Pengertian Bridge Adapter, Cara Kerja Dan Fungsi Bridge Adapter

Untuk bisa terhubung dengan jaringan internet menggunakan komputer yang banyak tidak hanya bisa mengandalkan jaringan LAN saja. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan terjadinya masalah pada jaringan. Oleh karena itu, semua komputer bisa mendapatkan dampaknya. Belum lagi dengan kondisi bangunan atau geografis yang besar dan luas.

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa alat yang memang digunakan untuk meningkatkan kinerja LAN, seperti bridge, router atau repeater. Kali ini, akan membahas lebih dalam tentang pengertian bridge adapter. Berikut penjelasannya.

Pengertian Bridge Adapter, Cara Kerja Dan Fungsi Bridge Adapter Secara Lengkap

Pengertian Bridge Adapter

Pengertian Bridge Adapter

 

 

Apa itu bridge adapter?

Pengertian bridge adapter sendiri dalam bahasa Indonesia adalah jembatan jaringan. Artinya, komponen ini digunakan untuk membuat segmen jaringan atau memperluas jaringan itu sendiri. Bridge adapter bisa menghubungkan sesama jaringan LAN komputer. bukan hanya itu saja, bridge adapter juga digunakan untuk pengubung antar tipe jaringan yang berbeda, seperti Ethernet.

Jadi bride adapterakan memetakan alamat Ehernet dari setiap titik di setiap segmen jaringan. Lalu baru diseleksi dan hanya memperbolehkan adanya perpindahan data yang dibutuhkan melalui jaringan. Pada umumnya, topologi yang digunakan oleh bride adapter adalah topologi tree. Itu berarti bahwa hanya ada satu rute untuk memindahkan paket data pada berbagai tujuan transmisi.

Layaknya sebuah paket, bride adapter berguna untuk penentu segmen tujuan dan sumber. Apabila ada segmen yang sama, maka akan terjadi penolakan. Sebaliknya, segmen berbeda akan diteruskan pada segmen tujuan.

 

Perbedaan Antar bridge adapter dengan host only adapter

Pastinya pengertian bridge adapter dengan host only adapter berbeda. Untuk bride adapter sendiri seperti yang dijelaskan bahwa mode adapter ini memungkinkan OS guest untuk bisa menerima atau mengirim data pada jaringan fisik. Artinya, OS guest dan host merupakan dua komputer berbeda, namun terhubung pada jaringan yang sama.

Beda bridge adapter dengan host only adapter

Beda bridge adapter dengan host only adapter – image

 

Berbeda dengan pengertian bridge adapter, host only adapter adalah gabungan antara bridge adapter dengan internal network. Mode ini memungkinkan OS guest bisa mengakses OS host, begitu juga sebaliknya. Artinya, baik OS host dan guest menggunakan jaringan secara langsung dalam satu jaringan jama.

 

Fungsi bridge adapter

Secara umum, pengertian bridge adapter adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan. Namun bridge adapter juga berguna untuk memecah satu jaringan besar menjadi dua jaringan yang lebih kecil. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa dari jaringan itu sendiri. Namun ada juga beberapa fungsi lainnya dari bridge adapter yang satu ini, berikut di antaranya.

  1. Penghubung dua jaringan yang berada di tempat jauh

Bridge adapter berguna untuk menghubungkan jaringan yang ada pada tempat jauh. Jadi misalnya, sebuah universitas memiliki beberapa bangunan yang terpisah dan cukup jauh. Maka untuk menghemat biaya, penggunaan LAN pada bangunan masing – masing. Beru dihubungkan dengan bridge adapter. Hal ini lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan kabel koaksial.

  1. Untuk mengkoordinir beban jaringan

Manfaat selanjutnya adalah untuk menurunkan beban jaringan. Misalnya saja, satu universitas memiliki banyak workstation dan mengalami kelebihan beban karena digunakan oleh mahasiswa dan dosen. Hanya untuk meminta file pada server.

Apabila ukuran file cukup besar, maka akan memperlambat penyimpanan data pada satu LAN. Dengan begitu, alangkah baiknya menggunakan dua LAN atau lebih dan dihubungkan dengan bridge adapter.

  1. Otonomi dari masing-masing jaringan

Sama halnya setiap ruangan di kantorang, pastinya memiliki kebutuhan masing – masing. Mulai dari komputer pribadi, server pribadi hingga workstation pribadi. Maka dari itu, lebih baik setiap departemen menggunakan jaringan berbeda, namun tetap terhubung dengan bridge adapter.

 

Prinsip kerja bridge adapter

Setelah mengenali pengertian bridge adapter, Anda juga harus mengetahui prinsip kerja dari alat yang satu ini. Jadi bisa diibaratkan bahwa bridge adapter merupakan repeater yang cerdas. Repeater sendiri akan bekerja dengan cara menerima sinyal datang dari sebuah kabel jaringan. Kemudian akan dilakukan amplifikasi sinyal tersebut. Baru kemudian sinyal dikirimkan pada kabel jaringan lainnya. Repeater melakukan kerja yang satu ini tanpa memedulikan isi dari pesan dalam sinyal tersebut.

Prinsip kerja bridge adapter

Prinsip kerja bridge adapter image 

 

Namun berbeda dengan repeater, bridge adapter adalah alat yang lebih cangguh dan cerdas. Bridge sendiri memiliki kemampuan untuk memahami isi yang ada dalam sinyal datang tersebut. Dengan begitu, secara otomatis, bridge adapter bisa menemukan tujuan tiap komputer pada dua jaringan yang berhubungan.

Bukan hanya itu saja, bridge juga berguna untuk memilah pesan yang datang pada sisi jaringan satunya. Lalu dilakukan broadcast pada jaringan lainnya. Namun apabila sinyal pada satu jaringan memang hanya ditujukan untuk disampaikan pada jaringan lainnya.

 

Kelebihan bridge adapter

Pastinya bridge memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu kelebihan dari bridge adapter adalah kemampuannya untuk bekerja pada lapisan data link. Oleh karena itu, tidak akan mungkin terjadi transmisi antara satu protokol ke protokol lainnya. Selain itu, bridge berguna untuk mendukung beberapa protokol yang tidak bisa dilayani oleh router.

 

Kekurangan bridge adapter

Namun bridge adapter juga memiliki kekurangan. Salah satunya transmisi tidak memungkinkan melalui protokol atau jalur yang berbeda. Bukan hanya itu saja, bridge hanya bisa mengirimkan satu pesan dari jaringan satu ke lainnya dengan kecepatan 10 MPS saja. Bahkan, bridge tidak bisa menerjemahkan komunikasi antar protokol. Jadi kegunaannya hanya meneruskan transmisi saja.

Add Comment