Pengertian GPS dan Manfaat untuk Era Digital (Global Positioning System)

Pengertian GPS dan manfaat untuk era digital – Kemajuan teknologi yang pesat telah memunculkan banyak inovasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu temuan yang saat ini bisa dirasakan langsung manfaatnya adalah penemuan sistem navigasi Global Positioning System (GPS). GPS pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama NAVSTAR GPS.

Sistem navigasi ini pada awalnya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kepentingan militer pada tahun 1973. Pembaruan dalam bidang sistem navigasi ini merupakan hasil proyek gabungan antara U.S. Navy TIMATION dan proyek U.S. Air Force’s 621B di bawah naungan Joint Office Program. Nah, untuk lebih mengenal apa itu GPS, di bawah ini adalah pengertian GPS dan manfaat untuk era digital.

 

Pengertian GPS (Global Positioning System)

Pengertian GPS dan Manfaat untuk Era Digital (Global Positioning System)

Pengertian GPS dan Manfaat untuk Era Digital (Global Positioning System) Image

 

Secara garis besar, GPS (Global Positioning System)  bisa dipahami sebagai sistem navigasi untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal satelit yang mengorbit di luar bumi (luar angkasa). Sistem navigasi GPS dibangun dengan tujuan memberikan posisi objek yang ada di permukaan bumi secara instan, dan cepat. GPS mampu memberikan informasi sebuah objek lengkap dengan waktu objek tersebut berada di seluruh bumi. Kemampuannya memberikan posisi juga tidak terhalang oleh cuaca atau keadaan apapun.

Setelah anda mengetahui apa itu GPS, berikut adalah cara kerja dan komponen penyusun sistem GPS.

 

Cara Kerja dan Bagian-bagian GPS

Seperti yang sudah anda ketahui jika GPS bekerja dengan penyelarasan sinyal satelit, maka bagian yang paling penting dalam pembentukan sistem navigasi ini adalah satelit itu sendiri. Saat ini sudah ada 24 satelit yang membagi seluruh permukaan bumi menjadi 3 (masing-masing 8). Semua satelit tersebut akan memancarkan sinyal ke GPS Tracker (alat penerima sinyal) dan memberikan citra atau gambar dari objek yang sedang dilacak. Ada 2 sistem lain yang mendukung sistem navigasi GPS berjalan, yaitu GPS Control Segment dan GPS User Segment. Jadi secara ringkas, Sistem GPS membutuhkan ketiga sistem tersebut. Di bawah ini adalah rincian dari masing-masing bagian tersebut.

 

GPS Control Segment

Sistem pertama adalah GPS Control Segment. Ada lima stasiun di seluruh dunia yang berfungsi menjalankan sistem ini. Kelimanya masing-masing berada di Pangkalan Falcon Air Force, Colorado Springs, Ascension Island, Hawaii, Diego Garcia, dan Kwajalein. Kelima stasiun tersebut berfungsi sebagai mata dan telinga dari sistem GPS. Stasiun-stasiun tersebutlah yang akan menerima sinyal dari satelit yang mengorbit di luar angkasa, mengoreksinya, dan kemudian mengirimkannya kembali ke satelit. Kemudian, data hasil koreksi ini (yang disebut sebagai data ephemeris) yang nantinya akan dikirimkan ke GPS Tracker yang dipegang pengguna.

 

GPS Space Segment

Sistem yang kedua adalah sistem GPS Space Segment yang berupa jaringan satelit-satelit yang mengorbit di luar angkasa. Satelit dengan orbit yang paling rendah dari bumi berjarak sekitar 20.183 km. Jaringan satelit tersebut akan memancarkan sinyal yang dapat menembus awan, plastik, juga kaca, namun tidak bisa menembus material padat seperti tembok dan kumpulan pepohonan yang rapat. Dua jenis gelombang yang dipakai sebagai sistem navigasi berbasis satelit adalah gelombang L1 yang berjalan pada frekuensi 1575.42 MHz. Gelombang ini digunakan oleh masyarakat umum, dan L2 dengan frekuensi lebih rendah yaitu 1227.6 MHz yang digunakan sebagai keperluan militer saja.

 

GPS User Segment

Bagian terakhir dari susunan sistem GPS adalah GPS User Segment. Bagian ini adalah bagian yang akan menerima sinyal dari satelit yang sudah dikoreksi sebelumnya. Sinyal yang dikirimkan memuat informasi objek yang sedang dilacak dengan tepat sesuai waktu, dan tempat di mana objek berada. GPS User Segment bisa berupa GPS Tracker atau jika lebih mudah dikenali, saat ini GPS User Segment sudah menjelma ke dalam smartphone-smartphone pengguna.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Router Lengkap dengan Jenis dan Cara Kerjanya

Lalu apa manfaat dan kegunaan GPS di era digital saat ini?

Manfaat GPS untuk Era Digital

Manfaat GPS untuk Era Digital – Image via androidcommunity

 

Manfaat GPS untuk Era Digital

Mempunyai fungsi dasar sebagai penyedia informasi letak suatu objek di permukaan bumi, GPS kini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Di bawah ini adalah 5 manfaat GPS bagi kehidupan manusia di era digital.

  1. GPS untuk Militer

GPS lahir dari rahim militer, untuk itulah, hingga kini pemanfaatan GPS dalam bidang militer masih terus diberlakukan. GPS bisa memberitahukan citra dari satu medan peperangan secara langsung. GPS juga sanggup menuntun peluru kendali sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Informasi yang cepat dan akurat membuat militer juga memanfaatkan GPS untuk melihat pergerakan musuh yang mendekat.

  1. GPS untuk navigasi

Sesuai dengan namanya, GPS sangat banyak membantu kebutuhan manusia di era digital ini sebagai sistem navigasi yang paling bisa di andalkan. Anda tidak perlu merasa khawatir lagi tersesat dalam perjalanan karena dengan GPS, semua informasi mengenai keberadaan anda, tempat tujuan, dan jalan mana yang harus dilewati menjadi semakin mudah.

  1. GPS sebagai Penyedia Informasi Geografis

Bayangkan beta sulitnya merakan seluruh permukaan bumi jika GPS sampai kini belum ditemukan. Dengan menggunakan GPS, pemetaan permukaan bumi, pengukuran jarak, dan sebagainya menjadi semakin mudah.

  1. GPS untuk Melacak Kendaraan

Manfaatnya hampir mirip dengan manfaat GPS sebagai navigasi. GPS juga bisa dimanfaatkan untuk melacak kendaraan. Bedanya, jika untuk sistem navigasi pengirim dan penerima sinyal dalam GPS Tracking berada pada satu perangkat, maka untuk keperluan melacak kendaraan, pemancar sinyal dan penerima menggunakan dua alat yang berbeda.

  1. GPS sebagai Pemantau Gempa

Dengan penyempurnaan yang terus dilakukan, kini GPS sudah bisa digunakan untuk memantau pergerakan dan aktivitas lempeng bumi. Manfaat ini tentu saja untuk mengetahui potensi gempa yang akan terjadi jauh lebih dini supaya korban jiwa bisa diminimalisir.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya Lengkap

GPS memang sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini dan yang paling menonjol dari fungsi GPS ini adalah ketika kita tersesat dan membutuhkan bantuan Map Online atau yang kita kenal Google Map. Google map menggunakan bantuan GPS yang tentu saja memudahkan kita untuk mengakses sebuah lokasi.Demikianlah pengertian GPS dan Manfaat untuk era digital. Semoga bermanfaat.

Add Comment