Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal, Manfaat & Cara Belajar PASCAL

Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mempelajari algoritma serta pemrograman untuk pemula, terlebih lagi di bidang akademis. Hingga saat ini pascal masih menjadi bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer. Bahkan, mayoritas dari jurusan komputer yang ada di Indonesia juga memakai bahasa pascal pada tahun pertama bangku kuliah.

Nama pascal sendiri diambil pada abad pertengahan dari ahli matematika Prancis, yang bernama Blaise Pascal. Pada tahun 1970, Niklaus Wirth mengembangkan bahasa pemrograman pascal yang mencapai puncaknya hingga awal 1990-an. Bahkan, pascal juga pernah menjadi bahasa pemrograman utama pada pengembangan Apple Lisa, yang merupakan cikal bakal sebagai sistem operasi Apple Macintosh.

Selain itu, Apple juga pernah melakukan perilisan pada sistem operasi Apple Pascal dan photoshop versi pertama juga dibuat memakai bahasa pascal. Bahasa pascal tentunya menerapkan konsep structured dan procedural programming yang baik, dengan begitu sangat cocok untuk anda yang akan mempelajari konsep programming. Perintah bahasa pemrograman pascal mirip dengan bahasa inggris yang digunakan sehari-hari seperti read, write, end, dan begin.

 

Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal, Manfaat & Cara Belajar PASCAL

Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal, Manfaat & Cara Belajar PASCAL

Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal, Manfaat & Cara Belajar PASCAL

 

Awal Lahirnya Bahasa Pemrograman Pascal

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa pascal merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth. Niklaus Wirth adalah seorang peneliti komputer, ilmuwan, dan dosen berkebangsaa Swiss. Sebelum membuat pascal, Niklaus Wirth juga telah banyak mengembangkan beberapa bahasa pemrograman yang lainnya di tahun 1960an seperti Algol W dan Euler. Nama pascal sendiri dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, yang merupakan seorang matematis dari Prancis yang telah membuat kalkulator mekanis pertama di dunia pada tahun 1642. Kalkulator inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern.

Pada awalnya Niklaus Wirth merancang bahasa pascal yang digunakan untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa yang ada di Universitas ETH Zurich, Swiss. Pascal didesain dengan menggunakan structured programming, yang selanjutnya menjadi populer. Seiring perkembangan komputer, bahasa pemrograman pascal juga digunakan sebagai aplikasi komersial.

Bahasa pemrograman pascal sudah mulai digunakan dan dipakai oleh beberapa universitas yang ada di Amerika dan Eropa sejak mulai dipublikasikan pada tahun 1970, . Meskipun demikian, compiler pascal masih terbatas hanya dipahami oleh kalangan terbatas dan tertentu saja. Hal ini dikarenakan pada saat itu harga komputer yang ditawarkan masih sangat mahal dan umumnya komputer hanya ada di universitas dan perusahaan besar saja.

Pascal adalah bahasa pemrograman data-oriented. Programmer dapat membuat tipe data sendiri (selain data standar yang disediakan, misalnya saja seperti real, char, boolean, dan integer). Walaupun demikian, tentunya bahasa pemrograman pascal memiliki aturan yang ketat. Setiap variabelnya hanya dapat memakai data tertentu yang harus dideklarasikan terlebih dahulu. Seperti pada pembahasan sebelumnya, bahwa bahasa pemrograman pascal mirip sekali dengan bahasa inggris sehari-hari, dengan begitu sangat mudah untuk pemula memulai membuat kode program.

Mengenal Borland Turbo Pascal

Berbicara mengenai aplikasi untuk membuat program yang menggunakan pascal, maka yang paling populer adalah Turbo Pascal. Turbo Pascal merupakan compiler yang dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Amerika, yaitu Borland. Turbo Pascal sendiri merupakan salah satu dari banyaknya compiler (program untuk menjalankan bahasa pascal) yang tersedia. Pada tahun 1980-an, terdapat aplikasi Microsoft Pascal, Quick Pascal, maupun UCSD Pascal yang semuanya dipakai untuk menjalankan bahasa pemrograman pascal.

Meskipun populer, Turbo pascal telah jauh melampaui jamannya. Turbo Pascal yang merupakan versi terakhir, yaitu Turbo Pascal 7 telah dirilis pada tahun 1992 dan digunakan sebagai sistem operasi Microsoft DOS pada arsitektur 16-bit. Dengan begitu, anda tidak dapat menjalankan aplikasi Turbo Pascal ini pada sistem operasi modern, misalnya pada Windows 7 atau 8 yang memakai arsitektur 32-bit atau 64-bit. Selain itu, Turbo Pascal sudah tidak dikembangkan lagi. Salah satu cara agar bisa menjalankan aplikasi Turbo Pascal kembali adalah menggunakan emulator MS-DOS seperti DOSBox.

Emulator merupakan sebuah program yang dapat men-simulasikan suatu sistem ke dalam sistem lain, dengan begitu anda dapat menjalankan Turbo Pascal ini dari dalam DOSBox. Anda juga bisa menjalankan bahasa pemrograman pascal dengan menggunakan compiler Free Pascal. Free Pascal merupakan aplikasi compiler pascal yang hingga sekarang terus dikembangkan secara sukarela oleh berbagai programmer yang ada di seluruh dunia. Free Pascal bisa digunakan secara gratis serta dapat diinstal secara langsung kepada sistem operasi modern tanpa membutuhkan aplikasi dan emulator tambahan.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai pengertian bahasa pemrograman pascal.

Add Comment