konten digital yang dibuat oleh komputer dalam penerapan dunia nyata. Augmented Reality membantu user untuka melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan pada dunia nyata.

Umumnya teknologi AR ini diimplementasikan pada suatu informasi tertentu di dalam dunia maya dan menampilkan di dunia nyata dengan bantuan seperti komputer, Smartphone, webcam atau kaca mata khusus. Intinya Augmented Reality merupakan media penggabungan antara objek 3D dan lingkungan nyata dan ini juga sering implementasikan pada project bangunan, apartemen, hiburan, membanguan visualisasi gambar 3D dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang penasaran mengenai pengertian Augmented Reality dan fungsi Augmented Reality tersebut dalam kehidupan, berikut kami jelaskan secara singkat.

Mengenal Pengertian Augmented Reality Dan Fungsi Augmented reality

Mengenal Pengertian Augmented Reality Dan Fungsi Augmented reality

Mengenal Pengertian Augmented Reality Dan Fungsi Augmented reality

 

Apa itu augmented reality?

Pengertian augmented reality sendiri merupakan teknologi gabungan dari benda maya, baik dua dimensi atau tiga dimensi dalam bentuk lingkungan yang nyata tiga dimensi terlebih dahulu. Lalu kemudian benda – benda maya tersebut akan diproyeksikan dalam waktu nyata.

Teknologi yang satu ini akan menipiskan batasan antara dunia nyata dan dunia maya sehingga kita dapat melihat, mersakan, mencium dan mendengarnya. Dalam penelitiannya sendiri, augmented reality akan memperbolehkan pengguna untuk melihat objek dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan pada dunia nyata.

Teknologi yang satu ini akan menyisipkan suatu informasi yang ada pada dunia maya. Kemudian menampilkannya pada dunia nyata. Biasanya perangkat yang digunakan adalah webcam, HP Android, komputer hingga kacamata khusus. Artinya, pengguna tidak bisa melihat objek maya dalam dunia nyata dengan mata telanjang. Jadinya dibutuhkan perantara, baik kamera atau komputer untuk membantu menampilkan objek maya dalam dunia nyata.

 

Metode Augmented reality

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian augmented reality adalah menampilkan objek maya dalam dunia nyata. Untuk bisa memproyeksikannya dibutuhkan metode tertentu. Metode ang digunakan terbagi menjadi dua, yakni seperti berikut ini.

  1. Marker based tracking

Marker ini diilustrasikan dengan warna hitam dan putih persegi. Kemudian pada bagian batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan menganalisis posisi dan orientasi marker. Lalu menciptakannya pada virtual 3D, yakni dengan titik sumbu X, Y dan Z pada titik (0,0,0). Marker yang satu ini sudah lama dikembangkan, yakni semenjak tahun 1980-an hingga awal tahun 1990-an dalam penggunaan augmented reality.

  1. Marker augmented reality

Metode augmented reality yang cukup banyak digunakan dan berkembang saat ini adalah markerless augmented reality. Metode ini akan memungkinkan pengguna untuk tidak lagi membutuhkan marker dalam memproyeksikan elemen – elemen digital. Seperti yang dikembangkan oleh Qualcomm akan metode markerless augmented reality.

Ada beberapa teknologi andalan mereka, yakni 3D Object, face tracking, dan motion tracking. 3D objek tracking akan mengenali semua bentuk benda yang ada di sekitarnya, seperti meja, televisi, gedung, mobil dan masih banyak lagi.

Kemudian ada face tracking yang berbeda dengan 3D objek tracking. Face tracking hanya bisa mengenali wajah manusia pada umumnya. Caranya yakni dengan mengenali akan posisi mata, hidung, hingga mulut manusia. Sedangkan objek lain di sekitarnya, seperti mobil, pohon atau rumah akan diabaikan.

Lalu ada motion tracking yang bisa digunakan untuk menangkap gerakan. Terakhir adalah GPS based tracking yang banyak dikembangkan pada smartphone. Jadi, aplikasi ini akan mengambil dari GPS dan kompas. Kemudian akan memproyeksikan dalam bentuk arah yang dibutuhkan secara realtime. Bahkan bentuk 3D bisa ditampilkan.

 

Fungsi Augmented reality Sebagai Hiburan

Rupanya pengertian augmented reality tidak hanya sebatas itu saja. Teknologi ini memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah untuk bisa digunakan untuk entertaiment atau hiburan. Jadi augmented reality merupakan penunjang akan efek-efek yang dihasilkan oleh hiburan tersebut.

Contohnya adalah pembawa berita ramalaan cuaca. Di mana pembawa berita akan berdiri di depan layar berwarna hijau. Namun, saat kita lihat di dalam televisi, layar hijau tersebut berubah menjadi animasi cuaca. Dengan begitu, seolah-olah pembawa acara tersebut termasuk bagian dari animasi tersebut.

Begitu juga, latihan militer yang sudah menerapkan augmented reality. Bahkan untuk latihan tempur para militer. Jadi, militer yang menggunakan augmented reality akan membuat permainan perang. Dengan begitu, tentara akan seolah-olah masuk ke dalam dan melakukan perang seperti sungguhan.

Fungsi Augmented reality untuk Engineering Design

Fungsi Augmented reality untuk Engineering Design

 

Fungsi Augmented reality untuk engineering design

Augmented reality juga dibutuhkan oleh para engineering designer. Di mana seorang designer membutuhkan augmented reality ini untuk bisa memproyeksikan hasil desain mereka secara nyata pada klien mereka. Salah satunya dalam bidang robotics dan telerobotics. Dalam dunia robotics, penggunaan augmented reality untuk mengendalikan robot tersebut.

 

Augmented reality untuk consumer design

Augmented reality juga digunakan untuk mempromosikan sebauh produk. Salah satu contohnya adalah seorang kontraktor yang menggunakan brosur virtual dalam memberikan informasi secara lengkap dalam bentuk 3D. Dengan begitu, pelanggan akan bisa mengetahui jenis produk yang sedang ditawarkan.

 

Augmented reality untuk kesehatan atau medical

Rupanya teknologi augmented reality juga dibutuhkan dalam dunia kesehatan. Biasanya teknologi yang satu ini digunakan dalam pengenalan operasi, virus, vaksin dan lain sebaginya. Selain itu, dalam dunia kedokteran menggunakan augmented reality untuk memvisualkan penelitian yang mereka lakukan agar lebih efektif dan mudah dipahami.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai pengertian Augmented reality dan fungsi Augmented reality. Semoga dengan membaca artikel kali ini Anda mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai Augmented reality dan juga dapat membantu Anda dalam mengembangkan project dengan implementasi Augmented reality.

Add Comment