Pengertian C++, Manfaat & Fungsi Bahasa Pemrograman C++ [Lengkap]

Disini kita akan membahas sedikit mengenai pengertian C++, apa itu C++? C++ adalah salah satu dari bahasa pemrograman karena bahasa pemrograman memang ada banyak sekali jenis dan macamnya, nah salah satunya adalah C++ . Mari kita langsung saja membahas tentang pengertian dan juga asal muasal C++.

C++ adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang dibuat oleh tokoh yang bernama Bjarne Stroustrup, yang sebenarnya C++ ini juga merupakan hasil pengembangan dari bahasa C yang dulu pernah dikembangkan juga oleh Dennis Ritchie di Bell Labs. Nah bahasa C ini juga diturunkan dari bahasa sebelumnya yaitu BLC sebenarnya di awal bahasa itu dirancang untuk dijadikan bahasa pemrograman pada sistem unix.

Sebenarnya bahasa pemrograman C ini pada zamannya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling dominan, meski versi ini sekarang jarang sekali digunakan dalam pengembangan sistem apapun. Nah kalau bahasa C++ ini dikembangkan pada tahun 1980 awal. C++ ini juga didukung dengan fitur – fitur yang sangat efisien dan dapat mensupport pada pemrograman yang berada pada tingkat rendah atau low level coding. Dan juga pada C++ ini juga ditambah dengan konsep – konsep yang sangat baru yaitu seperti class dengan beberapa sifatnya seperti overloading dan inheritance. Jadi perbedaan dari C dan C++ adalah pada konsep orientasi programnya itu sendiri.

Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia, C dan C++ merupakan contoh bahasa dari bahasa tingkat tinggi. Contoh lain dari bahasa tingkat tinggi adalah Pascal , Perl, Java, dan lain lain. Sedangkan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa mesin atau bahasa assembly.

Sebenarnya cara sederhananya suatu komputer itu hanya dapat memproses sebuah program yang dibuat dengan bahasa mesin. Maka dari itu kalau sebuah program dibuat dalam bahasa yang tingkat tinggi maka sebelum dijalankan dengan komputer maka harus terlebih dulu diproses. Nah proses agar suatu bahasa tingkat tinggi bisa diubah menjadi bahasa tingkat rendah adalah bisa dengan 2 cara yaitu compiler dan interpreter.

Sebagai contoh dari tipe compiler adalah bahasa pemrograman C++ dan C, tapi juga ada bahasa pemrograman yang menggabungkan keduanya yaitu contohnya adalah bahasa pemrograman java. Itulah pengertian C++ dan juga asal muasal dari bahasa pemrograman. Baca Juga: 6 Situs Untuk Belajar Bahasa Pemrograman.

 

Pengertian C++, Manfaat & Fungsi Bahasa Pemrograman C++ [Lengkap]

Pengertian C++, Manfaat Dan Fungsi Bahasa Pemrograman C++

Pengertian C++, Manfaat Dan Fungsi Bahasa Pemrograman C++

 

Berikut ini akan saya jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman C++ :

 

   KELEBIHAN  DARI BAHASA PEMROGRAMAN C++

  1. Bahasa pemrograman C++ ini hampir tersedia di seluruh jenis komputer di dunia.
  2. Dari segi kecepatan juga C++ ini lebih cepat jika dibandingkan dengan program – program yang sama tapi buatan bahasa yang lain.
  3. Dan juga yang ketiga bahasa pemrograman C++ ini lebih terstruktur dengan rapi sehingga akan lebih bisa mendukung OOP.
  4. Lalu yang terakhir bahasa standar dari C++ juga bisa digunakan untuk berbagai platform.

 

KEKURANGAN DARI BAHASA PEMROGRAMAN C++

  1. Kekurangan dalam bahasa pemrograman ini juga salah satunya dikarenakan sulitnya penerapan bahasa pemrograman C++ dalam membuat suatu proyek, sehingga karena kesulitan itu banyak minat dari anak – anak muda harus berhenti untuk belajar bahasa pemrograman ini. Kecuali jika memang mempunyai tekad yang kuat dalam mempelajari suatu bahasa pemrograman.
  2. Selain itu kekurangan dari C++ ini juga karena bahasa pemrograman C++ ini tidak murni menggunakan OOP jadi ketika kita mengajarkan konsep OOP menjadi kurang pas, karena sebenarnya kaidah-kaidah OOP tersebut dapat dilanggar.

Itulah pengertian serta kekurangan dan kelebihan dari bahasa pemrograman C++. Setelah ini saya akan lanjut untuk menjelaskan apa saja fitur – fitur yang terdapat pada C++. Baca Juga: Pengertian HTML Dan Fungsi HTML

 

Fitur Pada C ++

  • Portable

Sebagai bahasa yang paling sering digunakan dan juga sebagai bahasa pemrograman yang terbuka maka C++ juga mempunyai berbagai macam compiler, nah kode eksklusif C++ ini juga menggunakan library yang sangat standar sehingga dapat digunakan untuk berbagai platform tanpa adanya perubahan.

  • Memiliki dukungan perpustakaan yang lengkap

C++ ini juga didukung dengan adanya perpustakaan atau library yang bisa dibilang sangat lengkap karena di C++ ini mempunyai sebuah pencarian untuk sebuah library pada website atau biasanya lebih dikenal dengan SourceFirge yang akan menghasilkan sebanyak 3000 hasil atau mungkin bisa lebih untuk sebuah perpustakaan pada C++.

  • Bahasa ISO standar terbuka

Sebenarnya untuk sementara ini C++ belum memiliki sebuah standar resmi yang dikelola oleh standar de-facto, tapi semenjak pada tahun 1998 C++ telah distandarisasi oleh suatu komite yang berasal dari ISO, dan juga pada waktu dimana dikeluarkannya standar tersebut di internasional untuk pertama kalinya C++ ISO / IEC 14882:1998, yang secara tidak tidak formal dapat kita kenal sebagai C++98.

Nah itulah pengertian C++ beserta kelebihan dan juga kekurangannya dan ditambah dengan sedikit penjelasan tentang fitur- fitur yang terdapat pada C++.

Add Comment