Pengertian CD ROM dan Fungsinya Lengkap

Pengertian CD ROM dan fungsinya – Meski termasuk ke dalam perangkat tambahan dalam sebuah komputer, keberadaan CD ROM sering kali juga sangat dibutuhkan. Teknologi penyimpanan data pada optical disk bermula pada tahun 1983 di mana pada awalnya bernama Digital Audio Compact Disk. Media penyimpanan tersebut mencuri perhatian dunia komputer karena memiliki bentuk yang praktis serta meningkatkan mobilitas penggunanya dalam memindahkan data. Dan seperti media-media penyimpanan lainnya, CD menyimpan data dalam bentuk sinyal-sinyal biner yang terekam di atas alumunium yang menjadi permukaannya. Proses perekaman data dilakukan oleh cahaya laser yang membuat lubang-lubang mikroskopis pada permukaan CD tersebut.

Sedangkan untuk proses pembacaan data, digunakan laser dengan intensitas lebih rendah untuk menyinari bagian-bagian yang berlubang tersebut. Nah alat yang digunakan untuk menyinari itulah yang dinamakan CD ROM atau juga disebut CD ROM drive. Untuk lebih detail, di bawah ini adalah pengertian CD ROM dan fungsinya.

 

Pengertian CD ROM

CD ROM merupakan singkatan dari Compact Disk Read-Only Memory, adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer yang digunakan untuk membaca ataupun menulis data di media penyimpanan keping CD. CD ROM biasanya berbentuk kotak dan akan keluar saat tombol eject di tekan. Di dalamnya, tersedia tempat di mana keping CD diletakkan. Jika berbicara mengenai CD ROM, maka perangkat tersebut hanya bisa membaca dan menulis data dari CD saja karena saat ini, sudah ada pembaruan dari CD ROM yaitu DVD ROM. Untuk perbedaan keduanya, akan dibahas lebih lanjut nanti.

Pengertian CD ROM dan Fungsinya Lengkap

Pengertian CD ROM dan Fungsinya Lengkap –  Image

 

Saat ini dua jenis CD ROM yang umum digunakan, yaitu tipe ATA/IDE dan tipe SCSI. Perbedaan mendasar pada kedua jenis CD ROM tersebut adalah pada kecepatan membaca dan menuliskan data pada sebuah CD. Jika CD ROM jenis ATA mampu membaca dan menuliskan data pada kecepatan 100 hingga 133Mbps, maka jenis SCSI memiliki kecepatan yang lebih tinggi yaitu sekitar 150Mbps.

Untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik, fungsi CD ROM di bawah ini mungkin akan membantu anda.

 

Fungsi CD ROM Komputer

Seperti pengertian yang dimilikinya, CD ROM memiliki fungsi dasar membaca dan menuliskan data pada keping CD. Fungsi ini kemudian berkembang mengingat CD sudah menjadi media penyimpanan yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Yang paling umum adalah penggunaan keping CD sebagai media penyimpanan software, game, bahkan sistem operasi. Dari poin ini bisa dilihat jika CD ROM bisa saja berfungsi untuk melakukan pembacaan semua data yang tersimpan di keping CD. Adanya CD ROM juga memberikan alternatif baru jika sewaktu-waktu komputer mengalami gagal booting. Hal tersebut dikarenakan CD ROM menyediakan opsi memuat sistem operasi langsung dari keping CD tanpa menggunakan hard disk terlebih dahulu. Lalu sebenarnya cara kerja sebuah CD ROM?

 

Cara Kerja CD ROM

Cara Kerja CD ROM

Cara Kerja CD ROM – Image

 

Saat menuliskan data pada sebuah permukaan keping CD, CD ROM akan memancarkan laser yang membawa data-data yang sudah dikonversikan sebelumnya. Laser tersebut akan membentuk lubang-lubang mikroskopis pada permukaan keping CD. Lubang-lubang tersebutlah yang nantinya akan terbaca saat CD ROM membaca sebuah keping CD. Perbedaannya, saat membaca data, CD ROM akan menggunakan sinar laser dengan intensitas yang lebih rendah sehingga lubang-lubang mikroskopis tersebut bisa terefleksi dan terdeteksi oleh foto sensor di dalam CD ROM. Selanjutnya, data yang terefleksi tersebut akan di olah menjadi data digital untuk selanjutnya di sajikan ke pengguna.

Nah, ada dua jenis keping CD yang bisa dibaca oleh CD ROM yaitu CD-R dan CD-RW. Berikut adalah perbedaan keduanya.

 

Perbedaan Keping CD-R dan CD-RW

Ada dua jenis keping CD yang bisa dibaca pada CD ROM, yang pertama adalah CD-R. CD-R atau Compact Disk Read adalah keping CD yang hanya bisa satu kali di isi data dan tidak bisa di hapus lagi. Jadi jika sebuah CD-R diisi dengan sebuah aplikasi misalnya, maka aplikasi tersebut akan tetap berada di dalam data CD-R tanpa bisa dihapus lagi. Berbeda dengan yang kedua, yaitu CD-RW atau Compact Disk Read-Write. Jenis keping CD-RW bisa diisi sebuah data dan data tersebut bisa dihapus lagi, lalu diisikan dengan data lainnya.

Jenis CD-RW lebih fleksibel jika digunakan untuk tujuan pemindahan atau penyalinan data saja. Rata-rata kemampuan sebuah CD-RW dalam menuliskan dan menghapus data bisa mencapai 1.000 kali untuk setiap kepingnya. Untuk kapasitas memorinya, rata-rata sebuah keping CD baik CD-R maupun CD-RW memiliki kapasitas sebesar 700MB perkepingnya. Jumlah kapasitas tersebut saat ini sudah di perbarui dengan adanya DVD yang mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar hingga 4,6GB.

Nah, berbicara mengenai keping DVD, sebuah keping jenis DVD tidak bisa dimasukkan ke dalam CD ROM untuk membaca atau menuliskan data. Keping DVD membutuhkan perangkat khusus yang mirip dengan CD ROM untuk membaca data di dalamnya. Perangkat tersebut bernama DVD ROM. Prinsip dan cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan CD ROM. DVD ROM memiliki kemampuan untuk membaca sebuah keping CD, namun tidak sebaliknya. Hal tersebut tentu saja didasari fakta bahwa DVD ROM merupakan peningkatan dari CD ROM itu sendiri. Hal itu juga yang membuat penggunaan CD ROM sekarang menjadi berkurang karena rata-rata pabrikan komputer lebih mengutamakan ketersediaan DVD ROM daripada CD ROM.

Demikianlah pengertian CD ROM dan fungsinya yang bisa anda ketahui. Silahkan pilih dengan bijak jika anda memang berniat memasang CD ROM karena sekarang sudah ada DVD ROM yang lebih kompatibel dan banyak digunakan.

Add Comment