Pengertian CSS dan Cara Kerja CSS untuk Tampilan Website Lebih Dinamis

Pengertian CSS – Tak sedikit yang mengenal Cascading Style Sheet (CSS) sebagai bahasa pemrograman seperti halnya HTML dan PHP. Padahal sebenarnya CSS bukan termasuk bahasa pemrograman melainkan komponen dalam suatu web untuk mengatur web itu sendiri supaya lebih teratur dan seragam.

Fungsi CSS sendiri tak jauh beda dengan styles pada aplikasi Microsoft world dimana fungsi styles dapat mengatur beberapa pilihan seperti heading, subheading, images, bodytext, dan footer sehingga bisa digunakan secara bersamaan dalam beberapa file. Secara spesifik CSS ini digunakan untuk memformat tampilan web yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman HTML serta XHTML.

Peran CSS dalam tampilan halaman web cukup vital. CSS bisa mengubah dan mengendalikan warna bagian tubuh teks, warna border, ukuran border, warna mouse over, warna tabel, spasi antar teks, antar paragraf, dan beberapa parameter lainnya. Jadi dibanding sebagai bahasa pemrograman, CSS lebih tepat disebut bahasa style sheet untuk mengatur tampilan dokumen. Intinya CSS mampu menampilkan halaman yang sama meskipun dengan format berbeda.

Lebih lanjut mari kita bahas pengertian CSS, fungsi, dan perannya dalam pembuatan sebuah website.

 

Peran CSS dalam Pembuatan Website

Peran CSS dalam Pembuatan Website

Peran CSS dalam Pembuatan Website – Image via lynda

 

Pelu diketahui bahwa sebuah website dibangun melalui HTML. Apa itu HTML? HTML adalah bahasa pemrograman dimana dalam database-nya terdiri dari kode-kode (script) yang dibuat oleh programmer dengan tujuan khusus.

Untuk urusan keindahan dan estetika web, HTML memiliki kapabilitas yang terbatas. Nah, disinilah peran CSS yaitu untuk mengatasi masalah keindahan maupun estetika pada tampilan halaman web. Meskipun bukan termasuk bahasa pemrograman namun pada prinsipnya CSS tak jauh beda dengan HTML, XHTML, Javascript maupun PHP. Hanya saja masing-masing memiliki tugas yang tidak sama dengan porsi yang berbeda.

Secara spesifik, pada CSS instruksi lebih difokuskan pada style halaman web yang dibuat. Untuk peletakan script umumnya menggunakan dua cara, yang pertama disatukan dengan halaman utama HTML (.html) atau dibuatkan berkas atau file secara khusus (.css). Hanya saja belakangan developer web cenderung memilih meletakkan file CSS secara terpisah. Ini dilakukan untuk lebih menghemat ukuran maupun kosa-kata bahasa CSS yang cukup luas.

Fle CSS yang tersimpan dalam suatu server umumnya hanya satu namun mencakup halaman secara keseluruhan supaya lebih efektif (disebut style.css). Diawal perkembangannya, pengertian CSS hanya difungsikan untuk mendesain halaman web berekstensi .html maupun .xhtml. Namun sekarang CSS juga digunakan untuk pembuatan dokumen HML, bahkan juga dipakai untuk pemrograman platform berbasis Android.

Kehadiran CSS sendiri menjadi keuntungan bagi programmer sebab kini semakin banyak bermunculan website dengan tampilan lebih dinamis dan atraktif di semua perangkat. Bisa dikatakan tolok ukur berkualitas atau tidaknya sebuah halaman web tergantung dari styles yang digunakan, sementara styles hanya bisa diperoleh dari CSS.

 

Keuntungan Menggunakan CSS

Sebuah website sebenarnya bisa dibangun hanya dengan HTML saja. Namun secara umum tampilannya relatif statis. Tentunya dengan kombinasi HTML dan CSS membuat tampilan web lebih dinamis, variatif, dan tidak membosankan.

File CSS yang digunakan untuk mendesaian halaman website seperti menjadi ‘library style’ yang sewaktu-waktu bisa dipergunakan lagi. Tentu saja tergantung bagaimana cara mengkreasikan supaya tampilan website yang dibuat menjadi berbeda satu dengan lainnya. Kemudahan ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang programmer.

Selain itu dengan menggunakan CSS pembuat web memiliki kebebasan melakukan inovasi serta mengkreasikan tampilan website seindah mungkin. Ini karena tidak ada batasan apapun terkait penggunaan kode-kode atau script CSS itu sendiri.

 

Bagaimana Cara Kerja CSS?

Selain HTML, disini memang perlu dipelajari bagaimana cara kerja CSS sebelum membangun sebuah website. Dibanding HTML, XHTML, Javascript maupun PHP yang harus menggunakan rumus tersendiri, CSS memiliki cara kerja yang jauh lebih simple. Ini karena penulisan kode atau script pada CSS bisa dikatakan paling mudah.

Dalam pengaplikasian CSS seorang programmer hanya butuh sedikit tambahan wawasan terkait instruksi untuk mendesain sebuah web secara keseluruhan. Tak dibutuhkan rumus apapun, hanya cukup menulis style-nya yang terdiri dari selector id maupun class. Satu contoh, jika kita fokus pada desain background maka kita dapat mengatur penggunaan warna solid sebagai background kemudian mengatur ukuran apakah sesuai ukuran asli atau pilihan lainnya.

Disini apabila penulisan kode CSS disatukan dengan file HTML, kode umumnya ditulis pada bagian Head. Tentunya berbeda dengan file javascript dimana penulisan kode diletakkan di Body dibagian akhir. Namun jika penulisan kode CSS dibuat di halaman tersendiri (file khusus) maka tidak ada patokan apapun. Hanya saja yang harus dperhatikan, dokumen yang menggunakan CSS harus ada perintah untuk pemanggilan file CSS sekaligus class-class-nya.

Jika ingin mengetahui jenis-jenis kode atau script CSS kita bisa dengan mudah menemukannya di internet, baik dalam bentuk tutorial (satu-persatu) maupun secara utuh. Pilihannya tergantung dari metode apa yang paling cocok dalam pembelajarannya.

Metode pembelajaran CSS sendiri saat ini sangat mudah dijumpai. Kita bisa memilih misalnya Bootstrap yang saat ini menjadi trending di dunia pemrograman. Didalam Bootstrap kita bisa menemukan script otomatis untuk desain atau tampilan website (Front End Website) yang terdiri dari HTML, CSS serta Javascript.  Selain Boostrap ada juga W3School yang berisi pembahasan tentang website secara menyeluruh.

Demikian informasi mengenai pengertian CSS, fungsi CSS, dan cara kerja CSS untuk desain website. Perlu juga diketahui bahwa CSS tidak hanya membantu tampilan halaman website lebih dinamis namun penggunaan CSS sendiri tidak membebani website. Artinya tidak membuat loading website menjadi lambat.

Add Comment