Pengertian Cloud Computing Jenis, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsinya

Pengertian Cloud Computing Jenis, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsinya – Kebutuhan mengenai data kini mungkin menjadi kebutuhan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai data mulai dari data pribadi hingga data hasil kerja kini dapat Anda simpan dengan lebih baik berupa data digital. Data digital milik Anda dapat disimpan dan dapat Anda gunakan berulang-ulang dengan memanfaatkan sistem cloud computing. Berikut ini beberapa ulasan mengenai pengertian cloud computing hingga contoh pemanfaatannya, yaitu :

 

Pengertian Cloud Computing Jenis, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsinya

Pengertian Cloud Computing Jenis, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsinya

Pengertian Cloud Computing Jenis, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsinya

 

Cloud computing

Lalu apa sebenarnya cloud computing? Secara umum pengertian cloud computing (komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan tertentu dengan pengembangan berbasis internet, di mana memiliki fungsi untuk menjalankan aplikasi atau program tertentu melalui komputer – komputer yang sebelumnya sudah terhubung melalui sambungan internet. Teknologi komputer dengan sistem cloud computing ini menjadikan internet sebagai pusat servernya untuk mengelola aplikasi hingga data pengguna.

 

Sejarah cloud computing

Pada tahun 1960, John McCarthy merupakan pencetus konsep awal cloud computing. Ide mengenai cloud computing ini didasari dari kebutuhan untuk membagikan data untuk banyak orang di seluruh dunia. Mohamed J.C.R Licklider merupakan pencetus ide ini. Beliau menginginkan semua orang dapat mengakses data apa saja di mana saja.

Cloud computing merupakan hasil evolusi bertahap, di mana sebelumnya ada sistem grid computing, virtualisasi, Application Service Provision (ASP), hingga Software as a Service (SaaS). sejak tahun 60 -an, sebenarnya perkembangan mengenai cloud computing sudah berdampingan dengan perkembangan web dan internet. Tetapi karena adanya perubahan teknologi bandwith yang besar pada tahun 1990 – an, makan perkembangan internet lebih pesat dibandingkan dengan cloud computing. Pendorong utama cloud computing adalah adanya revolusi internet, yang dibuktikan dengan salah satu loncatan yang cukup drastis pada tahun 1999 dengan adanya Salesforce.com.

 

Cara kerja cloud computing

Setelah mengetahui pengertian cloud computing dan sejarah perkembangannya, berikut ini penjelasan mengenai cara kerja cloud computing. Sistem cloud computing bekerja dengan server berupa internet yang digunakan dalam mengolah data. Para pengguna cloud computing ini dapat login ke internet dan tersambung ke program tertentu dan mengakses aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi lagi.

Cloud Computing

Cloud Computing

 

Media penyimpanan data dan berbagai instruksi di dalamnya disimpan secara virtual dengan melalui jaringan internet, dan instruksi dan perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah server menerima instruksi, data selanjutnya diproses secara final dan disajikan dengan halaman yang telah diperbarui sesuai instruksi yang diberikan sebelumnya.

Contohnya berupa penggunaan email seperti Gmail atau Yahoo. Data di beberapa server diintegrasikan secara global dengan hanya menggunakan koneksi internet, dan semua data ini dikelola langsung oleh Google dan Yahoo. Software dan memori data pengguna telah di integrasi secara langsung melalui sistem cloud computing dengan menggunakan komputer yang sudah terhubung dengan internet.

 

Manfaat cloud computing

Beberapa manfaat penerapan sistem cloud computing, diantaranya adalah :

  • Seluruh data disimpan dalam server terpusat

Kelebihan dengan adanya sistem cloud computing ini adalah penggunanya dapat menyimpan data secara terpusat di server tertentu. Hal ini tentu lebih memudahkan, karena pelanggan tidak perlu repot untuk menyediakan media penyimpanan lagi, karena sudah ada penyimpanan secara virtual.

  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi

Sistem cloud computing menawarkan fleksibilitas terkait kemudahan akses. Anda dapat mengaksesnya dengan mudah kapan dan di mana saja asalkan penggunanya memiliki koneksi internet. Selain itu, adanya sistem ini juga mempermudah pengguna, karena tidak perlu membeli peralatan penyimpanan data tambahan lagi seperti harddisk, karena data sudah tersimpan aman pada server cloud computing (Elastic Computing).

  • Memberikan keamanan data

Dengan sistem ini, data para pengguna dapat disimpan dengan aman di server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.

  • Sebagai bentuk investasi jangka panjang

Manfaat lain dari adanya sistem cloud computing adalah bentuk investasi, karena dengan memanfaatkan sistem ini Anda dapat menghemat biaya pembelian alat penyimpanan data seperti harddisk dan lainnya. Biaya terkait royalti software pun dapat ditekan karena semua instruksi dapat dijalankan dengan komputasi berbasis cloud.

 

Kegunaan cloud computing dalam bisnis dan kehidupan

Untuk penerapan sistem cloud computing, sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan IT dalam usaha memberikan kemudahan pada para penggunanya. Beberapa perusahaan IT yang sudah menggunakan sistem cloud computing ini diantaranya adalah : Google melalui aplikasi Google Drive, Microsoft melalui sistem operasi berbasis Cloud Computing, Windows Azure, IBM , Amazon AWS, Alibaba cloud computing, pCloud,  dan beberapa cloud computing perusahaan IT yang lain.

Setelah mengetahui mengenai sistem cloud computing, mulai dari pengertian cloud computing dan manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari, tentu kini Anda dapat memanfaatkan sistem ini dengan lebih tepat dalam aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

Add Comment