Pengertian dan Fungsi E-book, Jenis E-book [Lengkap]

Pengertian dan fungsi ebook – E-book atau biasa dikenal sebagai buku digital atau buku elektronik, yaitu sebuah buku yang telah dicetak lewat berbagai macam informasi digital, bisa berupa gambar, teks, video, audio, yang bisa dibuka melalui smartphone, PC/komputer, tablet, maupun perangkat lainnya. Untuk pengertian lebih jelasnya, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini!

 

Pengertian dan Fungsi E-book Lengkap

Ebook merupakan kependekan dari electronic book, yang memiliki pengertian sebagai sebuah buku panduan versi digital. Hal ini dikarenakan ebook bisa dibuka lewat berbagai perangkat elektronik, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ebook sebenarnya sama saja seperti buku-buku pada umumnya. Hanya saja, buku elektronik ini tak lagi memakai kumpulan lembaran kertas sebagai penyusunnya menjadi sebuah buku. Hal ini dikarenakan, ebook disusun memakai gambar atau teks berupa digital.

Ebook ini sangat mudah digunakan, karena ebook dapat kita baca melalui perangkat komputer, tablet, smartphone atau alat khusus yang digunakan untuk membaca perpustakaan online. Dengan menggunakan ebook, mobilitas kita dalam membaca semain cepat dan tidak perlu membawa buku yang tebal. Disamping itu pasti ada kelebihan dan kekurangan ebook dan buku.

Pengertian dan Fungsi E-book Lengkap

 

Apa Saja Fungsi Ebook?

Ebook berfungsi sama seperti buku yang lainnya, yaitu sebagai media untuk mencari ilmu atau pembelajaran. Anda dapat memperoleh banyak ilmu dengan membaca ebook yang sudah dibuat banyak orang. Selain itu, ebook juga sudah banyak yang dibagikan gratis lewat berbagai jenis. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat berbagi mengenai ilmu yang Anda dapatkan lewat ebook. Contohnya, jika Anda mempunyai keahlian mengenai servis komputer, Anda pun dapat membuat sebuah ebook mengenai tutorial komputer lalu membagikannya di internet secara gratis atau menjualnya.

Dengan kata lain, manfaat dan fungsi ebook itu sendiri diantaranya sebagai sarana bisnis, media pembelajaran, dan sarana pembelajaran. Jadi, ebook memiliki fungsi yang sama seperti buku pada umumnya, hanya saja tersaji dalam bentuk yang berbeda.

 

Apa Tujuan Pembuatan E-book?

Tujuan pembuatan dari e-book itu sendiri diantaranya :

  • Untuk mempermudah guru dalam memberikan tugas
  • Untuk mempermudah proses pembelajaran
  • Untuk mempermudah siswa belajar kelompok lewat media online.
  • Guru bisa memberikan dimana saja, meskipun saat sedang bertugas di luar
  • Sebagai media buku online yang dapat diakses dengan mudah
  • Dapat disebarluaskan dengan mudah

 

Jenis-Jenis Format E-book

Ada berbagai jenis format ebook yang sering kita temui, diantaranya :

  1. PDF (Portable Document Format)

PDF diciptakan oleh Adobe sebagai produk Acrobat. Adapun format PDF secara tak langsung ialah format yang biasanya digunakan untuk konversi dokumen. Dengan dukungan software yang terdapat pada PDF, mencakup keseluruhan platform perangkat komputer maupun perangkat telepon genggam, seperti tablet, smartphone, dan sebagainya.

Ada sebagian perangkat yang mempunyai masalah dengan format PDF sebab kebanyakan isinya akan ditampilkan dalam bentuk format surat atau A4, yang keduanya tak mudah dibaca saat diperkecil menyesuaikan layar kecil. Terdapat beberapa jenis aplikasi pembaca e-book yang dapat menyusun tampilan ulang pada sebagian dokumen berbentuk PDF, salah satunya ialah Sony PRS505 yang berfungsi untuk mengakomodasi ukuran layar yang kecil.

  1. Teks Polos

Teks polos merupakan format yang paling sederhana dan dapat dilihat hampir di setiap jenis perangkat lunak menggunakan komputer personal. Pada sebagian perangkat mobile, dapat dibaca menggunakan software dengan cara menginstalnya terlebih dulu.

  1. LIT

Format LIT merupakan format Microsoft Reader yang bisa menjadikan teks pada buku elektronik bisa menyesuaikan dengan ukuran perangkat mobile yang digunakan untuk membacanya. Kelebihan format ini ialah bentuk hurufnya yang lebih nyaman dibaca.

  1. HTML

Pada format HTML, teks dan gambar dapat diakomodasi. Layout gambar dan tulisan dapat diatur, hanya saja hasil pada layar terkadang tak dapat disesuaikan ketika dicetak.

  1. Docx

Format Docx merupakan format pada Microsoft Word yang sangat sering dijumpai dan banyak digunakan sekarang ini, bahkan format ini banyak tersebar di media internet. Format Docx sangat banyak dipakai mengingat banyaknya pengguna Microsoft Word, dengan file outputnya sangat kecil, dan hurufnya lebih variatif atau lebih banyak, karenanya format Docx ini lebih banyak diminati.

  1. JPEG

Format JPEG memiliki ukuran lebih besar dibandingkan informasi teks di dalamnya, maka dari itu format jenis ini lebih sering dipakai pada jenis komik manga yang sebagian besar proporsinya didominasi gambar, dan tidak untuk e-book yang memiliki banyak teks di dalamnya.

  1. AZW

Merupakan format dari proprietary Amazon, persis seperti format MOBI, dan terkadang menyertakan atau tanpa menyertakan DRM (Digital Rights Management), biasanya DRM pada AZW secara khusus digunakan pada produk Amazon atau Kindle Amazon.

  1. EPUB

EPUB (electronic publication) merupakan format terbuka yang diartikan pihak Forum Open Digital Book yang berasal dari IDPF (International Digital Publishing Forum). EPUB mempunyai acuan standar XML dan XHTML, sebagai standar yang kini sedang berkembang. Adapun spesifikasi EPUB dapat ditemukan di situs web Adobe, IDPF, Apple, Barnes & Noble, masing-masing memiliki DRM sendiri. Format ini tidak kompatibel antara satu dan yang lainnya, sekarang ini bahkan sudah memiliki versi terbaru dari ePub 3, hanya saja pemakaiannya belum meluas.

Itulah penjelasan tentang pengertian dan fungsi ebook serta macam-macam format e-book itu sendiri. Semoga dapat memberikan Anda inforamsi yang bermanfaat!

Add Comment