Pengertian CMS (Content Management System) Fungsi & Jenisnya [Lengkap]

Sebenarnya pengertian CMS, website dan juga blog hampir sama, tapi hanya saja jika Anda ingin membuat website maka Anda diharuskan untuk bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, CSS, HTML dan yang lainnya. Nah sedangkan jika Anda membuat dengan blog maka Anda akan langsung disajikan sebuah template yang sudah jadi dan juga disertai dengan pengolahannya, sehingga ketika Anda memakai blog ini Anda tidak harus memiliki keterampilan khusus dalam bahasa pemrograman.

Nah kalau CMS ini atau bisa kita sebut dengan Content Management System ini bisa kita katakan hampir mirip dengan website tapi dalam masalah pengelolaan lebih banyak sama dengan blog. Maka dari itu bisa kita simpulkan bahwa CMS ini adalah gabungan antara website dan blog. Jika Anda ingin mengelola CMS ini Anda tidak harus menguasai dalam hal coding tapi jika Anda menguasai coding itu bisa menjadi sebuah nilai tambah tersendiri.

Jika Anda ingin lebih tau lagi secara mendalam tentang apa itu CMS dana apakah fungsinya dan lain – lain maka langsung saja akan saya jelaskan pengertian, fungsi dan macam-macam CMS itu sendiri.

Pengertian CMS (Content Management System) Fungsi & Jenisnya [Lengkap]

Pengertian CMS (Content Management System)

Pengertian CMS (Content Management System)

 

CMS adalah sebuah singkatan dari (Content Management System) sebenarnya CMS ini adalah sebuah perangkat lunak atau software yang dapat digunakan untuk memanipulasi ataupun mengatur sebuah web. Tapi kelebihan dari CMS ini Anda sebagai pihak pengelola tidak harus menguasai bahasa pemrograman sebuah web karena di CMS ini sudah disediakan berbagai macam alat dan pilihan. Jadi jika Anda ingin mengelola CMS ini Anda hanya harus memahami dasar dari sebuah website serta Anda juga harus lebih mendalami tentang konsep konten yang akan Anda unggah. Dan juga di CMS ini memiliki 2 elemen yang dimana elemen-elemen itu memiliki fungsinya sendiri – sendiri.

Kedua elemen yang terdapat pada CMS itu adalah :

  1. CMA (Content Management Application)

Di dalam CMA atau Content Management Applications ini Anda sebagai pengelola akan diberikan suatu fasilitas untuk dapat mengolah ataupun mengontrol konten Anda sendiri.

  1. CDA (Content Delivery Application)

Berbeda dengan CMA di CDA ini Anda bisa sangat mudah untuk memperbarui sebuah website yang Anda kelola sendiri dengan menggunakan informasi atau data – data yang sebelumnya sudah digunakan oleh pemiliknya.

Nah sebenarnya dari sekian banyak CMS ada satu CMS yang sebenarnya sangat familiar di telinga Anda ataupun mungkin Anda sering memakainya tapi mungkin Anda tidak mengetahuinya, CMD tersebut yaitu WordPress.

Fungsi CMS Pada Website

Sebenarnya ada satu hal yang paling banyak orang cari pada CMS ini yaitu adalah kemudahan pengelolaan yang ditawarkan. Sebagai pihak yang harus mengelola dan mengatur sebuah situs web dengan CMS ini Anda tidak harus dipusingkan dengan coding dan juga bahasa pemrograman lainnya.

Nah bagi Anda yang mungkin memang seorang programmer yang sudah ahli tidak ada salahnya juga menggunakan CMS ini, terlebih lagi jika dateline yang diberikan oleh klien sangan singkat, nah dengan menggunakan CMS ini Anda akan lebih mempersingkat waktu pekerjaan Anda. Kenapa bisa lebih cepat tentunya jelas karena CMS ini lebih mudah dan efisien tapi pastinya hasilnya tidak kalah dari situs web yang dibuat secara manual.

Selain itu juga fungsi dari CMS ini adalah untuk menjaga kualitas dari desain sebuah situs web yang Anda kelola.dengan menonjolkan design web Anda yang menarik maka pastinya akan ada point tersendiri bagi sebuah website dan pastinya juga akan lebih banyak menarik para pengunjung untuk mengunjungi website Anda.

Jika biasanya sebuah website tidak membutuhkan atau menyediakan adanya administrator sebagai sarana untuk mengelola sebuah website maka beda dengan CMS ini, di CMS ini menyediakan admin yang cukup terkenal yaitu wordpress

Setelah Anda mengerti tentang pengertian CMS dan fungsinya maka sekarang saya akan menjelaskan tentang macam-macam CMS.

Macam-Macam CMS Yang Sering Orang Gunakan

Macam-Macam CMS Yang Sering Orang Gunakan

Macam-Macam CMS Yang Sering Orang Gunakan

 

  • WordPress

WordPress sendiri adalah CMS yang terbaik dan yang paling banyak digunakan pada saat ini. WordPress ini juga termasuk dalam CMS yang bersifat open source ( sumber terbuka ) dan juga wordpress menggunakan bahasa PHP serta menggunakan sistem pengelolaan database MySQL. WordPress ini lebih sering digunakan untuk mengelola blog pribadi atau sering juga digunakan untuk blog suatu perusahaan. Sebagai sebuah blog maka wordpress diakui memiliki keterkaitan yang cukup besar terhadap google.

  • Drupal

Drupal ini sebenarnya hampir sama dengan WordPress karena kedua perangkat lunak ini sama – sama bersifat open source dan juga ditambah lagi dengan banyaknya komunitas dan juga pengembang yang sudah menggunakan dan mengembangkan drupal ini. Drupal ini juga adalah CMS yang menggunakan lisensi dari GPL dan juga drupal ini dibuat dengan bahasa PHP.

  • Joomla

Joomla merupakan jenis CMS yang bersifat Open Source dan mengalami banyak pengembangan. Selain itu Joomla ini juga salah satu CMS yang sering digunakan para website.

  • Prestashop

Prestashop termasuk CMS yang cocok untuk digunakan sebagai software toko online. Nah, bagi Anda pemilik bisnis, mungkin dapat menggunakan CMS Prestashop ini. Anda juga dapat mengembangkan CMS ini karena bersifat Open Source.

  • Vbulletin

Saya yakin di antara pembaca ini pasti ada yang mengunjungi forum online? Atau bahkan Anda sering mampir ke forum? Vbulletin adalah CMS yang banyak digunakan sebagai situs forum dengan skala besar. Contoh forum yang menggunakan Vbulletin ini adalah koi-s.id, modifikasi.com/forum.php, seo.id/forum dan masih banyak lagi

Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis CMS, namun pada artikel kali ini mungkin tidak dapat saya bahas semuanya. Semoga di artikel selanjutnya saya dapat memberikan contoh CMS yang banyak orang gunakan baik forum atau pun situs.

Add Comment