Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Pengertian Flashdisk dan Fungsinya – Dari sekian banyak model storage pada perangkat komputer, flashdisk bisa dibilang penyimpanan eksternal paling praktis dan efisien saat ini. Selain kapasitas yang beragam, bentuk dari flashdisk sendiri juga bervariasi meskipun secara fungsi adalah sama. Karena bentuk dan ukuran yang berbeda, flashdisk memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebut dengan USB disk, microdisk, pen drive, atau pocket drive.

Flashdisk adalah media penyimpanan data portable yang digunakan dengan cara dihubungkan ke perangkat komputer atau laptop melalui port USB. Pada awalnya keberadaan flashdisk dipandang tidak terlalu penting. Bahkan dulu kapasitas maksimal hanya 512MB, lebih kecil dari CD/DVD-ROM yang pada masa kejayaannya mampu menyimpan data hingga 700MB.

 

Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk –  Image 

 

Perkembangan software dan hardware di  dunia komputer saat ini progress-nya sangat positif. Harus diakui bahwa perkembangan sistem komputer secara spesifik sangat dipengaruhi oleh kemunculan hardware dengan teknologi terbaru seperti VGA card,  prosesor, RAM, dan termasuk flashdisk yang akan kita bahas kali ini. Disini kita tidak hanya mengupas pengertian flashdisk dan fungsinya saja namun juga kekurangan dan kelebihan flashdisk itu sendiri.

Tidak berlebihan jika flashdisk dikatakan sangat membantu pekerjaan kita. Tak ada yang perlu dikhawatirkan meskipun kita tidak mempunyai komputer atau laptop karena semua file-file penting dan dokumen apapun pasti aman tersimpan di flashdisk. Tak hanya aman tapi juga praktis karena mudah dikantongi kemana-mana.

Saat ini flashdisk tersedia dengan kapasitas berbeda mulai dari 4 Gigabytes hingga 64 Gigabytes. Bahkan ada salah satu produsen yang meluncurkan flashdisk berukuran hingga 256 Gigabytes. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna media penyimpanan eksternal ini semakin paham fungsi flashdisk, terutama mereka yang kesehariannya berkutat dengan komputer.

Sebelum flashdisk dikenal seperti sekarang, seseorang menyimpan data-data penting di disket atau CD-ROM. Namun keberadaan dua media penyimpanan ini sudah jarang ditemukan karena memang sudah ditinggalkan. Flashdisk sebagai memori eksternal generasi terbaru tentu lebih banyak dipilih karena lebih simple, tidak makan tempat sebagaimana disket atau kepingan CD.

 

Komponen Hardware Non-Volatile Dan Fungsi Flashdisk

Keunggulan flashdisk dibanding storage lainnya bukan hanya terletak pada ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Flashdisk dinilai punya lebih banyak keunggulan karena media ini tergolong komponen hardware yang memiliki sifat non volatile. Non volatile disini berarti data-data yang tersimpan didalamnya tidak akan terhapus meskipun perangkat dicabut dari komputer atau tanpa ada pasokan listrik.

Sedikit informasi bahwa pada sebagian memori internal di komputer kadang data yang tersimpan terhapus dengan sendirinya ketika komputer dinonaktifkan. Dalam hal ini penggunaan flashdisk tidak hanya aman untuk menyimpan data namun pengguna juga dapat merubah data-data yang tersimpan sewaktu-waktu.

Tujuan diciptakannya hardware bernama flashdisk ini memang sebagai media penyimpanan file. Tapi ada keistimewaan lain yang bisa ditemukan yaitu ketersediaan ruang untuk berbagai jenis ekstensi file dan sangat memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan perubahan pada dokumen atau file kapanpun. Inilah alasan mengapa flashdisk lebih disukai sehingga sukses ‘menenggelamkan’ disket dan CD/DVD-ROM.

Dari pembahasan pengertian flashdisk dan fungsinya diatas mungkin kita hanya mendapat sedikit gambaran mengenai kelebihan flashdisk. Apakah flashdisk memiliki kekurangan? Tentu saja ada. Lebih lanjut mari kembali kita bahas kelebihan dan kekurangan flashdisk berikut ini.

Flashdisk

Flashdisk – Image via digicom

 

 

Kelebihan Flasdisk

Flashdisk memiliki daya tarik terutama dari bentuknya yang kecil namun memiliki kapasitas ruang yang besar. Berbeda dari media penyimpanan lainnya, besar kecilnya kapasitas flashdisk tidak dipengaruhi ukuran fisiknya.  Hardware ini juga cukup mumpuni untuk instalasi windows setelah sebelumnya dijadikan bootable.

Flashdisk sangat mudah dioperasikan, tidak banyak makan waktu, lebih cepat terbaca karena tidak membutuhkan instalasi apapun. Pengguna cukup memasukkannya ke port USB komputer atau laptop selanjutnya akan muncul di My Computer. Setelah itu seluruh file dan dokumen didalamnya dapat diakses sepuasnya.

Untuk flasdisk kualitas terbaik konon sanggup bertahan hingga umur 10 tahun. Namun dengan perawatan dan penggunaan yang benar bukan tidak mungkin usianya bisa bertambah. Intinya dengan pemakaian yang benar sangat kecil kemungkinan flashdisk terinfeksi virus dari komputer.

Harus diketahui bahwa kerusakan flashdisk bukan hanya karena kualitasnya yang kurang bagus namun kesalahan dalam pemakaian juga turut mempengaruhi terjadinya kerusakan. Salah satunya pencabutan secara paksa. Tak hanya kerusakan secara fisik, pencabutan paksa flashdisk dari port USB juga bisa menyebabkan hilangnya data-data yang tersimpan  didalamnya.

Kelebihan flashdisk berikutnya yaitu soal harga. Saat ini harga flashdisk sangat terjangkau sekalipun untuk kapasitas besar dan dari merek terkenal. Harganya relatif lebih murah dibanding memory card, bahkan terjangkau oleh kalangan pelajar.

Baca Juga: Pengertian Heatsink, Fungsi Heatsink Dan Cara Kerja Heatsink

 

Rekomendasi Merek Flashdisk Yang Bagus

Rekomendasi Merek Flashdisk Yang Bagus

 

Kekurangan Flashdisk

Jika bicara soal kekurangan flashdisk mungkin tidak banyak yang bisa kita bahas. Ukurannya yang relatif kecil di satu sisi cukup menguntungkan karena lebih praktis. Namun di sisi lain ukuran yang kecil tersebut membuat flashdisk mudah hilang. Ini yang mungkin menjadi kekurangan penyimpanan eksternal yang satu ini.

Selain mudah jatuh dan hilang, kadang pengguna juga sering menaruh flashdisk bukan pada tempat yang benar, misalnya di saku celana. Tentu sistem pada flashdisk tersebut akan eror bahkan rusak jika celana dicuci tanpa diperiksa terlebih dulu.

Kekurangan flashdisk yang terakhir yaitu terbatasnya kapasitas atau ruang penyimpanan. Kadang seseorang ingin memindahkan file berukuran besar seperti video atau film kualitas blue-ray. Mungkin untuk menyimpan file-file yang berukuran sangat besar orang lebih memilih hardisk karena terbatasnya daya tampung flashdisk.

Rekomendasi Merek Flashdisk Yang Bagus

Setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan Flashdisk serta komponennya, maka yang paling penting ketika Anda ingin membeli Flashdisk adalah menentukan mana jenis merek Flashdisk yang bagus? Ada beberpa merek Flashdisk yang umum dan bagus seperti merek TOSHIBA, SanDisk, V-GeN Domino, Samsung, HP, KINGSTON, SONY dan sejenisnya.

Ketika membeli Flashdisk perhatikan merek nya. Pilihlah brand yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Jangan terkecoh dengan harga yang murah. Karena harga yang murah itu bisa jadi palsu dan perlu dicatat bahwa Flashdisk ini adalah media penyimpanan yang penting. Kalau error dan mudah terkena virus, maka Anda akan repot?

Pilihlah kapasitas sesuai kebutuhan bisalkan 8GB, 16GB, 32GB, 64GB. Cari yang ada garansi. Awas banyak flashdisk palsu. Menutip dari laman merdeka ada salah satu konsumen yang dirugikan karena membeli Flashdisk murah 64GB yang ternyata kapasitasnya tidak sesuai dengan yang diharapkan yaitu 832MB tidak sampai 1GB? Selalu waspada!

Demikian pembahasan tentang pengertian flashdisk dan fungsinya. Saat ini flashdisk merupakan portable hardware paling populer karena lebih simple, removable, dan tentunya mudah digunakan oleh siapa saja serta mudah diaplikasikan untuk model komputer apapun.

Add Comment