Pengertian Big Data, Kegunaan Dan Sejarah big data

Pengertian Big Data, Kegunaan Dan Sejarah big data – Apakah Anda masih asing mendengar kata ‘big data’? sebenarnya big data ini sudah cukup dikenal, apalagi di kalangan para penggiat IT. Tetapi meski sudah banyak yang mengetahui, masih banyak orang yang tidak terlalu paham mengenai konsep big data ini. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini beberapa ulasan mengenai pengertian big data hingga seberapa penting penggunaan big data ini, antara lain :

 

Pengertian Big Data Secara Singkat

 

Apa itu big data?

Pengertian big data adalah istilah umum yang banyak digunakan untuk menjelaskan segala kumpulan / kelompok data, baik data terstruktur maupun data yang tidak terstruktur, dalam jumlah sangat besar dan kompleks sehingga untuk penanganannya lebih sulit bila hanya menggunakan manajemen data biasa atau aplikasi pemroses data yang kurang mutakhir. Big data digunakan dalam banyak bisnis, yang digunakan untuk analisis wawasan yang mengarah untuk keperluan pengambilan keputusan dan penyempurnaan strategi bisnis.

 

Sejarah big data

Konsep big data sebenarnya masih terbilang baru. Fenomena big data ini pertama kali diungkap pada tahun 2000 – an oleh seorang analis industri bernama Doug Laney, yang mengungkapkan bahwa konsep big data ini memiliki 3 bagian penting, diantaranya :

Pengertian Big Data Secara Singkat 

Pengertian Big Data Secara Singkat gambar

 

  • Volume (ukuran)

Ukuran data menjadi penting. Untuk big data, Anda perlu memproses data dengan volume yang cukup besar. Data yang diproses dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk media sosial, transaksi bisnis, hingga informasi dari sumber lainnya.

  • Velocity (kecepatan)

Aliran data dalam big data harus ditangani secara tepat dan cepat, baik menggunakan hardware maupun software. Beberapa smart devices dengan internet beroperasi dan memerlukan evaluasi dalam waktu nyata atau mendekati waktu nyata (real time).

  • Variety (variasi)

Kumpulan data yang ada di dalam big data memiliki format yang bervariasi. Dalam big data tergabung berbagai data, mulai dari yang terstruktur, data numerik, data dokumen dengan format teks, video, audio, email, transaksi keuangan dan berbagai format data lainnya.

Selain 3 bagian penting tersebut, big data juga menambah bagian penting lainnya, yaitu kompleksitas dan variabilitas.

  • Kompleksitas

Data yang berasal dari berbagai sumber seringkali menyulitkan untuk proses mencocokkan, menghubungkan hingga mengubah data dalam seluruh sistem. Big data dibutuhkan untuk memiliki korelasi dan keterkaitan dari satu data dengan data yang lain.

  • Variabilitas

Selain kecepatan pengumpulan data dan variasi data yang semakin beragam, arus data pada periode tertentu kadang tidak konsisten, seperti harian, musiman, atau karena adanya peristiwa dadakan.

 big data infografic

big data infografic –  gambar

 

Beberapa hal yang dianggap sebagai big data

Setelah mengetahui sejarah dan pengertian big data, tentu muncul pertanyaan mengenai data seperti apa yang sebenarnya merupakan big data. Beberapa hal di sekitar kita yang dianggap sebagai big data diantaranya adalah :

  • Penggunaan smartphone

Smartphone merupakan salah satu kebutuhan masa kini yang dimiliki hampir semua orang. Smartphone ini memiliki berbagai data dengan jumlah besar meliputi beragam record telepon, sms, hingga data dari berbagai aplikasi yang terpasang dan digunakan di smartphone Anda. Seluruh data dalam berbagai format yang tergabung dalam smartphone ini merupakan big data.

  • Penggunaan internet

Hampir seluruh orang di dunia terhubung dengan internet setiap harinya. Anda pasti juga seringkali menggunakan search engine seperti Google untuk mencari informasi, bukan? Data-data hasil pencarian Anda tersebut juga merupakan salah satu bentuk dari big data yang dikelola oleh Google.

  • Smart device

Kini konsep ‘smart’ tak hanya digunakan untuk perangkat ponsel, tetapi mulai dikembangkan ke berbagai alat elektronik lain, seperti smart TV, smart fridge, hingga smart car yang memungkinkan mobil dapat berjalan sendiri tanpa ada pengemudi. Konsep smart appliances ini memungkinkan seluruh peralatan elektronik tersebut terhubung satu sama lain dan dapat diatur dengan menggunakan satu alat, misalnya smartphone. Dengan adanya smart devices, seluruh data mengenai smart device di rumah Anda dapat dikumpulkan dan diakses oleh produsen untuk usaha peningkatan pelayanan dan pengembangan teknologi terbaru.

  • Penggunaan social media

Sosial media merupakan bentuk big data selanjutnya. Social media tentu sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari – hari bagi sebagian besar orang di dunia. Tentu banyak diantara Anda yang menggunakan social media untuk mengunggah beragam data seperti foto hingga update status. Segala data yang Anda lakukan melalui social media merupakan bagian dari big data. Social media pun memiliki data tentang kontak kita, kebiasaan pengguna social media, hingga hal apa saja yang sering dicari di social media.

Jadi, setelah Anda mengetahui berbagai informasi mengenai pengertian big data dan hal – hal lain yang terkait, tentu Anda sudah memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai apa sebenarnya big data tersebut.

Add Comment